10 Manfaat Bunga Calendula untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga Calendula dapat digunakan sebagai campuran salad. Selain itu, calendula juga banyak digunakan untuk berbagai produk farmasi dan kecantikan. Spesies calendula yang paling umum digunakan dalam berbagai produk adalah calendula officinalis. Jenis calendula ini tumbuh dengan warna kuning, oranye dan emas.

Jenis bunga yang mirip dengan aster ini sering menghiasi halaman rumah. Selain memiliki bentuk dan warna yang indah, Calendula juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Ayo, simak berbagai manfaat calendula dan cara menggunakannya sebagai berikut!

Manfaat-Bunga-Calendula
Manfaat Bunga Calendula

Manfaat Bunga Calendula

Mengatasi Jerawat

Manfaat calendula yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Penyebab jerawat adalah infeksi bakteri pada kulit wajah. Penggunaan bunga calendula yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dapat menyembuhkan jerawat lebih cepat dan tentu saja dapat mencegah jerawat kembali lagi.

Mengatasi Iritasi Kulit

Selain masalah jerawat, kulit juga bisa teriritasi karena beberapa alasan. Kulit kering umumnya lebih rentan terhadap iritasi jika dibandingkan dengan kulit berminyak. Iritasi dapat terjadi karena proses eksfoliasi yang salah, karena goresan, atau karena paparan sinar matahari. Bunga calendula yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu iritasi dan memiliki efek menenangkan pada kulit.

Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat calendula selanjutnya adalah dapat membantu melembabkan kulit wajah. Calendula dapat membantu melembabkan kulit sehingga kelembaban tetap terjaga. Minyak calendula juga sangat efektif untuk mengatasi kulit kering dan juga membantu menyembuhkan luka dan menyamarkan bekas luka.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat calendula selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Salah satu faktor pemicu penuaan dini adalah karena paparan radikal bebas. Calendula yang memiliki kandungan antioksidan tinggi akhirnya dipercaya sebagai salah satu bahan yang tepat untuk mencegah penuaan. Produk kosmetik dengan kandungan calendula juga umumnya mengklaim mampu mempertahankan kekencangan dan elastisitas kulit.

Mengatasi Ketombe

Selain manfaat calendula untuk wajah ada juga manfaat calendula untuk rambut. Salah satu produk yang mengandung calendula adalah shampo. Ternyata calendula dapat membantu mengatasi masalah ketombe. Selain menghilangkan ketombe bunga calendula juga dipercaya bisa menyehatkannya sehingga bisa tumbuh lebih cepat.

Mengatasi Infeksi Kulit

Calendula tidak hanya dapat menangani infeksi yang terjadi pada wajah, tetapi juga kulit pada bagian tubuh lainnya. Calendula dapat mengatasi masalah infeksi jamur seperti kutu air dan kurap. Selain itu, calendula juga dapat digunakan untuk mengobati gejala dermatitis kontak yang biasanya muncul pada anak-anak.

Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat calendula selanjutnya adalah menjaga kesehatan mulut. Antibakteri dalam calendula berguna untuk menjaga kebersihan mulut sehingga mulut terlindungi dari berbagai masalah seperti bau mulut atau radang gusi.

Mengatasi Peradangan

Celendula juga dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk berbagai peradangan. Calendula dapat menjadi salah satu solusi untuk radang tenggorokan dan radang amandel. Selain itu, caledula juga dapat mengatasi radang sendi, rematik, peradangan genital, hingga wasir.

Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat calendula selanjutnya adalah dapat mempertahankan sistem pencernaan. Calendula dapat mengatasi sakit perut dan radang lambung. Ramuan ini juga membantu membersihkan saluran pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat calendula untuk kesehatan selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Calendula yang kaya antioksidan dapat mengurangi risiko masalah jantung seperti mencegah kolesterol naik, mencegah serangan jantung, dan mencegah penyumbatan jantung. Tanaman ini berfungsi menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga calendula semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya