12 Manfaat Bunga Tapak Dara untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga Tapak dara adalah sejenis bunga berwarna putih yang indah dengan sedikit warna merah kecil di bagian dasarnya. Tanaman berbunga ini sering disebut sebagai Tapak lima, Kemunting Cina dan Tapak Doro.

Daun tanaman ini berbentuk lonjong dan agak oval. Keindahan bunganya membuat tanaman ini menjadi salah satu tanaman hias yang paling sering digunakan untuk mempercantik taman rumah baik di halaman depan maupun di belakang rumah.

Manfaat-Bunga-Tapak-Dara
Manfaat Bunga Tapak Dara

Tapak dara mengandung sejumlah senyawa alami yang dapat membantu melawan penyakit. kandungannya dalam bentuk norharman, vindolinine, leurosine, vinrosidine dan banyak lagi.

Beberapa bahan kimia ini meningkatkan kesehatan tubuh Anda dari sebelumnya. Anda mendapatkan tidak hanya berkhasiat untuk penyakit dalam, tetapi juga untuk penyakit luar yang mempengaruhi kesehatan kulit.

Manfaat Bunga Tapak Dara

Menyembuhkan Luka Bakar

Manfaat dari bunga tapak dara pertama adalah dapat menyembuhkan luka bakar ringan. Bahan alami bunga ini efektif memulihkan kulit yang rusak sehingga dapat menyembuhkan luka bakar dengan cepat.

Mencegah Hipertensi

Khasiat bunga tapak dara juga efektif dalam mencegah tekanan darah tinggi. Bunga ini dapat membantu menjaga tekanan darah Anda lancar tanpa gejala hipertensi atau gejala lain dari sirkulasi yang buruk di dalam tubuh.

Anti Diabetes

Manfaat Bunga tapak dara juga membantu tubuh Anda mencegah peningkatan kadar gula darah. Bunga ini sangat cocok sebagai obat penurun gula alami dan karenanya tidak berbahaya untuk dikonsumsi.

Menurunkan Panas Dalam

Khasiat bunga tapak dara dapat menurunkan demam dalam tubuh Anda. Kandungan bahan aktif sehat dalam bunga ini berarti suhu tubuh Anda lebih terkontrol dan tidak mudah terkena demam.

Melancarkan Saluran Kemih

Anda dapat mengandalkan manfaat bunga tapak dara untuk melancarkan saluran kemih Anda. Saluran kemih yang bersih tidak mudah terinfeksi. Hal ini berarti tidak ada kesulitan saat buang air kecil.

Anti Kanker

Kandungan alami bunga tapak dara memiliki efek positif pada kesehatan Anda. Bunga ini mampu melindungi kesehatan sel-sel tubuh dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker yang dapat menyebar dengan mudah.

Mencegah Stres

Bagi Anda yang sering depresi dengan pikiran yang tidak nyaman, cobalah mengatasinya dengan bunga tapak dara. Bunga ini efektif untuk mencegah gejala stres dan meningkatkan mood Anda.

Melancarkan Aliran Darah

Sirkulasi darah Anda akan selalu lancar melalui penggunaan bunga tapak dara. Bunga unik ini dapat melancarkan peredaran darah Anda secara merata ke seluruh tubuh. Penyakit penyumbatan darah pun bisa dicegah.

Menetralisir Racun

Racun dalam tubuh Anda bisa dinetralkan menggunakan bunga tapak dara. Bunga ini memiliki sifat anti-racun yang baik untuk tubuh Anda sehingga gejala penyakitnya bisa dihindari.

Mengatasi Kencing Batu

Penyakit batu kencing adalah penyakit yang sering menyerang saluran kemih banyak orang. Sebelum Anda terkena penyakit ini, sebaiknya gunakan bunga tapak dara untuk mencegahnya.

Mencegah Anemia

Bunga tapak dara juga dapat digunakan sebagai pencegah anemia. Anemia adalah gejala kekurangan darah pada seseorang, dengan rajin mengonsumsi bunga tapak dara anemia dapat dicegah.

Melancarkan Pencernaan

Bunga tapak dara juga dapat digunakan sebagai pelancar pencernaan anda secara alami, karena didalam bunga tapak dara terdapat kandungan senyawa yang dapat melancarkan pencernaan.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga tapak dara semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya