11 Manfaat Daun Selasih untuk Kesehatan

Posted on

Daun Selasih – Daun kelasih berasal dari tanaman selasih yang diyakini berasal dari Thailand. Selasih lebih sering dimanfaatkan dari bagian bijinya. Daunnya sendiri digunakan sebagai bahan bumbu karena aromanya yang harum dan rasanya yang manis.

Ukuran daun selasih cukup panjang karena bentuknya oval. Banyak orang keliru menyebut daun selasih dengan daun kemangi walaupun warna kedua daunnya berbeda.

Manfaat-Daun-Selasih
Manfaat Daun Selasih

Daun selasih bukan hanya rempah-rempah biasa. Khasiat daun ini juga sangat baik untuk kesehatan Anda. Tubuh anda tidak hanya sehat tetapi juga dapat pulih dengan cepat dari berbagai penyakit.

Anda bisa memasak daun ini dan haluskan untuk mendapatkan sari patinya. Air rebusan dan sari pati harus dikonsumsi secara teratur jika Anda ingin sembuh lebih cepat dari penyakit.

Manfaat Daun Selasih

Mengobati Batuk

Khasiat daun selasih yang pertama adalah mereka dapat mengobati batuk. Daun ini membantu membuat dahak batuk anda lebih cair, sehingga Anda dapat dengan mudah mengeluarkannya. Tenggorokan anda akan semakin segar.

Mengobati Demam Malaria

Khasiat daun selasih juga dapat mengurangi demam pada penderita malaria. Gejala penyakit ini termasuk demam tinggi yang melemahkan tubuh pasien. Anda dapat menggunakan daun ini untuk menanganinya.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Khasiat daun selasih juga dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, daun ini mencegah beberapa penyakit pencernaan yang menyerang Anda, seperti: susah buang air besar atau diare.

Meredakan Penyakit Pernapasan

Khasiat daun selasih untuk pernafasan juga sangat penting. Daun ini membantu sistem pernapasan anda untuk memerangi masalah kesehatan seperti sesak napas dan bahkan meredakan asma ketika kambuh terjadi.

Mengobati Panas Dalam

Khasiat daun selasih juga sangat bermanfaat karena dapat menjadi sarana melawan panasdalam. Daun ini memang cukup segar dan mengandung senyawa yang baik untuk menyembuhkan penyakit panas dalam.

Antiseptik

Antiseptik adalah fungsi daun selasih dalam memerangi kuman. Daun ini bermanfaat sebagai germisida yang ada di tubuh Anda. Mereka juga tidak akan mudah terserang penyakit yang ditularkan oleh kuman.

Mengobati Bisul

Bisul bisa didapat dari daun selasih. Daun ini bermanfaat untuk menjadi obat luar dalam pengobatan bisul. Anda bisa menghaluskan beberapa daun lalu mengoleskan saripatinya pada kulit yang sakit.

Menyembuhkan Lambung yang Meradang

Manfaat daun selasih juga baik untuk lambung. lambung adalah bagian dari tubuh yang sering mengalami peradangan karena aktivitas pengolahan makanannya. Anda bisa memasak daun ini dan kemudian minum air rebusannya.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ternyata kesehatan jantung juga bisa anda peroleh dari daun selasih. Jantung yang sehat juga membuat tubuh Anda lebih sehat. Manfaat lain adalah jantung Anda mampu melawan tanda-tanda penyakit jantung.

Mengatasi TBC

Penyakit yang dapat menyebabkan kematian adalah TBC. Untuk perawatan Anda bisa mencoba bahan herbal dari daun selasih. Kandungan alaminya akan mengembalikan tubuh Anda menjadi sehat sehingga tidak lagi memengaruhi kesehatan tubuh Anda.

Meningkatkan Nafsu Makan

Daun selasih juga dapat meningkatkan nafsu makan karena kandungan yang terdapat dalam daun selasih mampu meningkatkan nafsu makan anda.

Demikianlah pembahasan tentang daun selasih semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: