15 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga Telang adalah salah satu varietas tanaman merambat yang umumnya tumbuh di hutan atau di halaman rumah yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias.

Tanaman yang umumnya memiliki bunga biru muda, putih, merah muda dan ungu, dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk mewarnai makanan, untuk kue dan sebagai dasar untuk persiapan minuman.

Manfaat-Bunga-Telang
Manfaat Bunga Telang

Selain itu, bunga Telang juga memiliki manfaat luar biasa pada masalah kesehatan. Berikut adalah manfaat bunga Telang untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Lihatlah ringkasan manfaat bunga Telang yang jarang diketahui.

Manfaat Bunga Telang

Mengobati Masalah Penglihatan

Secara tradisional, manfaat bunga Telang telah digunakan oleh berbagai kelompok orang sebagai obat untuk masalah penglihatan seperti mata merah atau sakit mata lainnya. Selain itu, diyakini bahwa sifat-sifat bunga ini dapat berkontribusi untuk penglihatan yang lebih baik.

Caranya adalah dengan mencelupkan beberapa bunga ke dalam segelas air sampai airnya membiru. Kemudian Anda bisa menggunakan air rendaman sebagai pencuci mata yang sakit.

Mengobati Sakit Telinga

Untuk mengatasi gangguan yang terjadi di telinga, kita bisa menggunakan daun tanaman ini. Caranya adalah dengan menyebarkan jus dari beberapa helai daun Telang dengan sedikit garam dibagian telinga yang terasa sakit. Lakukan ini secara teratur.

Mengobati Bisul (Abses)

Kita secara alami dapat mengatasi munculnya bisul (abses) pada tubuh. Salah satunya adalah penggunaan bahan-bahan yang berasal dari bunga Telang biru, yang dihancurkan bersama dengan gula aren. Gunakan hasil campuran tumbukan tersebut sebagai balur untuk area yang terkena bisul. Lakukan sampai bisul sembuh.

Cuci Darah

Darah yang kotor dapat memicu berbagai penyakit kulit seperti bisul. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan akar bunga Telang putih rebus dan meminumnya secara teratur. Diyakini bahwa ramuan ini dapat membersihkan darah.

Mengobati Bronkitis

Bronkitis atau radang saluran pernapasan dapat diatasi dengan ramuan herbal dari akar tanaman Telang ini. Caranya adalah dengan merebus +/- 30 hingga 60 gram akar Telang dengan 4 gelas air bersih hingga kadar airnya hanya setengah. Konsumsi air matang di pagi hari dan masing-masing 1 gelas di malam hari.

Pewarna Makanan

Tidak hanya efektif dalam mengobati berbagai jenis penyakit bunga talang juga memiliki manfaat lain yang dapat digunakan untuk mewarnai makanan, seperti kue. Metode ini cukup sederhana, yaitu menggunakan jus bunga dan mencampurnya dengan makanan yang ingin Anda warnai.

Detoksifikasi Tubuh

Teh herbal dari bunga talang dapat digunakan untuk menghilangkan racun dari sistem pencernaan. Caranya cukup mudah yaitu hanya 2 sampai 3 bunga talah diseduh dengan air panas. Biarkan +/- 10 menit. Ramuan siap dikonsumsi. Untuk meningkatkan rasa teh kita bisa menambahkan madu atau jus lemon ke dalamnya. Cobalah!

Gangguan Seksual pada Wanita

Dipercaya pula bahwa ramuan herbal dengan manfaat bunga Telang dapat mengobati gangguan seksual pada wanita seperti infertilitas atau kram menstruasi.

Mengobati Batuk

Akar Kembang-Telang juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan gangguan batuk rejan (pertusis). Selain rempah-rempah yang diperoleh dari bubuk akar Telang, penyakit asma, yang terutama menganggu seseorang di musim dingin, juga dapat disembuhkan.

Bersifat Diuretik

Kandungan senyawa bunga telang memiliki kemampuan melancarkan urin. Rebus 0,3 g akar bunga Telang kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air mendidih dan minum 1 gelas 2 kali sehari.

Pembasmi Racun

Teh herbal dari bunga dapat digunakan untuk menghilangkan racun dari sistem pencernaan. Caranya cukup mudah: ambil bunga talang 2 atau 3 bunga kemudian diseduh dengan air panas dan diamkan selama +/- 10 menit. Ramuan siap dikonsumsi. Untuk meningkatkan rasa teh, kita bisa menambahkan madu atau jus lemon ke dalamnya.

Melancarkan Haid

Diyakini juga bahwa ramuan herbal dengan manfaat bunga Telang dapat mengobati gangguan infertilitas serta gangguan menstruasi yang tidak lancar. Darah yang kotor dapat memicu berbagai penyakit kulit seperti bisul. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan akar bunga Telang putih rebus dan meminumnya secara teratur. Diyakini bahwa ramuan ini dapat membersihkan darah.

Menghitamkan Rambut

Bunga telang juga efektif untuk memperkuat dan menghitamkan rambut Anda. Metode ini bisa dilakukan melalui langkah-langkah menghaluskan bunga dan digunakan sebagai pengganti sampo.

Antioksidan

Flavonoid, antosianin dan senyawa fenolik yang meningkatkan efektivitas manfaat antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh penyakit dan penuaan radikal bebas.

Anti-inflamasi

Bunga Telang yang mengandung flavonod yang ditemukan di hampir semua jenis buah dan sayuran, adalah sumber antioksidan yang kuat untuk anti inflamasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga telang semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya