15 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Posted on

Buah Belimbing – Kesehatan adalah nomor satu bagi sebagian orang. Memiliki kekayaan yang melimpah dan kebutuhan yang mencakup semua tampaknya tidak ada artinya jika kesehatan tidak dipertahankan. Untuk menjaga kesehatan Anda sendiri, ternyata hanya diperlukan disiplin. Jauhkan dari rokok dan alkohol seperti yang biasa Anda lakukan dan konsumsi makanan yang berhubungan dengan diet.

Selain sayuran, buah-buahan juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah-buahan sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, pada kenyataannya masih banyak orang yang meremehkan kebiasaan makan dengan mengonsumsi buah setiap hari.

Khasiat-Buah-Belimbing
Khasiat Buah Belimbing

Banyak khasiat yang bisa diambil dari masing-masing buah. Sebut saja belimbing, yang sepertinya memiliki banyak manfaat jika Anda bisa mengkonsumsinya secara teratur. Apa manfaat belimbing bagi tubuh? Ini informasinya.

Manfaat Buah Belimbing

Anti Inflamasi

Manfaat pertama buah belimbing adalah pengurangan risiko peradangan akibat radikal bebas. Hal ini karena belimbing mengandung antioksidan flavonoid. Selain itu, manfaat buah belimbing lainnya adalah, berkat kandungan vitamin C-nya, mereka mendukung proses penghilangan racun dalam tubuh.

Sebagai hasilnya, Anda dapat melawan peradangan yang lebih baik yang dapat mempengaruhi kesehatan pembuluh darah, tulang, atau bahkan pada tingkat sel dan jaringan.

Menyehatkan Jantung

Manfaat tak terduga dari buah belimbing adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dan natrium dipercaya membantu menjaga tekanan darah normal.

Selain itu, fungsi otot tubuh, seperti otot-otot di jantung, juga didukung oleh kadar natrium dan magnesium. Hasilnya, jantung menjadi lebih sehat.

Anti Kanker

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, manfaat belimbing bahwa tubuh dapat menopang berbagai radikal bebas dan zat karsinogenik dalam tubuh. Juga diyakini bahwa konsumsi rutin belimbing secara signifikan mengurangi risiko kanker usus.

Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan pati dipercaya tidak hanya menghilangkan racun tetapi juga memiliki efek pada kulit. Efek positifnya membuat kulit lebih sehat, lebih lem dan mencegah munculnya keriput jerawat.

Mendukung Produksi ASI

Bagi ibu yang kesulitan memberikan ASI kepada anak-anaknya, tidak ada salahnya mengonsumsi belimbing. Ternyata manfaat belimbing dapat membantu ibu menghasilkan ASI setelah persalinan. Sejumlah nutrisi yang baik dalam belimbing adalah: kalori, karbohidrat, mineral, kalsium dan zat besi.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah belimbing ini sangat bermanfaat bagi anda yang didiagnosis dengan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Khasiat buah belimbing dipercaya memiliki efek penurun kolesterol karena dapat meningkatkan penghilangan kolesterol, asam empedu dan lipid oleh kotoran. Selain itu, serat dalam buah belimbing berkontribusi untuk menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.

Menjaga Kadar Gula

Jumlah serat yang tinggi dalam buah belimbing mendukung penyerapan glukosa dan memperlambat difusi glukosa ke dalam aliran darah. Hal ini membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

Harap dicatat bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi (GI), seperti nasi putih dan roti, dapat dengan mudah menyebabkan peningkatan gula darah dan kadar insulin pada penderita diabetes saat dikonsumsi. Dengan memakan belimbing, kandungan insulin dan gula darah diserap lebih lambat ke dalam aliran darah.

Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Mengkonsumsi belimbing dalam bentuk jus atau smoothie dapat membantu menghilangkan lemak dari kontaminasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Mengatasi Maag

Manfaat belimbing lainnya dapat digunakan untuk meredakan masalah perut seperti maag. Selain itu, diketahui bahwa daun belimbing dan ekstrak buahnya bertindak anti ulkus karena mengandung terpenoid, flavonoid dan lendir.

Kandungan lendir dalam buah belimbing membentuk lapisan pada mukosa gastrointestinal dan dengan demikian membantu mencegah kerusakan akibat gastritis (suatu kondisi di mana mukosa lambung teriritasi).

Sementara itu, kandungan serat dalam buah belimbing dapat menstimulasi gerak peristaltik tubuh dan mencegah asam lambung. Manfaat terus-menerus dari belimbing menyebabkan masalah pencernaan seperti pencegahan sembelit.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang menjalankan program penurunan berat badan, sepertinya Anda perlu menambahkan belimbing ke daftar asupan yang perlu dikonsumsi. Buah belimbing berukuran sedang mengandung 9 gram karbohidrat dan 3 gram serat.

Meningkatkan Imunitas

Setiap hari, tubuh harus mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tertentu. Nah, belimbing dapat mencukupi kebutuhan vitamin C. Buah belimbing dapat berkontribusi 50 persen dari vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menjaga Tekanan Darah

Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi, Buah belimbing aman untuk dikonsumsi. Sebaliknya, hal ini sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi, karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi ketika dikonsumsi secara teratur dalam bentuk jus. Namun, tidak dianjurkan bagi pasien ginjal untuk mengkonsumsi buah ini karena dapat memberikan dampak buruk.

Merangsang Produksi ASI

Mungkin tidak semua orang tahu tentang manfaat belimbing pada ibu menyusui. Ternyata kandungan belimbing dapat merangsang produksi ASI dan melancarkan kelenjar susu tersumbat pada ibu muda. Misalnya, ibu menyusui bisa makan belimbing.

Meningkatkan Kepadatan Tulang dan Gigi

Kandungan zat besi, magnesium, fosfor, seng dan juga kalsium dalam belimbing dapat meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Jadi buah belimbing ini cocok untuk pencegahan penyakit tulang seperti osteoporosis dan radang sendi.

Mengobati Sariawan

Tidak perlu diragukan lagi. Selain serat makanan, belimbing juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tentu saja kita semua tahu bahwa vitamin C sangat berguna dalam pengobatan sariawan. Jadi jangan lupa konsumsi belimbing saat terkena sariawan.

Demikianlah pembahasan tentang Buah Belimbing semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: