11 Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan dan Manfaat Lain

Posted on

Manfaat Bunga Lavender – Lavender adalah tanaman yang mempunyai beragam manfaat. bunga lavender biasanya dimanfaatkan minyaknya, tanaman lavender bisa membantu mengatasi masalah kesehatan dalam tubuh. Lavender mempunyai sifat antibakteri yang cukup baik untuk mengobati rasa sakit dan infeksi.

Wajar saja dengan segudang manfaat yang dimiliki, lavender mulai di lirik menjadi jenis tanaman obat yang digemari oleh masyarakat. Lantas apa sajakah manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan minyak lavender?

Manfaat-Bunga-Lavender
Manfaat Bunga Lavender

Manfaat Bunga Lavender

Mengobati Jerawat

Meskipun disebut minyak, minyak esensial dari tanaman seperti lavender tidak dapat menghambat pori wajah. Minyak lavender bisa mengobati masalah jerawat. Manfaat ini didapat karena kandungan bunga lavender agen antijamur dan antibakteri. Hal ini dapat digunakan sebagai solusi alami melawan masalah jerawat.

Mencegah Penuaan Dini

Bunga lavender merupakan sumber antioksidan yang bekerja melawan tanda penuaan dini. Kulit setiap hari terkena radikal bebas dari polusi dan panas sinar matahari. Hal ini bisa memicu munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus lebih cepat.

Selain dapat mengatasi masalah tanda penuaan dini dari dalam. Kulit bagian luar juga perlu dirawat dengan kandungan minyak esensial dari bunga lavender yang di campur dengan minyak kelapa yang dapat berperan sebagai pelembab.

Mengurangi Kemerahan

Bunga lavender juga bisa digunakan untuk mengatasi kemerahan pada kulit dan penyakit seperti psoriasis, luka bakar dan eksim. Gunakan minyak lavender dengan rutin untuk mengurangi gejala kemerahan yang terjadi di kulit.

Menyembuhkan Luka

Bunga lavender juga bisa menjadi solusi penyembuhan luka pada kulit seperti gigitan, sengatan dan goresan. Minyak lavender yang hanya dioleskan langsung pada tempat yang terkena bisa membuat luka lebih cepet sembuh.

Mencerahkan Wajah

Kandunga cicatrisant dan cytophylatics dalam bunga lavender dapat membantu menyamarkankan bintik-bintik hitam dan hiperpigmentasi pada kulit wajah. Dengan penggunaan secara rutin, wajah tampak cerah, warna kulit wajah lebih merata dan bercahaya.

Mengatasi Masalah Rambut

Bunga lavender mempunyai sifat antibakteri sehingga bisa mengatasi masalah kulit kepala. Hal ini membuat bunga lavender cukup efektif untuk menangani rambut rontok, rambut kering dan ketombe.

Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Bunga lavender bisa cukup efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah secara alami. Minyak lavender bisa dicampurkan dengan minyak kelapa kemudian dioleskan pada bibir. Lakukan secara teratur sampai bibir kembali lembut.

Meredakan Stres

Untuk mencapai manfaat ini, Anda perlu menghancurkan bunga lavender atau daun dengan jari-jari Anda, dan kemudian menerapkan senyawa organik di jari-jari Anda ke pelipis Anda. Penerapan ini diyakini bisa menghilangkan kecemasan dan keseimbangan suasana hati. Anda juga bisa membuat teh lavender untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Meredakan Rasa Sakit

Ketika tubuh Anda merasa lelah, sakit, dan stres setelah bekerja Anda bisa mandi dan menambahkan sejumlah bunga lavender ke dalam bathtub dan berendam selama beberapa saat. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari tanaman ini dapat meredakan peradangan dan rasa sakit dan membuat tubuh lebih rileks.

Perawatan Kulit

Lavender juga dapat digunakan sebagai produk perawatan kulit organik yang praktis dan murah. Cukup rendam beberapa bunga lavender dengan air, saring dan tuangkan air rendaman lavender ke dalam botol semprot yang sebelumnya sudah disterilkan. Semprotkan air yang disuntikkan setiap kali Anda merasa kulit Anda kering untuk menghindari iritasi.

Pengharum Ruangan Alami

Bunga lavender memiliki wangi khas yang cukup kuat. Dalam satu pot kecil bunga lavender saja bisa membuat satu ruangan wangi. Selain itu, aroma wangi dari bunga lavender bisa mengusir nyamuk.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga lavender semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya