10 Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Kita sering menjumpai bunga kamboja di area mistis, terutama di kuburan atau tempat lain. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Prancis, Charles Plumier, yang segera mendapatkan nama ilmiahnya Plumeria Acuminate.

Namun bunga kamboja tidak selalu dikaitkan dengan hal mistis, tetapi bunga ini juga digunakan sebagai tanaman hias di taman. Bunga ini juga bisa diolah sebagai makanan yaitu sebagai tempura bunga. Bunga ini juga baik untuk kesehatan Anda. Di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa manfaat kesehatan bunga kamboja.

Manfaat-Bunga-Kamboja
Manfaat Bunga Kamboja

Manfaat Bunga Kamboja

Anti-inflamasi

Kandungan flavonoid pada bunga ini dapat digunakan sebagai obat antiinflamasi karena peradangan disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan flavonoid diperoleh dari sari bunga kamboja, yang kemudian menghasilkan etanol. Etanol ini digunakan sebagai senyawa yang menghasilkan zat antiinflamasi.

Antibiotik

Alkaloid, tanin, triterpenoid, dan flavonoid dalam getah bunga kamboja adalah antibiotik yang paling efektif untuk mengobati luka yang disebabkan oleh jatuh dan menyebabkan luka terbuka.

Mengobati Penyakit Frambusia

Penyakit frambusia adalah penyakit kulit menular. Munculnya penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil yang berdekatan. Ketika kering, kerak meninggalkan bekas luka dan disertai dengan sakit kepala dan nyeri sendi. Hal ini dapat diobati dengan mengambil kulit kamboja dan kemudian merebus langsung dan membuat air untuk mandi atau berendam.

Mengobati Kencing Nanah

Penyakit infeksi yang disebabkan oleh gaya hidup bebas atau seksual menyebabkan efek penyakit yaitu kencing nanah. Hal ini bisa diobati dengan merebus akar bunga kamboja dan meminumnya secara bertahap.

Mengobati Bisul

Selain banyak manfaatnya bagi kesehatan, bunga kamboja juga memiliki manfaat untuk mencegah atau mengobati bisul yang umumnya ada di bokong. Karena itu, bunga ini dapat digunakan sebagai obat tradisional.

Mengatasi Bengkak

Bunga kamboja juga memiliki sifat antiseptik yang dapat mengobati pembengkakan akibat infeksi. Untuk mengatasi pembengkakan, Anda bisa mengoleskan bunga ini ke kulit. Cukup haluskan sampai hancur, tambahkan air, rebus sampai mendidih, lalu rendam bagian tubuh yang bengkak dalam air mendidih dan pijat perlahan.

Menghilangkan Kutil

Efektivitas bunga ini juga dapat digunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Jika kulit Anda tumbuh kutil Anda dapat menyingkirkan kutil dengan bunga ini. Namun, Anda perlu berhati-hati karena getah bunganya sangat tajam dan dapat melukai kulit sehingga ketika digunakan tidak terpapar ke bagian kulit lainnya.

Mengobati Gigi Berlubang

Manfaat lain dari bunga kamboja membantu Anda menjaga kesehatan gigi. Cara mengobatinya sangat mudah. Anda dapat menggunakan bunga ini untuk mengambil getahnya dengan kapas dan kemudian menaruhnya di gigi yang sakit karena kerusakan gigi.

Menghilangkan Tahi lalat

Keuntungan lain dari bunga ini adalah mengatasi masalah dengan tahi lalat. Anda dapat mencoba 1 tangkai bunga, kemudian mengambil getah dan perlahan menerapkannya pada tanda lahir Anda. Lakukan ini sampai tahi lalat Anda hilang dengan sendirinya.

Menjaga Elastisitas Kulit

Bunga ini juga memiliki kandungan nutrisi untuk kecantikan kulit. Bunga kamboja memberikan perasaan alami yang dapat membuat kulit Anda tetap lembab, karena kandungan vitamin E dan emolline berguna dalam memberikan nutrisi pada kulit agar terlihat elastis dan lembut.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga kamboja semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya