12 Manfaat Daun Cemara untuk Kesehatan

Posted on

Daun Cemara – Daun cemara kipas adalah sejenis daun cemara dari tanaman cemara. Anda pasti sudah mengenal pohon cemara. Pohon ini dapat tumbuh sangat tinggi di daerah dengan suhu yang lebih dingin.

Maka jangan heran jika pohon ini terjadi di daerah dengan 4 musim. Ketika Natal tiba, pohon cemara adalah salah satu bagian yang paling diinginkan untuk pohon Natal dan akan didekorasi dengan semenarik mungkin untuk membuatnya terlihat indah.

Daun-Cemara
Daun Cemara

Kali ini kita akan membahas cemara kipas, sejenis cemara yang bisa menjadi lebih pendek. Masih banyak orang yang menggunakan tanaman cemara kipas sebagai tanaman hias tanpa mengetahui khasiat alaminya untuk kesehatan tubuh.

Daun cemara kipas di tanaman ini mengandung tanin, saponin dan juga polifenol yang berkhasiat untuk kesehatan. Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit.

Manfaat daun Cemara

Menyehatkan Jantung

Khasiat daun cemara yang pertama adalah seperti daun yang menyehatkan hati Anda. Kandungan senyawa dalam daun ini cocok untuk melindungi jantung dari beberapa keluhan fisik.

Mengatasi Insomnia

Khasiat daun cemara juga dapat diterapkan pada Anda yang mengalami kesulitan tidur atau imsonia. Dengan daun ini Anda bisa istirahat lebih baik dan menjauh dari penyakit yang mungkin mengganggu tidur.

Menjaga Kesehatan Perut

Khasiat daun cemara yang ampuh dan kuat memberikan kontribusi terhadap pemeliharaan kesehatan lambung. Daun ini mengandung beberapa senyawa sehat yang tidak akan menyebabkan perut Anda mulas atau kembung. Manfaat daun ini sebenarnya membuatnya sehat.

Baik untuk Lambung

Bagi Anda yang sering menderita gangguan lambung, Anda bisa memanfaatkan daun cemara. Daun ini sangat baik untuk lambung yang sehat dan juga mencegah gangguan lambung di tubuh.

Menyehatkan Usus

Manfaat daun cemara tidak kalah penting yaitu usus sehat. Daun ini akan membantu usus Anda bekerja lebih baik untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat.

Mengatasi Gelisah

Gelisah adalah gangguan kesehatan yang mengganggu konsentrasi Anda. Bantu tubuh Anda mengatasinya dengan menggunakan daun cemara. Manfaat daun ini akan menghilangkan gelisah.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Keuntungan selanjutnya dari daun cemara adalah sirkulasi darah. Daun cemara ini meningkatkan kesehatan Anda dengan melancarkan aliran darah anda dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan darah.

Melancarkan Keringat

Keringat yang tertahan di tubuh seringkali sulit untuk dikeluarkan. Hal ini akan merusak metabolisme anda. Cegahlah sejak dini dengan menggunakan daun cemara yang bermanfaat.

Mencegah Diare

Cobalah untuk menggunakan daun cemara jika anda sering terkena penyakit diare. Daun cemara ini cukup kuat untuk memerangi penyakit pencernaan yang disebabkan oleh bakteri seperti diare dan mencegah kekambuhannya.

Mengatasi Maag

Penyakit Maag yang sangat asam seperti penyakit maag dapat diobati dengan daun cemara. Daun ini mengembalikan asam lambung dan mencegahnya naik kembali. Imbangilah dengan pola makan yang teratur.

Melegakan Pernafasan

Daun cemara juga mengandung ekspektoran, dekongestan dan atitusif yang sangat baik digunakan sebagai obat batuk dan dekongestan alami untuk mengatasi sumbatan pernafasan karena dahak yang berlebihan dan ekspektasi di hidung dan pernafasan.

Ekstrak dari daun cemara adalah solusi yang baik untuk mengatasi beberapa masalah pernapasan seperti pilek, batuk, bronkitis, flu dan bahkan asma. Sementara sifat antibakteri, sumber antioksidan, antiseptik dan antibiotik yang dikandungnya, memulihkan penyakit lebih cepat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, tubuh tidak lagi rentan terhadap penyakit.

Meredakan Rasa Sakit

Sifat analgesik yang kuat dari cemara juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan dan mengurangi rasa sakit karena nyeri otot dan sendi. Kandungan daun cemara ini meningkatkan sirkulasi darah ke otot dan persendian sehingga berbagai masalah seperti rematik, radang sendi dan rasa sakit hilang lebih cepat.

Demikianlah pembahasan tentang daun cemara semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: