12 Manfaat Bunga Kecombrang untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Kecombrang merupakan sejenis sayuran berbentuk bunga dengan warna merahyang sering digunakan untuk memasak dan bumbu dan juga bisa dimasak sebagai lalapan. Rasa bunga Kecombrang sebenarnya sangat enak tetapi bagi orang yang belum pernah makan sayur ini rasanya tidak enak dan baunya sedikit aneh.

Kecombrang juga dikenal sebagai Kincung, Siantan, Kecicang dan berbagai nama lainnya, sangat sering digunakan sebagai bumbu untuk hidangan Batak seperti Arsic. Bunga Kecombrang juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti magnesium, seng, kalium, fosfor, zat besi, kalsium, protein, serat, karbohidrat dan berbagai vitamin dan mineral.

Manfaat-Bunga-Kecombrang
Manfaat Bunga Kecombrang

Dalam artikel kali ini akan kami jelaskan berbagai manfaat bunga kecombrang untuk kesehatan sebagai tambahan informasi anda.

12 Manfaat Bunga Kecombrang

Mengobati Luka

manfaat dari bunga kecombrang adalah dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi luka, selain menggunakan obat-obatan kimia. Hal ini karena bunga kecombrang memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah infeksi pada bagian yang terluka.

Menstabilkan Gula Darah

Manfaat kalium dalam bunga kecombrang sangat baik untuk menstabilkan gula darah, sehingga penderita diabetes dapat mengkonsumsi sayuran ini untuk mengurangi puncak glukosa dan menstabilkan kadar insulin dalam tubuh. Penurunan kadar kalium dalam tubuh dapat menyebabkan kelemahan, tremor, gugup, berkeringat, dan sakit kepala yang dapat diatasi dengan mengonsumsi bunga Kecombrang.

Sumber Energi

Magnesium juga terkandung dalam bunga kecombrang yang sangat baik untuk mentransfer gula darah ke otot, sambil menghilangkan asam laktat, yang terbentuk di otot selama pelatihan dan dapat menyebabkan rasa sakit. Mengkonsumsi bunga kecombrang sangat baik bagi Anda yang suka berolahraga atau atlet karena dapat digunakan sebagai sumber energi alami untuk terus bergerak.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Fosfor pada bunga kecombrang sangat efektif dalam meningkatkan kesehatan pencernaan dengan merangsang niasin dan riboflavin yang merupakan dua vitamin penting bagi manusia. Mencukupi kebutuhan tubuh akan fosfor seperti mengonsumsi Kecombrang dapat memaksimalkan penyerapan dua vitamin sekaligus mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Bunga kecombrang juga mengandung serat yang sangat tinggi yang mengurangi risiko penyakit jantung. Kemampuan serat dalam bunga Kecombrang mengikat kelebihan kolesterol dan menyumbat pembuluh darah membuat jantung lebih sehat.

Mencegah Gangguan Otot

Kontraksi mineral yang cukup sangat penting untuk kontraksi dan relaksasi otot secara teratur. Kandungan kalium dalam Kecombrang adalah solusi terbaik untuk menjaga fungsi otot dan saraf sehingga menjaga refleks, konektivitas dirangsang dan otot dan saraf otak dipelihara.

Mengatasi Diabetes Tipe 2

Bagi Anda yang memiliki diabetes tipe 2, Anda dapat mengkonsumsi bunga Kecombrang untuk meningkatkan kemampuan insulin dan menjaga kadar gula darah terkendali. Hal ini terjadi karena kandungan magnesium pada bunga Kecombrang dibutuhkan oleh penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2.

Meningkatkan Ekskresi dan Kencing

Bunga kecombrang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal dan melancarkan pembuangan limbah ginjal melalui ekskresi dan buang air kecil. Dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil, tubuh dapat menyeimbangkan kadar asam urat, kelebihan garam, kelebihan air, dan lemak. Bunga kecombrang juga meningkatkan keseimbangan semua bentuk cairan dan zat tak berguna di dalam tubuh sehingga bisa dihilangkan sehingga tubuh bebas dari racun.

Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan serat pada bunga Kecombrang juga sangat baik dikonsumsi sebagai solusi kanker, karena risiko berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dapat dikurangi karena antioksidan dan fitokimia yang terkandung dalam Kecombrang.

Merangsang Aktivitas Saraf

Sangat penting untuk menjaga fungsi otak agar selalu bekerja secara normal. Hal ini dapat dicapai dengan mengonsumsi bunga Kecombrang, yang merangsang aliran oksigen ke otak dan akhirnya merangsang aktivitas saraf sambil meningkatkan fungsi kognitif. Memulai aliran oksigen juga dapat mengurangi risiko stroke, karena bunga kecombrang yang mengandung kalium ini bertindak sebagai vasolidator di mana pembuluh darah rileks dan aliran darah berjalan dengan lancar.

Mencegah Kram

Bagi Anda yang sering mengalami kram otot, disarankan untuk mengonsumsi banyak bunga kecombrang. Kadar kalium yang rendah dalam darah atau hipokalemi menyebabkan seseorang mengalami kram otot lebih sering sehingga mereka perlu makan lebih banyak makanan yang mengandung kalium seperti bunga Kecombrang yang juga berguna untuk mengatasi kelelahan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang juga dapat dicapai dengan mengonsumsi bunga Kecombrang karena kandungan mineral yang tinggi pada bunga ini. Bunga kecombrang menjaga kadar kalsium dalam tubuh untuk memperbaiki masalah tulang dan menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga kecombrang semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya