15 Manfaat Buah Mangga dan Kandungan Buah Mangga

Posted on

Buah Mangga – Buah Mangga adalah salah satu buah favorit di Indonesia. Bukan hanya karena harganya yang murah dan sangat lezat, tetapi karena, ketika dikonsumsi secara teratur buah mangga memiliki banyak manfaat yaitu bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan Anda.

Tidak banyak orang tahu bahwa buah mangga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan. Buah ini sebenarnya kaya akan nutrisi yang baik untuk perawatan kulit. Jika Anda teliti, sekarang ada banyak perawatan kulit yang menambahkan ekstrak mangga di dalam nya.

Manfaat-Buah-Mangga
Manfaat Buah Mangga

Kandungan Buah Mangga

Buah mangga juga memiliki beberapa kandungan gizi yang cukup tinggi antara lain : Karbohidrat, Protein, Vitamin A, Thiamine, zat besi, Beta-karoten, Vitamin B6, Kalsium, Kalium, Fosfor, Vitamin C, Asam pantotenat, Magnesium dan gula alami ada di dalam buah mangga.

Manfaat Buah Mangga

Mencegah Jerawat

Manfaat pertama dari buah mangga adalah dapat mencegah jerawat. Menerapkan butir mangga ke kulit membantu membersihkan pori-pori dan mencegah komedo dan masalah jerawat. Ekstrak Mangga membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dengan menghilangkan semua bakteri di kulit Anda.

Selain itu, buah mangga adalah pelembab yang baik untuk kulit sensitif. Mangga Mentega bermanfaat bagi orang dengan kulit berminyak, melarutkan kelebihan minyak dan menyembuhkan bekas luka serta memberi nutrisi pada kulit Anda.

Menyehatkan Kulit

Buah mangga memiliki nilai gizi yang sangat tinggi karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Anda akan menemukan vitamin C, A, B6, E, K, beta-karoten, magnesium dan banyak lagi, yang selain menjaga kesehatan tubuh, juga dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Meredakan Radang Kulit

Mangiferin yang terdapat dalam biji dan buah mangga adalah antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan ini mengurangi peradangan karena jerawat dan kondisi kulit peradangan lainnya.

Mendorong Pembentukan Kolagen

Vitamin A dan C mendukung pemeliharaan sistem kekebalan tubuh melalui produksi protein kolagen. Protein kolagen adalah rantai asam amino yang membangun jaringan ikat di dalam tubuh.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Alpha Hydroxy Acid atau AHA pada buah mangga juga merupakan bahan kimia alami yang baik untuk kulit Anda. Bahan ini membantu menghilangkan kulit kusam dan kering serta menjadikannya lebih segar dan sehat.

Mencegah Kanker

Mangga mengandung sejumlah besar pektin, serat larut yang membantu menurunkan kolesterol darah secara efisien. Pektin juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat.

Penelitian di Institute for Food Research telah menunjukkan bahwa senyawa dalam pektin terkait dengan galektin 3 (protein yang memainkan peran penting dalam semua tahap kanker).

Penelitian kanker prospektif di Eropa juga meneliti hubungan erat antara konsumsi mangga dan pengurangan risiko kanker pada saluran pencernaan.

Membantu Menambah Berat Badan

Mengonsumsi buah mangga adalah salah satu cara termudah untuk menambah berat badan. 150 gram buah mangga memiliki sekitar 86 kalori yang dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, buah mangga mengandung pati, yang berubah menjadi gula dan berkontribusi terhadap penambahan berat badan. Buah mangga mempercepat penambahan berat karena mengandung susu.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat mangga berperan penting dalam menghilangkan masalah seperti gangguan pencernaan dan keasaman yang berlebihan. Enzim pencernaan yang terkandung di dalamnya meningkatkan pencernaan alami yang efisien. Bahan bioaktif dalam mangga seperti ester, terpene, dan aldehida membantu meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Menyembuhkan Anemia

Mangga kaya akan zat besi, yang membuat buah ini bermanfaat bagi penderita anemia. Penggunaan teratur dan dimoderasi dapat membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Tonik dari buah mangga dalam pengobatan herbal Tiongkok dikenal sebagai tonik Yin dan digunakan untuk mengobati anemia, pendarahan gusi, batuk, sembelit, mual, demam, mabuk laut, dan sebagai obat pencernaan ringan.

Menunda Penuaan

Manfaat mangga berkontribusi pada produksi protein kolagen dalam tubuh, karena mangga mengandung banyak vitamin A dan C. Kolagen melindungi pembuluh darah dan jaringan ikat tubuh dan memperlambat proses penuaan alami. Karena itu mangga dapat benar-benar disebut makanan anti-penuaan.

Mencegah Asma

Buah mangga memiliki pengaruh yang lebih kecil terhadap perkembangan risiko asma. Ini juga berlaku untuk orang yang mengonsumsi sejumlah nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta-karoten, yang terkandung dalam bahan aktif buah lainnya seperti pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu dan wortel.

mencegah Degenerasi Makula

Mangga mengandung antioksidan zeaxanthin, yang diyakini memainkan peran perlindungan dalam kesehatan mata dan untuk mencegah kerusakan degenerasi makula. Telah ditunjukkan bahwa konsumsi mangga secara teratur mengurangi risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

Mengatasi Diabetes

Mangga memiliki kandungan glikemik yang relatif rendah, sehingga makan mangga dalam jumlah besar tidak meningkatkan kadar gula. sehingga tidak membahayakan penderita diabetes.

Mencegah Penyakit Jantung

Konsumsi mangga secara teratur dikatakan membantu menangkal penyakit jantung. Hal Itu karena mangga mengandung serat, kalium dan vitamin. Campuran senyawa yang baik sangat berguna untuk kesehatan organ jantung Anda.

Mengontrol Kolesterol

Kandungan vitamin C dan serat dalam buah mangga dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol jahat adalah penyebab utama berbagai penyakit kronis. Untuk menghindari hal ini, Anda harus mengkonsumsi mangga secara teratur.

Demikianlah pembahasan tentang buah mangga semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya