14 Manfaat Daun Hanjuang untuk Kesehatan

Posted on

Daun Hanjuang – Daun hanjuang adalah daun berwarna ungu-kemerahan dengan bentuk daun panjang dan ujung runcing. Tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan di rumah anda karena sering dibuat menjadi tanaman hias untuk taman anda.

Warna daun yang menarik dan mencolok ini membuat tanaman hanjuang mudah diidentifikasi. Istilah tanaman hanjuang juga berbeda di setiap wilayah di Indonesia dengan penyebutan yang khas.

Daun-Hanjungan
Daun Hanjungan

Daun hanjuang ternyata memiliki khasiat kesehatan sendiri. Kandungan daun ini dapat digunakan sebagai sumber bahan yang efektif untuk memerangi penyakit.

Banyak orang pedesaan dan orang terdahulu juga percaya pada kekuatan daun ini untuk menangkal aura negatif rumah dari roh jahat. Meski terlihat mistis, tetapi di dunia kesehatan, daun ini memiliki banyak manfaat yang akan membantu membuat tubuh anda lebih sehat.

Manfaat Daun Hanjuang

Mengatasi Batuk Berdahak

Khasiat daun hanjuang lebih berguna dalam mengatasi batuk berdahak. Hal ini karena daun unik ini mampu mengencerkan dahak yang ada di tenggorokan anda, sehingga dapat dengan mudah dibuang untuk meredakan batuk.

Obat TBC

Penyakit ini bisa diobati dengan khasiat daun hanjuang. Daun hanjuang ini menyediakan senyawa alami yang baik untuk kesehatan paru-paru anda dan mengobati penyakit TBC yang mengganggu kesehatan pernapasan.

Menyehatkan Lambung

Manfaat daun hanjuang untuk lambung juga sangat baik. Daun yang satu ini akan menyebabkan lambung anda terhindar dari rasa sakit yang biasanya disebabkan oleh otot-otot perut yang kaku dan peningkatan asam lambung.

Melancarkan Pencernaan

khasiat daun hanjuang tidak kalah hebat dari daun lain yaitu menyehatkan pencernaan anda. Daun ini memiliki bahan alami yang mirip serat sehingga sisa makanan dalam sistem pencernaan anda keluar dengan mudah.

Baik untuk Kesehatan Hati

Siapa sangka jika anda juga bisa mendapatkan kesehatan hati dengan memanfaatkan daun hanjuang? Daun ini akan masuk ke organ hati anda untuk menetralkan racun dan membersihkan kuman.

Melancarkan Menstruasi

Kegunaan lain dari daun anjuang terutama bagi wanita yang dapat melancarkan menstruasi. Menstruasi yang tidak lancar juga membuat hormon anda tidak sehat. Hal ini dapat mengganggu kesehatan reproduksi anda.

Menyehatkan Saluran Kemih

Selalu menjaga sistem saluran kemih anda untuk gaya hidup bersih dan mencoba daun hanjuang sebagai pendukung untuk kesehatan saluran kemih. Daun ini adalah salah satu daun dengan zat sehat yang baik untuk saluran kemih Anda.

Obat Radang Gusi

Jika gusi anda bengkak atau meradang, cobalah untuk merawatnya dengan daun hanjuang. Daun ini memiliki sifat alami dalam memerangi peradangan atau sifat anti-inflamasi, termasuk radang gusi.

Mengatasi Diare

Manfaat daun hanjuang untuk pencernaan juga efektif dalam pengobatan diare. Daun ini memiliki banyak bahan alami yang bersifat antibakteri. Dengan cara ini, bakteri yang menyebabkan diare dapat dengan mudah dikendalikan.

Obat Wasir

Obati wasir yang anda derita dengan daun hanjuang. Daun ini bagus untuk sistem pencernaan. Selain organ pencernaan yang sehat, Anda juga bisa mengobati penyakit pencernaan seperti wasir.

Obat Sembelit

Selain kemampuan menangani penyakit TBC dengan daun hanjuang juga bisa digunakan bagi Anda yang sering menderita sembelit di perut. Sembelit di perut dapat mempengaruhi aktivitas harian Anda. Terlebih untuk anda yang memiliki aktivitas berat. Untuk ini, Anda harus segera mengatasi rasa sakit sembelit dengan daun hanjuang.

Obat Sesak

Bagi Anda yang menderita asma atau sering sesak napas, jangan khawatir karena Anda bisa mengatasinya segera dengan mengonsumsi daun hanjuang. Daun hanjuang baik untuk mengobati sesak napas.

Membersihkan Ginjal

Konsumsi air rebusan harian dari daun hanjuang dapat membantu anda mengatasi atau membersihkan ginjal kotor Anda, sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit ginjal.

Obat Luka

Daun hanjuang ini juga dapat digunakan untuk mengobati luka. Banyak luka pada kulit yang bisa diobati dengan daun hanjuang yang sangat mudah diobati. Daun Hanjuang hanya perlu ditumbuk dan dioleskan kebagian luka agar luka mengering lebih mudah dan lebih cepat. Jadi lukanya sembuh lebih cepat dalam keadaan steril dan sehat.

Demikianlah pembahasan tentang daun hanjuang semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: