16 Manfaat Singkong dan Kandungan Singkong

Posted on

Manfaat Singkong – Singkong (Manihot esculenta) juga dikenal sebagai ubi kayu atau ketela pohon. Orang-orang dari beberapa bagian Afrika, Asia, dan benua Amerika Selatan telah menggunakannya sebagai makanan pokok selama berabad-abad. Pernahkah Anda berpikir bahwa singkong tidak hanya baik dikonsumsi tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan?

Tanaman singkong mengandung protein, kalori, zat besi, lemak, karbohidrat, vitamin B dan C. Daunnya mengandung protein, lemak, zat besi dan kalsium. Tidak heran, singkong telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Singkong
Singkong

Kandungan Singkong

Bukan tanpa alasan apakah singkong memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Tumbuhan, yang masih merupakan “keluarga” ubi dan kentang, diperkaya dengan banyak zat yang sangat dibutuhkan tubuh.

Kandungan singkong mentah dikutip oleh Departemen Pertanian AS (USDA) dan terdiri dari:

  1. Protein 1,36 g
  2. Kalori 160 Kkal
  3. Karbohidrat 38,06 g
  4. Serat 1,8 g
  5. Kalsium 16 mg
  6. Zat besi 0,27 mg
  7. Magnesium 21 mg
  8. Fosfor 27 mg
  9. Potasium 271 mg
  10. Sodium 14 mg
  11. Zinc 0,34 mg

Selain itu, kandungan singking juga dalam bentuk vitamin, terdiri dari:

  1. Vitamin A 13 IU
  2. Vitamin B2 (riboflavin) 0,048 mg
  3. Vitamin B3 (niasin) 0,854 mg
  4. Vitamin B6 0,088 mg
  5. Vitamin B9 (asam folat) 27 μg
  6. Vitamin E 0,19 mg
  7. Vitamin K 1,9 μg

Manfaat Singkong

Melembutkan dan Mencerahkan Kulit

kulit singkong biasanya tidak digunakan dengan benar karena terlalu tebal dan kotor dan berlama-lama di tanah.

Namun, kita bisa menggunakan kulit singkong sebagai bahan alami untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Caranya cukup untuk menghaluskan kulit singkong dan membuatnya menjadi scrub.

Masker Wajah

Bukan hanya kulit yang bisa digunakan untuk kesehatan kulit. Daging Singkong yang berwarna putih juga baik untuk masker wajah.

Anda cukup melakukan ini dengan menghaluskannya dan kemudian mengoleskannya seperti masker di wajah Anda. Masker wajah alami ini membuat kulit bersinar.

Melembabkan Kulit

Tidak hanya mampu melembutkan dan mencerahkan kulit. Dengan masker wajah dari singkong, kita bisa menjaga kulit tetap lembab dan tidak mengalami dehidrasi.

Untuk membuat masker wajah dari singkong, Anda bisa menambahkan madu atau minyak zaitun.

Menghilangkan Bekas Luka dan Noda

Jika kulit wajah kita mengalami luka, kita secara rutin dapat menghilangkannya dengan singkong atau masker singkong di lokasi yang terluka. Gunakan secara rutin dua kali sehari karena diyakini dapat menghilangkan luka atau cacat secara efektif.

Menumbuhkan Rambut

Manfaat singkong tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit, tetapi juga untuk pemeliharaan rambut yang sehat.

Dengan penggunaan singkong yang dihaluskan dengan umbi dan daun, sebagai masker rambut, sangat baik untuk menumbuhkan rambut.

Mengontrol Rambut Rontok

Karena kemampuan singkong untuk mempercepat pertumbuhan rambut, manfaat singkong dalam hal ini sangat mirip. Penggunaan masker singkong pada rambut dapat mengatasi masalah kerontokan rambut dan menguatkan akar rambut.

Menutrisi Rambut

Tidak hanya itu, penggunaan masker singkong untuk rambut juga baik untuk perawatan rambut dan perbaikan rambut yang rusak.

Baik untuk Sistem Pencernaan

Manfaat selanjutnya dari singkong adalah menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah kesehatan pencernaan.

Singkong mengandung banyak serat yang sulit larut, sehingga mereka dapat lebih baik menyerap racun dalam sistem pencernaan dan membuangnya selama buang air besar.

Baik untuk Kesehatan Saraf

Singkong tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan saraf tubuh.

Salah satunya adalah penggunaan tepung singkong, yang diyakini dapat mengelola stres dan gangguan saraf di saraf.

Baik untuk Kesehatan Mata

Tanaman singkong juga telah diperkaya dengan vitamin A, yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Diyakini bahwa konsumsi rutin singkong dapat mencegah gangguan penglihatan.

Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi singkong sangat penting bagi orang yang telah mencoba selama bertahun-tahun untuk menurunkan berat badan dan belum berhasil. Kandungan serat yang tinggi dalam singkong membantu Anda tetap kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan terlalu banyak.

Mengobati Sakit Kepala

Sebagian besar dari kita menderita sakit kepala dan sering kali sakit yang tak tertahankan. Cobalah mengobatinya dengan singkong. Anda hanya perlu merendam 60 gram umbi dan beberapa daun dalam air selama beberapa jam. Buat jus segar dengan blender dan minumlah dua kali sehari.

Mencegah Kanker

Ini adalah manfaat paling luar biasa dari singkong. Singkong dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker. Kandungan vitamin B17 dalam singkong dapat membantu merangsang tingkat sel darah merah, yang jika terjadi kekurangan menyebabkan penyakit seperti kanker.

Mengobati Diare

Anda dapat menggunakan singkong untuk mengobati diare atau kolik. Rebus singkong dengan 800 cc air, tunggu hingga hanya tersisa 400 cc air, biarkan campuran saring dan minum.

Meredakan Demam

Singkong efektif meredakan demam. Untuk hasil terbaik, gunakan Umbi dan daun. Cukup gunakan 400 gram singkong dan 80 gram umbi dan rebus dalam 1 liter air. Ketika volume air berkurang separuh, tiriskan air sampai hangat dan oleskan ke tubuh.

Mengatasi Rematik

Singkong kaya akan magnesium. Anda bisa menggunakan Singkong sebagai obat alami untuk rematik. Untuk pengobatan luar, gunakan singkong dan 15 gram jahe. Hancurkan dalam blender sampai menyerupai pasta, gunakan sebagai salep di daerah di mana Anda menderita radang sendi.

Untuk perawatan dalam, Anda dapat menggunakan 100 gram singkong, serai, garam dan 15 gram jahe. Rebus semua bahan dalam 1000 ml air. Tunggu hingga hanya tersisa 400 ml air, saring campurannya dan minum sekali sehari (200 ml per gelas).

Demikianlah pembahasan tentang manfaat singkong semoga dapat bermanfaat untuk anda

Related posts: