17 Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan

Posted on

Daun Mimba – Daun intaran atau Daun mimba yang disebut dalam bahasa Inggris disebut neem tree, adalah tanaman yang memiliki jutaan keunggulan. Tidak hanya daunnya, ternyata pohon mimba ini dari kulitnya, biji, akarnya, bunga dan buahnya bisa digunakan untuk kesehatan.

Tanaman Mimba yang memiliki nama latin Azadirachta indica, adalah tanaman yang biasa ditemukan di negara-negara tropis seperti India, Pakistan dan Indonesia.

Daun-Mimba
Daun Mimba

Tumbuhan ini ditemukan di hampir semua wilayah. Hampir semua bagian pohon nimba memiliki khasiat obat. Seringkali bagian dari tanaman Mimba digunakan sebagai ekstrak, minyak atau direbus kemudian diambil airnya.

Manfaat Daun Mimba

Mengatasi Jerawat

Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat di wajah, bahan alami daun mimba ini bisa menjadi solusinya. Diyakini bahwa daun mimba menghilangkan jerawat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memasak daun mimba. Tunggu air rebusan menjadi dingin dan kemudian cuci wajah dengan air rebusan tersebut. Anda bisa melakukannya secara teratur.

Melembabkan Kulit

Kulit kering adalah salah satu masalah yang sering mempengaruhi penampilan. Daun nimba juga bisa digunakan sebagai masker untuk melembabkan kulit agar tidak mengering. Caranya adalah, Anda bisa mencampurkan daun nimba dengan mencampurkan rebusan daun nimba dengan jeruk, madu, yogurt dan susu kedelai. Masker ini bisa dioleskan ke wajah Anda tiga kali seminggu.

Mengecilkan Pori-pori Kulit

Pori-pori kulit sering menyebabkan masalah pada wajah. Untuk mengatasi masalah pori-pori kulit yang besar, daun mimba dapat digunakan sebagai masker wajah. Pori-pori wajah kecil mencegah jerawat dan flek hitam pada wajah. Sehingga tampilan dan kesehatan wajah tetap terjaga.

Melembabkan Rambut

Daun mimba tidak hanya merawat kecantikan wajah, tetapi juga kelembaban rambut. Sebagai mahkota, terutama bagi wanita, penting untuk memiliki rambut yang sehat dan terawat. Salah satunya adalah menjaga kelembaban rambut. caranya Mudah yaitu dengan merebus daun nimba dengan air dan madu bersama. Campuran ini dapat digunakan sebagai kondisioner alami.

Mengatasi Ketombe

Ketombe juga merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi banyak orang. Rasa gatal pada kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe, tentu saja, adalah hal yang cukup myebalkan. Jika dengan pencuci rambut Anda biasanya tidak membantu menghilangkan ketombe, coba gunakan bahan-bahan alami, yaitu, daun mimba, yang mengandung zat antijamur dan antibakteri yang dapat mengatasi masalah ketombe.

Mengatasi Kerontokan Rambut

Rambut rontok adalah masalah umum yang sering terjadi, tetapi jika lebih banyak rambut rontok dan menipis, hal itu bisa menyebabkan kebotakan jika parah dan tidak segera diobati. Kekurangan nutrisi untuk rambut menyebabkan hal ini. Untuk menjaga rambut agar lebih kuat, daun Mimba bisa menjadi pilihan. Kandungan alami daun mimba dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menjadi lebih kuat.

Memelihara Kesehatan Mulut

Menjaga kebersihan mulut adalah hal penting dalam mendukung kesehatan dan penampilan. Tetapi pada mulut, beberapa masalah terjadi, seperti gusi berdarah, bau mulut dan plak. Kandunga daun mimba berkhasiat untuk menjaga kesehatan mulut dan beberapa masalah mulut lainnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba menggunakan produk pasta gigi dengan bahan daun mimba.

Memutihkan Gigi

Tentu saja, gigi kuning dapat memengaruhi kepercayaan diri. Ada banyak cara untuk memutihkan gigi untuk mendukung penampilan yang menarik. Salah satunya dengan cara alami dengan bahan alami, yaitu daun mimba. Adanya pasta gigi dari daun mimba bisa menjadi solusi untuk membuat gigi cemerlang.

Mengatasi Demam

Jika Anda demam, kebanyakan orang khawatir dan mengonsumsi obat antipiretik atau asetaminofen. Sebagai alternatif alami untuk daun mimba, demam dapat diatasi dengan salah satu metode memasak tradisional yang direkomendasikan sekitar 10 gram daun mimba yang telah dicuci terlebih dahulu. Rebus segelas air selama sekitar lima belas menit. Setelah air rebusan dingin dan disaring bisa diminum.

Mengobati Masuk Angin

Masuk angin bukan masalah kecil. Masalah kesehatan yang satu ini bisa sangat mengganggu jika tidak diobati. Apakah Anda ingin mencoba alternatif herbal alami? Juga dipercaya bahwa daun Mimba mengobati masuk angin. Untuk pengobatan masuk angin, disarankan memasak daun mimba kering dan rimpang jahe sampai mendidih, lalu saring dan minum airnya.

Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Konsumsi antioksidan alami yang ditemukan dalam buah-buahan atau tanaman obat lainnya bisa sangat sehat. Beberapa tanaman obat mengandung antioksidan tinggi salah satunya daun mimba.

Mengobati Malaria

Hanya karena gigitan makhluk kecil bernama nyamuk dapat menyebabkan penyakit yang cukup serius, yaitu malaria. Pengobatan malaria ini telah lama diobati dengan daun mimba. Bukan tanpa alasan, daun mimba bermanfaat dalam pengobatan malaria. Ini karena daun nimba mengandung senyawa Gedunin, yang efektif dalam pengobatan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Mengobati Diabetes

Diabetes adalah ancaman serius bagi kesehatan manusia. Diperkirakan jumlah penderita diabetes akan terus meningkat di masa mendatang. Di antara berbagai jenis obat-obatan, kehadiran daun nimba memperkaya khasiat obat herbal alami. Daun mimba menjadi alternatif yang layak dicoba untuk mengobati diabetes. Daun nimba efektif dalam pencegahan diabetes karena mengandung sifat yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah.

Antibakteri

Sejumlah bakteri berbahaya dapat menyebabkan berbagai penyakit yang memengaruhi kesehatan tubuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan daun mimba yang bisa diubah menjadi daun ramuan antibakteri yang bisa mencegah infeksi dan mencegah pemicu penyakit terkait bakteri. Studi oleh Zenenda, Ria Carolina (2007) menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun mimba bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli.

Antikanker

Kanker adalah penyakit berbahaya yang merupakan penyebab utama kematian. Salah satu upaya untuk mencegah ini adalah dengan menggunakan ekstrak daun mimba yang memiliki sifat anti kanker yang membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker. Penggunaan ramuan herbal alami adalah alternatif lain untuk mencegah dan mengobati kanker dengan biaya yang relatif rendah dan dalam upaya untuk meminimalkan efek samping.

Meningkatkan Nafsu Makan

Tidak hanya jahe, tetapi juga salah satu khasiat daun mimba dapat meningkatkan nafsu makan. Anda bisa rutin mengkonsumsinya dengan memasak setiap hari. Dengan cara ini, nafsu makan Anda akan meningkat secara perlahan dan alami.

Menyembuhkan Luka

Daun nimba juga bisa menjadi alternatif untuk betadine, yang efektif dalam perawatan luka luar seperti memar atau goresan. Anda melakukan ini dengan menggunakan daun air matang untuk mencuci dan membersihkan bagian yang terluka.

Selain itu, asam folat pada daun Mimba dengan sifat antibakteri juga dapat mengobati penyakit kudis, kurap atau kondisi kulit lainnya dengan mengonsumsi air matang dua kali sehari.

Demikianlah pembahasan tentang daun mimba semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: