15 Manfaat Bunga Teratai untuk Kesehatan

Posted on

Bunga Teratai – Bunga teratai adalah tanaman air yang sering kita temukan di taman atau danau untuk menghias kolam. Bunga yang cantik ini adalah penghiasuntuk mata yang memandang karena keindahannya.

Jarang sekali mendengar manfaat bunga teratai, bahkan banyak orang yang tidak tahu apakah bubuk biji bunga teratai ini ternyata bisa dijadikan masker, yang tentunya sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit wanita.

Bunga-Teratai
Bunga Teratai

Manfaat Bunga Teratai

Menyehatkan Mata

Ternyata bunga teratai memiliki kandungan beta karoten yang lumayan tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata anda.

Membentuk Sel Darah Merah

Manfaat bunga teratai adalah mampu membentuk sel darah merah. Untuk wanita dengan menstruasi yang ekstrim, disarankan untuk mengkonsumsi rebusan akar teratai.

Akar teratai ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi, dapat membentuk sel darah merah baru. Ramuan ini juga baik untuk penderita anemia atau kekurangan darah.

Pembentuk Gigi yang Kuat

Jika Anda mengkonsumsi ramuan herbal bunga teratai, Anda dapat memiliki gigi yang sangat kuat. Hal ini karena bunga teratai memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Jadi jika Anda ingin membentuk gigi agar tetap kuat, Anda bisa menggunakan ramuan herbal dari bunga teratai.

Baik Untuk Diet

Di dalam bunga teratai, bijinya cukup kaya serat. Serat yang terkandung dalam biji bunga lotus sangat berguna untuk nutrisi dan juga sebagai penambah pencernaan.

Bagi Anda yang kelebihan berat badan atau menjalani program diet, Anda dapat mencoba biji bunga teratai untuk menurunkan berat badan.

Obat Diare

Ketika anda mengalami diare dan disertai muntah dapat menyebabkan kehilangan cairan yang kuat dalam tubuh. Untuk mengganti cairan, Anda dapat menggunakan air dari jus rimpang teratau, karena kandungan mineral cairan dalam tubuh bermanfaat.

Menormalkan Tekanan Darah

Untuk orang dengan tekanan darah tinggi, mereka pasti akan mencari cara yang berbeda untuk menurunkan tekanan darah tinggi mereka. Jika Anda ingin minum obat secara alami, Anda dapat menggunakan tunas teratai. Tunas teratai memiliki kandungan lemak yang sangat baik dan memiliki efek menguntungkan pada pengurangan tekanan darah tinggi.

Obat Mimisan

Teratai mengandung zat besi, kandungan ini dapat digunakan untuk mengobati mimisan. Zat besi pada bunga teratai sangat berguna untuk membentuk sel darah merah.

Jika ada kerabat atau keluarga dengan mimisan, anda bisa mencoba mengatasinya dengan ramuan teratai. Untuk menyiapkan beberapa akar teratai dan mencuci bersih. Saring jus akar teratai dan gunakan segera.

Mengatasi Batuk Darah

Orang yang menderita batuk darah dapat diobati dengan rimpang teratai. Caranya, ambil rimpang teratai secukupnya lalu cuci bersih. Potong-potong kecil dan kemudian di jus untuk mengumpulkan hingga 200 cc jus teratai. Minum jus secara teratur selama 5 hari sekali sehari.

Mengobati Muntah Darah

Akar teratai tidak hanya mampu mengobati batuk darah, tetapi juga dapat digunakan sebagai obat muntah darah. Caranya tidak jauh berbeda. Ambil rimpang teratai dan buat jus sebanyak 200 cc. Jus diminum secara teratur selama 3-5 hari.

Mengobati Disentri

Disentri biasanya disebabkan oleh bakteri dan amoeba. Jika ada keluarga yang menderita disentri, anda dapat mengatasinya dengan rimpang teratai sebagai bahan pengobatan.

Mengatasi Panas Dalam

Jika Anda merasa panas dalam dan jika anda ingin mengobatinya dengan bahan herbal, anda dapat mencoba campuran bunga teratai.

Untuk mengobati panas dalam, masak rimpang teratai bersama dengan akar alang-alang. Lalu airnya diminum. Ramuan kedua bahan ini sangat efektif untuk mendinginkan perut.

Mengobati Gondokan

Godok atau struma adalah penyakit berupa pembengkakan di leher, di bawah jakun atau laring karena pembengkakan kelenjar tiroid. Penyakit ini lebih sering diderita pria.

Salah satu karakteristik bunga teratai adalah dapat mengobati penyakit gondok. Penyakit ini dapat diobati dengan mengkonsumsi rebusan akar teratai secara teratur.

Mengobati Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian. Orang biasa menggunakan rimpang bunga teratai untuk mengobati penyakit jantung. anda melakukan ini dengan minum air rebusan dari rimpang teratai.

Sumber Antioksidan

Bunga teratai ini kaya akan antioksidan yang melawan radikal bebas pada kulit dan mencegah penuaan dini. Bagi Anda yang ingin terlihat lebih muda gunakan tanaman teratai dan tentu saja tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kecantikan anda.

Menjaga Elastisitas

Bunga teratai mengandung zat alami yang menjaga elastisitas kulit dan juga mengurangi keriput, garis-garis halus dan bayangan gelap.

Demikianlah pembahasan tentang bunga teratai semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: