15 Manfaat Bawang Bombay dan Kandungan Bawang Bombay

Posted on

Bawang Bombay – Dikenal sebagai salah satu bumbu makanan, bawang juga bisa digunakan untuk mendukung kesehatan tubuh. Selain aromanya yang kuat, bawang bombay juga mengandung banyak manfaat kesehatan. Apa manfaat bawang bombay yang bisa Anda dapatkan?

Zat yang terkandung dalam bawang bombay membuat makanan ini bermanfaat bagi tubuh. Beberapa klaim tentang manfaat bawang bombay yang sering digunakan sebagai bahan untuk berbagai upaya pengobatan, termasuk: mengatasi masalah pencernaan, mengobati masalah jantung dan pembuluh darah, mengobati sakit tenggorokan dan sakit mulut.

Bawang-Bombay
Bawang Bombay

Kandungan Bawang Bombay

Sebelum Anda mengetahui manfaat bawang bombay, perlu diketahui bahwa bawang bombay adalah makanan rendah kalori yang kaya antioksidan, mineral, dan vitamin.

Sekitar 10 persen dari kebutuhan harian untuk vitamin C, vitamin B6 dan mangan tercukupi oleh mengkonsumsi bawang bombay. Selain itu, bahan ini juga mengandung magnesium, asam folat, fosfor, kalium, sulfur, zat besi, quercetin antioksidan dan kalsium.

Manfaat Bawang Bombay

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan kuersetin dalam bawang bombay telah memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda melawan radikal bebas. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau sudah tercampur dalam sajian sup.

Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang bombay memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, diyakini bahwa khasiat bawang bombay juga menjaga tekanan darah, sehingga mengurangi risiko serangan jantung.

Ini karena kandungan potasium dalam bawang bombay, yang mengurangi tekanan darah. Quercetin adala jenis flavonoid dalam bawang bombay , juga membantu kalium menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Quercetin dalam bawang bombay juga dapat membantu mencegah pembentukan plak di arteri, sehingga mengurangi risiko stroke. Karena sebagian besar penelitian berfokus pada hewan, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami manfaat bawang bombay pada manusia.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Satu studi menunjukkan bahwa menggunakan jus bawang bombay selama setidaknya 2 bulan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang mengalami kerontokan rambut. Namun, temuan ini membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes yang ingin menurunkan kadar gula, Anda harus makan bawang bombay di masing-masing makanan Anda tiga kali sehari selama 2 bulan. Namun, temuan tersebut belum didukung oleh bukti ilmiah yang memadai.

Mengatasi Kanker

Diyakini bahwa bawang bombay dengan kandungan vitamin C yang kaya membantu mengatasi radikal bebas penyebab kanker. Satu studi menemukan bahwa bawang bombay mengurangi resistensi insulin dan hiperglikemia pada pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi.

Menjaga Tekanan Darah

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi dan mengonsumsi produk-produk yang mengandung bawang bombay dan bahan-bahan lain seperti vitamin E dan C selama setidaknya satu minggu, hal ini dapat menurunkan tekanan darah atas (sistolik) tetapi bukan tekanan darah diastolik (di bawah).

Mengatasi Masalah Tenggorokan

Beberapa orang mengklaim bahwa bawang bombay memiliki kemampuan untuk mengatasi sakit perut, bronkitis, pembengkakan mulut dan tenggorokan. Selain itu, makan bawang bombay dapat mengurangi risiko berbagai kanker.

Selain itu, diyakini bahwa kandungan quercetin dalam bawang bombay dapat mengendurkan otot-otot saluran pernapasan, sehingga sangat membantu untuk mengurangi gejala asma.

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Serat dalam bawang bombay memastikan bahwa sistem pencernaan bekerja dengan baik. Bawang bombay mengandung jenis serat khusus yaitu serat larut yang disebut oligofructose. Serat ini meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus. Oligofructose juga diperlukan untuk pencegahan dan pengobatan diare. Sementara itu, phytochemical dalam bawang bombay juga dapat menurunkan risiko sakit maag.

Memperbaiki Mood

Diyakini juga bahwa manfaat bawang bombay membantu menciptakan suasana hati yang positif. Ini karena kandungan bawang bombay dapat mencegah kelebihan homocysteine, yang dapat mengganggu produksi hormon yang menghasilkan perasaan nyaman, yaitu serotonin, norepinefrin, dan dopamin. Tiga jenis hormon ini baik untuk memungkinkan istirahat yang tepat.

Selain itu, diyakini bahwa kandungan folat yang terkandung dalam bawang bombay juga membantu mengurangi depresi.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Diyakini juga bahwa kandungan vitamin C dalam bawang bombay memastikan kesehatan kulit dan rambut. Sementara kandungan asam folat dapat membantu mengurangi depresi dengan mencegah terbentuknya homocysteine ​​dalam tubuh. Homocysteine ​​dapat menghambat aliran darah dan nutrisi otak.

Menjaga Kesehatan Tulang

Satu studi menemukan bahwa konsumsi bawang bombay setiap hari dapat meningkatkan kepadatan tulang pada wanita yang telah memasuki atau telah menyelesaikan menopause.

Memenuhi Nutrisi

Bawang bombay dapat digunakan sebagai suplemen multivitamin karena nutrisi lengkapnya. Selain itu, bawang bombay mengandung sedikit kalori dan sangat cocok untuk menjaga kesehatan. Vitamin C, B6, B9, dan potasium, yang terkandung dalam bawang bombay, menawarkan banyak manfaat dalam mempercepat proses penyembuhan penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menyerap zat besi, dan berbagai manfaat lainnya.

Sumber Antioksidan

Antioksidan sangat penting untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh dengan oksidasi, dan berisiko terhadap penyakit mematikan lainnya. Bawang bombay mengandung 25 jenis antioksidan flavonoid, yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Secara khusus, bawang bombay berwarna merah atau ungu bahkan mengandung anthocyanin, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Menekan Efek Einogenik

Sinogenik adalah efek yang dapat disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam manfaat bawang bombay dapat digunakan sebagai penekan efek sinogenik.

Mencegah Sembelit

Salah satu manfaat kesehatan bawang bombay adalah dapat membantu mencegah sembelit. Dengan bawang bombay yang kaya serat, sembelit bisa dicegah. Manfaat serat dalam bawang bombay lebih besar daripada manfaat bawang merah.

Demikianlah pembahasan tentang bawang bombay semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya