12 Manfaat Daun Lompong untuk Kesehatan

Posted on

Daun Lompong – Daun lompong adalah daun favorit bagi orang Jawa karena sering digunakan sebagai hidangan dalam bentuk sayuran lezat. Bentuk daunnya seperti tangki air dengan ukuran lebar dan batang yang panjang.

Daunnya sendiri mengandung polifenol, sedangkan batangnya mengandung saponin. Kedua bahan itu sehat untuk tubuh Anda. Jadi jangan heran jika daun dan batangnya sering diolah bersamaan.

Daun-Lompong
Daun Lompong

Daun lompong mengandung banyak zat besi, fosfor, karbohidrat, lemak, kalsium, protein, vitamin C, vitamin B1 dan juga vitamin A. Semua bahan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Berbagai jenis serangan penyakit yang bisa Anda atasi dengan daun ini. Ketika Anda menggabungkan daun lompong dengan batangnya, sifat kesehatan tanaman unik ini berlipat ganda.

Manfaat Daun Lompong

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat daun lompong yang pertama adalah untuk menangkal efek berbahaya dari radikal bebas. Radikal bebas akan menginfeksi tubuh Anda dengan banyak penyakit tanpa Anda sadari sebelumnya karena gejalanya sulit dikenali.

Mencegah Kanker

Khasiat daun lompong bagi tubuh juga efektif untuk pencegahan kanker. Kandungan nutrisi seimbang dalam daun lompong bisa menjadi sumber makanan bagi sel-sel tubuh, sehingga sel kanker tidak bisa tumbuh bebas.

Anti Penuaan

Khasiat daun lompong juga baik sebagai daun yang mencegah penuaan dini. Bagi Anda yang ingin terlihat awet lebih muda, Anda bisa menggunakan daun ini untuk melawan tanda-tanda penuaan dini.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat daun lompong dalam memelihara tubuh yang sehat didasarkan pada peningkatan kekebalan tubuh Anda. Daun ini bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh Anda sehingga tetap kuat untuk menangkal penyakit.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Khasiat daun lompong sebagai daun herbal dapat melancarkan sirkulasi darah di tubuh Anda. Daun ini mengandung banyak senyawa alami yang dapat mendistribusikan sirkulasi Anda secara merata ke seluruh tubuh.

Anti Tumor

Siapa sangka jika manfaat daun lompong sangat penting untuk mencegah timbulnya tumor dalam tubuh. Daun ini adalah salah satu daun antitumor yang paling dapat diandalkan dalam pengobatan tradisional sebagai daun herbal.

Menyehatkan Tulang

Tulang yang kuat juga membuat tubuh Anda kuat. Anda dapat menggunakan daun lompong untuk mencegah kerapuhan tulang. Anda dapat dengan mudah mencegah osteoporosis.

Membantu Program Diet

Program diet Anda akan berhasil jika Anda rajin berlatih dan mengonsumsi makanan sehat. Jika Anda merasa ini tidak cukup, Anda dapat meningkatkan konsumsi diet dengan mengkonsumsi daun lompong.

Anti Hipertensi

Khasiat daun lompong dalam menangani hipertensi telah terbukti menguntungkan. Daun ini adalah obat antihipertensi alami yang akan membuat tekanan darah Anda lebih stabil tanpa tekanan darah tinggi.

Mencegah Sariawan

Kesehatan mulut ditandai tanpa sariawan. Jika Anda sering menderita sariawan, Anda mungkin kehilangan vitamin C. Cobalah mengkonsumsi daun lompong yang mengandung banyak vitamin C.

Menyehatkan Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang saat ini banyak diwaspadai oleh banyak orang, seiring dengan tingginya angka kematian akibat penyakit jantung. Selain itu, penyakit jantung pada usia dini tidak mudah dikenali, itulah sebabnya pasien biasanya tahu tentang penyakit jantung saat itu parah. Karena itu, mengatasi risiko penyakit jantung bisa ditolong dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium, salah satunya adalah sayur ompong. Kalium dalam sayuran lompong membuat detak jantung Anda normal dan tidak bermasalah.

Mengatasi Kelelahan

Dengan aktivitas harian yang padat di tempat kerja, di sekolah atau di rumah, tubuh seringkali merasa sangat lelah sehingga Anda bahkan tidak dapat berdiri karena kelelahan. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah seperti yang disebutkan di atas, Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi sayuran lompong. Selain itu, cukup juga perlu istirahat dan minum air putih, agar tubuh terbebas dari masalah lelah.

Demikianlah pembahasan tentang daun lompong semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: