12 Manfaat Bunga Turi Merah dan Kandunganya

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Nama ilmiah bunga Turi adalah Sesbania grandiflora dan milik keluarga kacang-kacangan. Keistimewaan tanaman Turi adalah bahwa bunganya berbentuk bulan sabit atau kupu-kupu, yang berwarna putih atau merah. Ada juga varietas yang warna bunganya kombinasi merah dan putih.

Senyawa kimia pada bunga turi merah lebih tinggi daripada varietas lainnya. Turi juga dapat diidentifikasi oleh biji pohon banyak yang dikemas dalam polong. Benih ini mudah tumbuh jika didistribusikan di tanah dalam iklim yang sesuai.

Manfaat-Bunga-Turi-Merah
Manfaat Bunga Turi Merah

Kandungan Bunga Turi Merah

Bunga Turi mengandung berbagai mineral penting seperti zat besi, selenium, kalsium, kalium, natrium, fosfor, magnesium, kalium dan natrium. Vitamin yang dikandungnya adalah beta-karoten, vitamin C, niasin, tiamin, asam folat, dan riboflavin.

Bunga Turi juga mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Senyawa kimia yang tersedia di Turi seperti kalsium oksalat, tanin, basorin, peroksidase, zat sulfur, zantoagetin, resin, egatin, dan pewarna. Daunnya juga mengandung zat penting seperti saponin, glikosida, tanin, dan vitamin A.

Manfaat Bunga Turi Merah

Obat Flu dan Sakit Kepala

Bunga turi merah juga meredakan gejala pilek dan sakit kepala. Cukup dengan meminum air rebusan dari daunnya secara teratur di pagi dan sore hari.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh radang organ. Salah satu cara mengatasi gangguan ini dengan menggunakan bunga turi merah. Rebus segenggam daun turi dengan 600 ml air hingga tinggal tersisa 200 ml. kemudian berkumurlah dengan airnya.

Obat Batuk

Untuk mengatasi batuk berdahak, hancurkan daun turi merah dan campur dengan air lemon. Campur dengan madu murni dan setengah cangkir air hangat dan minum segera.

Mencegah BatuGinjal

Konsumsi bunga Turi secara teratur dapat mengurangi risiko batu ginjal yang terbentuk dari kristal kalsium oksalat. Anda bisa memakannya sebagai pecel atau sup.

Merawat Jempol Kaki yang Tersandung

Terkadang jempol kaki bisa secara tidak sengaja tersandung batu atau benda lain. Untuk menghindari pembekuan darah pada kuku kaki, gosok daun turi merah yang sudah dihancurkan. Perawatan ini juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit.

Obat Sariawan

Orang India sering menggunakan kulit turi untuk mengatasi sariawan secara alami. Vitamin C dalam tanaman ini memang efektif meredakan sariawan. Caranya: basuh segenggam kulit bunga turi dan kemudian uleni dengan air hangat. Gunakan airnya sebagai obat kumur. Rebusan kulit turi juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan.

Mengobati Cacar Air

Cacar air adalah penyakit kulit yang membuat mereka yang terkena merasa tidak nyaman. obatilah dengan air minum dari kulit tanaman turi dengan merebus.

Mengobati Kudis

Gangguan kulit yang sangat mengkhawatirkan adalah kudis atau mengi. Kondisi kulit ini secara medis disebut scabies. Tidak sulit mendapatkan obat kudis karena bahan-bahannya tersedia di sekitar Anda. Tumbuk kulit batang turi merah sampai lumat, aplikasikan pada kulit yang bermasalah.

Mencegah Rabun Senja

Bunga Turi berguna untuk pencegahan dan pengobatan kebutaan malam dan masalah penglihatan yang disebabkan oleh penyakit gusi.

Obat Disentri

Untuk menghentikan diare dengan darah, minumlah air dari rebusan kulit tanaman turi merah. Ulangi metode ini dua kali sehari.

Menurunkan Demam Nifas

Giling 1/3 genggam daun turi merah sampai lunak, campur dengan sedikit garam dan secangkir air mendidih. Peras dan saring, lalu minum airnya.

Meringankan Sakit Rematik

Untuk menghilangkan kelelahan dan sakit rematik, giling akar turi merah dengan halus. Campur dengan air sampai terbentuk bubur. Oleskan campuran ini ke bagian tubuh yang sakit.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bunga turi merah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: