11 Manfaat Bunga Jengger Ayam untuk Kesehatan

Posted on

BungaBung.Co.Id – Bunga jengger ayam dengan nama latin Celosia cristata banyak digunakan dalam pengobatan konvensional. Dipercayai bahwa beberapa manfaat bunga ini dapat menyembuhkan penyakit seperti kencing darah dan infeksi saluran kemih. Bunga ini kaya akan bahan kimia yang meningkatkan kesehatan.

Keunikan bunga ini terletak pada bentuknya seperti jengger ayam yang berlipat dan bercabang, tingginya mencapai rata-rata 1 m, batang tebal dan kuat, daun tunggal berseling, ujung meruncing, alas runcing membentuk batang.

Manfaat-Bunga-Jengger-Ayam
Manfaat Bunga Jengger Ayam

Bunga ini biasanya tumbuh dari dataran rendah hingga ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Beberapa senyawa kimia yang dapat diperoleh dari bunga ini termasuk minyak lemak, caempferitrin, amaranthine, pinitol, saponin, flavonoida, dan polifenol. Dengan bunganya yang berwarna merah, bunga ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Bagi Anda yang ingin tahu apa manfaat dan khasiat bunga jengger ayam ini, berikut adalah manfaatnya.

Manfaat Bunga Jengger Ayam

Mengobati Batuk dan Muntah Darah

Khasiat bunga jengger ayam pertama dapat membantu Anda mempertahankan sistem pertahanan saluran napas. Batuk disertai darah yang keluar saat muntah adalah gejala pendarahan di lambung, kerongkongan, atau duodenum. Anda dapat menggunakan bunga ini dengan menumbuk dan merebusnya. Minumlah 2 kali sehari.

Mengatasi Wasir

Bunga jengger ayam juga efektif dalam mengatasi pembengkakan pembuluh darah yang membesar atau sering disebut sebagai wasir. Kandungan bunga ini digunakan untuk menghilangkan pembengkakan pada bokong. Anda bisa mengobatinya dengan merebus bunga ini dengan 3 gelas air, menyaring air dan meminumnya di pagi hari sebelum makan.

Menghentikan Pendarahan dari Hidung

Mimisan adalah pendarahan yang terjadi dari hidung. Mimisan dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya mungkin karena Anda terlalu kencang saat membuang ingus. Perawatan alami dapat dilakukan dengan khasiat bunga jengger ayam. Dengan menghancurkan bunga ini dan merebus sampai mendidih. Anda bisa meminumnya 2 kali sehari.

Menghilangkan Keputihan

Keuntungan selanjutnya dari bunga ini adalah ia akan membantu Anda membuang lendir di area wanita. Keputihan biasa terjadi pada wanita yang terlalu lelah atau stres. Anda kemudian dapat mengobati penyakit ini secara alami hanya dengan mengonsumsi bunga ini hanya dengan merebusnya dan meminumnya di sore hari.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan sangat penting bagi tubuh. Proses ini membantu metabolisme tubuh. Jika sistem pencernaan Anda tidak lancar, ia rentan terhadap penyakit. Bunga ini memiliki kelebihan saat Anda mengkonsumsinya.Hal ini akan membantu Anda menghindari gangguan sistem pencernaan seperti diare dan sembelit.

Meningkatkan Kinerja Organ Tubuh

Jika kondisi Anda semakin lemah saat berlari, Anda bisa menggunakan bunga jengger ayam ini. Kandungan bunga ini sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga meningkatkan kinerja organ sehingga tubuh Anda tidak merasa mudah lelah.

Mengatasi Disentri

Penyebab penyakit ini adalah konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kuman dan parasit. Sehingga kuman menyerang dinding usus besar dan menyebabkan muntah dan diare. Bunga ini bisa menyembuhkan penyakit. Selain itu, kandungan bunga ini bisa mengatasi disentri.

Mengobati Kencing darah dan nanah

Hematuria adalah istilah medis yang menunjukkan adanya darah dalam urin. Darah atau nanah dalam urin sangat berbahaya bagi kesehatan Anda karena dapat membahayakan hidup Anda kapan saja. Cara alami untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan merebus bunga ini dan kemudian menambahkan sedikit gula batu. kemudian Minum 3 kali sehari.

Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada siapa saja. Penyakit ini adalah suatu kondisi di mana organ-organ dalam sistem kemih yaitu ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra, menjadi terinfeksi. Untuk mencegah penyakit, pengolahan bunga jengger ayam dengan 3 gelas air rebus sampai mendidih dan buang dan minumlah. Lakukan metode ini tiga kali sehari.

Menjernihkan Mata

Bunga jengger ayam juga bisa menjernihkan mata Anda. Selain itu kandungan bunga ini juga efektif untuk mengobati mata yang teriritasi. Jika Anda membuat bunga ini halus, rebus 500 ml air hingga mendidih. Tambahkan sedikit madu maka Anda bisa mengonsumsi olahan bunga ini.

Mengatasi Peradangan

Bunga jengger ayam juga berkhasiat untuk mengatasi peradangan karena kandungan yang ada dalam bunga ini dapat mengatasi peradangan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga jengger ayam semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: