10 Manfaat Batang Pisang Bagi Kesehatan

Posted on

Batang Pisang – Batang pisang adalah salah satu tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini menjadi favorit banyak orang, karena kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin C, serat, kalium, vitamin B6 dan mangan.

Namun, bukan hanya buah yang bermanfaat. Bagian lain dari pohon pisang seperti batang pisang, yang juga baik untuk kesehatan Anda.

Batang-Pisang
Batang Pisang

Akhir-akhir ini, banyak orang menggunakan batang pisang untuk menjadikannya sebagai jus. Batang pisang rendah kalori tetapi mengandung banyak serat. Ini sangat penting untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Kandungan serat dalam batang pisang juga memperlambat pelepasan gula dan lemak yang disimpan dalam sel-sel tubuh, membantu menghilangkan lemak dari tubuh.

Manfaat Batang Pisang

Menurunkan Berat Badan

Batang pisang membantu menjaga berat badan. Kandungan seratnya sangat tinggi sehingga perut terasa kenyang selama berjam-jam. Selain itu, batang pisang memperlambat pelepasan gula dan lemak dalam aliran darah, yang juga memfasilitasi pergerakan usus.

Mengatasi Batu Ginjal

Mencampur jus jeruk nipis dengan jus batang pisang adalah metode yang efektif untuk mengendalikan batu ginjal. Kandungan kalium dan sifat diuretik dalam batang pisang dan asam sitrat dalam jeruk nipis dapat bekerja sama untuk menghentikan pembentukan kalsium atau benjolan kristal dari ginjal.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Batang pisang sangat efektif dalam pengobatan infeksi saluran kemih. Kandungan vitamin B6 dan potasium serta sifat diuretiknya membantu melawan infeksi saluran kemih.

Menjaga Kadar Gula Darah

Jus batang pisang sangat baik untuk penderita diabetes karena tidak mengandung gula dan indeks glikemik yang rendah. Karena itu, jus ini tidak meningkatkan kadar gula darah.

Mencegah hiperasiditas

Jus batang pisang dapat mengatasi mulas dan hiperasiditas. Ini karena kandungan batang pisang mengatur keasaman dalam tubuh. Waktu terbaik untuk minum jus pisang adalah ketika perut kosong.

Mengatasi Sembelit

Batang pisang kaya serat dan memiliki efek pencahar pada sembelit. Untuk meringankan sembelit, Minum jus batang pisang untuk asupan serat maksimum tanpa menyaringnya.

Mencegah Anemia

Jus batang pisang meningkatkan kandungan hemoglobin dalam tubuh. Ini karena batang pisang kaya akan zat besi dan vitamin B6. Ciri-ciri tersebut membuat batang pisang penting bagi penderita anemia.

Mengatasi Asam Lambung

Batang pisang juga bisa dibuat jus untuk asam lambung. Ramuan alami ini efektif dalam mengendalikan keasaman dalam tubuh. Minum jus ini untuk asam lambung atau panas karena gangguan asam lambung.

Detoksifikasi

Batang pisang juga cocok untuk detoksifikasi untuk menghilangkan racun dari tubuh. Batang pisang juga kaya serat sehingga membantu pencernaan.

Membersihkan Darah Kotor

Darah kotor adalah pemicu atau dapat menyebabkan banyak penyakit. Tak sedikit masalah kesehatan seperti alergi kulit, jerawat atau gatal-gatal pada kulit akibat darah kotor.

Nah, untuk mengatasinya, cukup buat jus dari batang pisang dengan madu. Batang pisang ternyata mengandung mineral penting yang efektif membersihkan darah kotor.

Demikianlah pembahasan tentang batang pisang semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya