16 Manfaat Buah Bidara dan Kandungan Buah Bidara

Posted on

Buah Bidara – Bidara atau dalam bahasa Latin disebut Ziziphus Mauritiana, termasuk tanaman herbal dan umumnya tumbuh di daerah kering. Di berbagai daerah, Bidara disebut dengan nama lain, misalnya masyarakat Sumba menyebutnya Kalangga. Bidara tidak hanya tumbuh subur di Indonesia dan tumbuh di banyak negara di dunia.

Buah bidara banyak digunakan dan dijadikan sebagai barang konsumsi oleh orang-orang dari berbagai kalangan. Tidak hanya enak dimakan atau diminum, manfaat buah Bidara juga sangat beragam terutama di bidang kecantikan dan kesehatan. Jadi jangan heran, ketika permintaannya meningkat. Tentu saja, ini karena kandungan zat alami.

Buah-Bidara
Buah Bidara

Kandungan Buah Bidara

Diketahui bahwa khasiat yang terkandung dalam buah Bidara sangat diminati oleh masyarakat luas, terutama di Indonesia. Namun demikian, sangat sedikit yang tahu zat mana yang terkandung dalam buah. Karena itu, kandungan zat dalam buah Bidara segar akan dibahas secara rinci di bawah ini.

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B1: 0,02-0,024 mg atau sama dengan -2%
  3. Vitamin B2: 0,02 – 0,38 mg atau sama dengan -3%
  4. Vitamin B3: 0,7 – 0,873 mg atau sama dengan -5%
  5. Kalsium: 25,6 mg atau 3%
  6. Zat Besi: 0,76-1,8 mg atau sama dengan -14%
  7. Fosfor: 26,8 mg atau 4%
  8. Energi: Buah Bidara segar mengandung 2.476 kJ (529 kkal) energi
  9. Karbohidrat: Kandungan karbohidrat dalam buah bidara adalah 17 gr
  10. Gula: kadar gula 5,4 – 10,5 gr
  11. Lemak: 0,07 gr
  12. Protein: 0,8 gr
  13. Serat: 0,60 gr
  14. Air: 81,6 – 83,0 g
  15. Beta karoten
  16. Fosfor

Manfaat Buah Bidara

Mengobati Diabetes

Kandungan daun Bidara adalah salah satu yang memiliki indeks glikemik sangat rendah. Di mana glikemik merupakan kandungan gula dalam jenis makanan yang bisa menghambat peningkatan kadar darah. Inilah yang membuat buah Bidara sangat cocok untuk menyembuhkan diabetes. anda dapat mengolahnya dengan 3-5 buah dan rendam dalam air panas dalam segelas air panas.

Menjaga Kesehatan Tulang

Memang telah terbukti bahwa kandungan mineral kalsium dalam buah bidara dapat menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungannya juga sangat bagus untuk membuat gigi kuat dan tampak putih. Semakin sering mengonsumsi buah Bidara membuat gigi kita sehat dan tidak dapat lepas dengan mudah, terutama sejak usia 50 tahun. Di mana kesehatan gigi perlu dirawat sejak dini.

Menyembuhkan Luka

Manfaat selanjutnya dari buah Bidara adalah penyembuhan luka. Buah bidara mengandung zat antiinflamasi. Dimana dengan adanya zat-zat ini daun buah Bidara memiliki kemampuan menyembuhkan luka. Kemudian, anda dapat menghancurkan atau menumbuk daun bidara sebelum menerapkannya pada bagian yang terluka. Bahkan daun Bidara juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar ringan.

Sumber Energi

Rasa manis buah Bidara adalah karena mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah kehadiran vitamin C, yang juga meningkatkan daya tahan tubuh. Karena itu, sangat cocok untuk mengonsumsi buah ini ketika tubuh merasa lelah. Juga, kandungan energi yang luar biasa ini sangat baik untuk digunakan ketika pulih dari penyakit.

Melancarkan Peredaran Darah

Diyakini bahwa kandungan vitamin dan mineral, yang sangat banyak terkandung dalam manisnya buah Bidara, memungkinkan buah ini meningkatkan sirkulasi darah. Di mana dengan adanya vitamin, beta-karoten, protein, zat besi, karbohidrat dan zat lain dapat menjadi bukti nyata bahwa buah ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Memperkuat Tulang

Kandungan buah bidara dengan mineral kalsium sangat cocok untuk memperkuat tulang. Buah Bidara juga sangat cocok untuk penderita osteoporosis, kemudian buah Bidara disiapkan sebagai minuman dan dicampur dengan es. Kandungan kalsium dari buah Bidara tidak diragukan lagi sangat baik untuk kekuatan Tulang.

Mencegah Kanker

Dipercayai bahwa Buah bidara dapat mencegah kanker dimana dengan mengkonsumsi buah bidara dan dijadikan minuman ini dapat menangkal virus yang menyebabkan sel kanker dalam tubuh.

Menyehatkan Lambung

Telah dipercaya bahwa buah Bidara memiliki rasa asam untuk menyembuhkan penyakit lambung. Dipercayai bahwa beberapa penyakit perut seperti gastritis dan asam lambung disembuhkan dengan minuman buah Bidara.

Mencegah Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini tampaknya menjadi momok yang sangat menakutkan bagi setiap orang dewasa. Bahkan penyakit ini dapat membuat orang merasa tertekan dan tidak percaya diri lagi. Buah bidara dipercaya sebagai obat ejakulasi dini. nantinya, daun buah Bidara dimasak dan diminum setelah dingin untuk mengobati dan mencegah ejakulasi dini.

Tingkatkan Nafsu Makan

Diyakini bahwa nafsu makan yang menurun membuat tubuh sangat lemah, karena tidak memiliki asupan makanan yang baik. Ketika tubuh merasa kehilangan nafsu makan, ia harus pulih dengan cepat. Salah satunya dengan mengonsumsi ekstrak buah Bidara untuk menambah nafsu makan.

Mencegah Radikal Bebas

Manfaat selanjutnya buah Bidara adalah dapat membantu melawan radikal bebas. Ini karena buah ini mengandung antioksidan yang sangat penting dalam mencegah radikal bebas yang masuk ke tubuh manusia.

meningkatkan Kinerja Otak

Khasiat buah Bidara sebenarnya dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Ini karena buah ini dapat memasok otak dengan nutrisi, sehingga otak menjadi lebih sehat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pikiran. Selain itu, aliran darah ke otak juga lebih lancar untuk mencegah kepikunan dini.

Meredakan Sakit Maag

Penggunaan buah Bidara juga bisa mengatasi maag. Untuk menghilangkan rasa sakit dan kembung yang disebabkan oleh maag, Anda bisa mengonsumsi buah ini secara teratur. Ini karena buah ini memiliki senyawa yang dapat mengurangi keasaman di perut Anda.

Melancarkan Sistem Pernafasan

Buah bidara juga dapat memperlancar pernapasan Anda karena mengandung beta-karoten dan vitamin C. Asupan senyawa ini dapat meningkatkan kesehatan paru-paru dan meredakan masalah pernapasan, sehingga pernapasan bisa menjadi lebih lancar.

Antioksidan

Kandungan manfaat antioksidan dalam buah Bidara baik untuk mencegah datangnya radikal bebas. Radikal bebas adalah penyebab penyakit yang bisa datang dari mana saja, bahkan dari udara yang kita hirup setiap hari. Radikal bebas juga merupakan salah satu kanker yang harus diwaspadai.

Mengatasi Gangguan Mulut

Sariawan, gusi berdarah, bibir pecah-pecah adalah beberapa jenis masalah mulut yang dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena kebersihan mulut yang buruk. buah bidara dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan mulut.

Demikianlah pembahasan tentang buah bidara semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: