13 Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga matahari berasal dari Amerika dan bunga ini telah lama digunakan secara luas dalam produksi ekstrak minyak nabati. Minyak bunga matahari adalah minyak non-volatil yang diperoleh dari biji bunga matahari. Karena sifatnya yang melembabkan minyak ini sering digunakan sebagai minyak nabati dan sebagai formulasi untuk kosmetik.

Apakah minyak bunga matahari sehat? Komposisinya kaya akan berbagai nutrisi dan menjadikannya salah satu minyak paling sehat untuk dikonsumsi dan untuk digunakan pada kulit dan rambut. Bahan utama dalam minyak bunga matahari adalah asam linoleat. Komponen lainnya adalah asam oleat dan asam palmitat. Selain bahan-bahan ini, minyak ini juga mengandung lesitin, karotenoid, tokoferol dan sejumlah vitamin A, D dan E.

Manfaat-MinyaK-Bunga-Matahari
Manfaat MinyaK Bunga Matahari

Manfaat Minyak Bunga Matahari

Mencegah Artritis

Minyak bunga matahari adalah solusi utama bagi siapa saja yang peduli dengan artritis. Memang minyak bunga matahari dapat membantu mencegah rheumatoid arthritis atau peradangan kronis pada sendi.

Mencegah Kanker Asma

Minyak bunga matahari mengandung lebih banyak vitamin E daripada minyak nabati lainnya. Jika Anda memasukkan minyak ini ke dalam makanan Anda, Anda dapat melindungi diri terhadap asma dan kanker usus besar.

Mencegah Kanker Lain

Karotenoid dalam minyak bunga matahari dapat membantu mencegah kanker rahim, paru-paru dan kulit. Selain itu, zat ini juga merupakan sumber vitamin A yang baik dan dapat membantu mencegah katarak.

Menurunkan Kolesterol

Lemak jenuh yang terkandung dalam minyak lain sulit untuk sepenuhnya rusak selama metabolisme. Akibatnya, minyak diangkut melalui darah ke berbagai bagian tubuh dan diendapkan sehingga kolesterol LDL (kolesterol jahat) meningkat. Ini juga mengarah pada masalah kesehatan seperti emboli, arteriosklerosis, nyeri sendi, dan cacat lahir.

Mencegah Radikal Bebas

Minyak bunga matahari bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh karena kandungan vitamin E atau tokoferol yang tinggi. Zat ini dapat membantu menetralisir radikal bebas karsinogenik. Radikal bebas memang dapat merusak sel dan sistem kekebalan tubuh.

Memperbaiki Jaringan Tubuh

Minyak bunga matahari juga mengandung protein yang sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan, produksi hormon, dan enzim. Tubuh kita membutuhkan banyak protein. Karena tubuh tidak menyimpan protein, ia harus menyerap protein dari luar dan minyak bunga matahari dapat menutupi asupan ini.

Pencegahan Infeksi pada Bayi

Minyak bunga matahari dapat mengurangi risiko infeksi pada bayi prematur dengan berat lahir rendah. Bayi lebih mungkin terserang infeksi karena sistem kekebalan dan organ lain seperti kulit kurang berkembang. Minyak bunga matahari bertindak sebagai benteng untuk melindungi dan mencegah infeksi tersebut.

Meningkatkan Kesehatan Sistem Saraf

Kandungan vitamin B dari minyak bunga matahari dapat meningkatkan kesehatan sistem saraf, meningkatkan pencernaan dan menjadi sumber energi.

Mengurangi Masalah Jantung

Minyak bunga matahari mengandung selenium yang berguna untuk mengurangi risiko masalah jantung dan disfungsi hati. Tingginya kadar selenium dalam darah Anda juga membantu menurunkan risiko kanker paru-paru dan kulit.

Mencegah Penipisan Rambut

Minyak bunga matahari adalah sumber penting asam gamma alfa linolenat (GLA), yang dapat mencegah penipisan rambut. Zat ini efektif terhadap kerontokan rambut, kebotakan dan alopecia, yang biasanya ditandai dengan kerontokan sebagian pada area tertentu.

Menjaga Kesehatan Rambut

Karena teksturnya yang ringan, minyak bunga matahari dapat digunakan untuk merawat rambut berminyak. Minyak ini juga dapat menutrisi rambut dan mencegah kerusakan.

Mengurangi Tanda Penuaan

Sifat antioksidan dalam minyak bunga matahari mencegah tanda-tanda penuaan dini. Efek radikal bebas dan sinar matahari mempercepat penuaan kulit dan menyebabkan kerutan dan garis-garis halus pada usia muda. Antioksidan dalam minyak bunga matahari mengurangi risiko tanda-tanda penuaan dini.

Menyehatkan Kondisi Kulit

Karena teksturnya yang ringan, minyak bunga matahari adalah minyak berkualitas tinggi dan cocok untuk perawatan mata dan kulit. Minyak ini dapat digunakan pada kulit normal atau kering. Karena aromanya yang ringan dan teksturnya yang lembut, minyak ini semakin banyak digunakan untuk aromaterapi. Selain itu, minyak ini juga digunakan dalam produk perawatan kulit dan memiliki manfaat untuk melembutkan kulit.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat minyak bunga matahari semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: