20 Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan

Posted on

Daun Dewa – Daun dewa memiliki bunga majemuk dengan kelopak hijau dalam bentuk cawandan benang sari kuning dalam bentuk jarum yang tumbuh di ujung tangkai.

Daun pada tanaman daun dewa memiliki panjang sekitar 20 cm dan lebar sekitar 10 cm, memiliki batang, bentuk daunnya bulat lonjong berdaging lancip, memiliki rambut lurus dan berlekuk di tepinya serta memiliki warna hijau keunguan.

Manfaat-Daun-Dewa
Manfaat Daun Dewa

Daun dewa (Gynura divaricata) adalah tanaman yang daunnya banyak digunakan dalam pengobatan atau biasa disebut tanaman herbal.

Minum jamu sudah menjadi kebiasaan pada masyarakat Indonesia. Salah satu tanaman yang biasa digunakan sebagai obat herbal adalah daun dewa, yang memiliki nama Latin Gynura procumbens atau sambung nyawa dalam bahasa melayu.

Manfaat Daun Dewa

Mengobati Stroke

Merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena kerusakan jaringan di otak sebagai akibat dari penyumbatan pembuluh darah yang bertanggung jawab untuk mengirimkan darah ke otak. Gangguan ini membutuhkan perhatian medis segera atau perawatan alternatif lainnya. Manfaat daun dewa dapat menjadi cara pengobatan alternatif untuk mengatasi gangguan stroke, Caranya:

  1. Dengan meminum ramuan yang dibuat dari tumbukan umbi dari tanaman daun Dewa dicampur dengan beberapa butir biji gingko dan sedikit madu. Atau Anda dapat memasukkan hasil tumbukan umbi dan gingko ke dalam kapsul dan kemudian diminum secara teratur selama 1 hingga 2 bulan.
  2. Bisa juga diminum olahan rebusan daun tanaman ini secara rutin 2 kali sehari.

Mengobati Rematik

Rematik atau yang biasa disebut dengan asam urat, adalah gangguan kesehatan yang terjadi pada persendian. Untuk mencegah gangguan ini, kita harus makan makanan dengan karbohidrat kompleks, kadar protein sedang, dan rendah lemak. Untuk pengobatan gangguan ini dapat dilakukan dengan konsumsi rutin persiapan mulai dari perebusan daun tanaman daun dewa. Atau bisa juga rebusan daun tanaman ini, dicampur dengan manfaat jahe merah, serta akar sawi langit.

mengobati Diabetes

Diabetes atau yang biasa dikenal dengan kencing manis terjadi karena kadar gula darah yang terlalu tinggi. Ini adalah kondisi serius yang memerlukan perhatian medis segera. Telah terbukti bahwa sifat hipoglikemik dalam daun dewa dapat membantu mengurangi kadar gula ini. Caranya adalah dengan minum setidaknya sekali sehari herbal yang berasal dari rebusan tanaman daun dewa.

Mengobati Penyakit Jantung

Kita tahu bahwa penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu, terutama pada orang dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan aliran darah ke jantung, meski hanya sesaat. Faktor penyebabnya terhadap hal ini mungkin pecandu rokok, alkohol, obesitas, kurang istirahat atau kurang aktivitas fisik (olahraga). Cara alami untuk mengurangi risiko penyakit ini adalah dengan secara rutin mengkonsumsi ramuan umbi daun dewa, yang dicincang dan diseduh dengan air setiap sore.

Mengobati Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis yang disebabkan oleh peningkatan tekanan darah di arteri. Pengobatan biasanya dengan minum obat antihipertensi. Namun tahukah Anda bahwa pada tanaman daun dewa juga mengandung sifat hipotetis yang dapat menurunkan tekanan darah?

Perawatan ini tidak hanya alami, tetapi juga relatif aman. Caranya adalah dengan meminum rebusan beberapa daun tanaman dewa hingga dua kali sehari setelah makan. Atau bisa juga digunakan sebagai Lalapan.

Mengobati Kanker

Sifat sitotastik pada daun dewa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, cara menggunakannya untuk mengkonsumsi herbal atau rebusan tanaman daun dewa yang dicampur dengan temu putih dan jombang.

Mengobati Pendarahan atau Pembengkakan Payudara

Gangguan ini bisa menimbulkan perasaan nyeri pada payudara. Ini terjadi karena berbagai faktor seperti pubertas, menstruasi, kehamilan, menyusui, menopause dan penggunaan alat kontrasepsi. Cara pengobatannya cukup sederhana, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun tanaman daun dewa sebanyak ½ gelas sehari sekali.

Mengobati Luka

Hasil tumbukan daun dewa, yang telah dicampur dengan sedikit gula merah sehingga teksturnya menyerupai salep, dapat digunakan sebagai obat untuk luka seperti luka bakar atau goresan. Oleskan salep ke bagian yang sakit dan gabungkan dengan kain bersih. Selain itu, khasiat tanaman ini juga bisa mengobati memar. Caranya adalah dengan menerapkan hasil tumbukann beberapa daun dewa dicampur dengan beberapa lembar daun jarak pada luka memar.

Mengobati Gigitan Binatang Buas

Jika kita digigit binatang buas, kita tidak perlu panik. Ambil beberapa umbi daun dewa, hancurkan dan tempelkan ke luka gigitan. Jangan lupa menggunakan perban.

Mengobati Kutil

Kutil adalah istilah lain untuk papilloma, yang merupakan tumor jinak pada kulit yang disebabkan oleh penebalan berlebihan pada lapisan luar kulit. Cara alami untuk mengobatinya adalah dengan menumbuk beberapa daun dewa dan kemudian menempatkannya pada kutil menggunakan plester. Atau Anda bisa memotong daun tanaman sedikit lebih lebar dan kemudian mengoleskan kutil dengan plestersebagai perekat.

Mengobati Ganglion

Secara anatomis, ganglion adalah benjolan jaringan biologis yang dibentuk oleh sel-sel saraf dalam tubuh. Ganglion adalah jenis kista yang biasanya terjadi pada tangan atau kaki. Cara Mengobati Ganglion Secara Alami adalah dengan rutin mengonsumsi manfaat daun Dewa setiap hari. Misalnya, Sebagai Lalapan.

Mengobati Batuk dan Muntah Darah

Penyakit pernapasan seperti batuk sering terjadi. Tapi batuk, disertai muntah darah, harus sangat kita waspadai. Ini bisa mengindikasikan gangguan serius pada kesehatan kita. Untuk mengatasinya, gunakan khasiat daun dewa sebagai jamu untuk mengobatinya.

Caranya adalah minum daun dewa tiga kali sehari, secara rutin setengah gelas. hal Itu juga bisa menghentikan pendarahan selama kehamilan.

Mengobati Kejang pada Anak-anak

Jika seorang anak mengalami demam tinggi, terutama jika disertai dengan kejang, orang tua pasti sangat panik dan khawatir. untuk pertolongan pertama tumbuk daun Dewa, lalu campur anggur kecil dan minumkan untuk anak.

Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang disebut dengue. Penularan virus ini dapat dilakukan dengan gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Seringkali penyakit ini dapat membunuh seseorang. Untuk mengobatinya, minumlah rebusan daun dewa dua kali sehari secara teratur.

Mengobati Keseleo

Keseleo atau dalam bahasa medis disebut Sprain atau terkilir. Hal ini sering berlaku untuk seseorang yang aktif dalam olahraga dan yang melakukan banyak kegiatan fisik. Banyak metode yang digunakan untuk mengatasinya, seperti memijat atau menggunakan obat-obatan. Selain metode ini, ada cara alami untuk mengobati keseleo, yaitu, minum rebusan daun dewa, dicampur dengan temu hitam dan temu lawak, dua kali sehari.

Mengobati Wasir

Khasiat lain dari daun dewa adalah pengobatan wasir atau apa yang kita kenal dengan ambeien. Cara meramunya adalah dengan meminum seduhan daun tanaman ini dengan campuran daging tanaman lidah buaya dan sedikit madu. Tetapi jika wasirnya parah, ambil beberapa daun dewa, peras mereka untuk mengeluarkan getahnya, dan masukkan anus.

Mengatasi Gangguan Menstruasi

Terkadang wanita terganggu siklus menstruasi yang tidak teratur. Tetapi keefektifan manfaat daun dewa terbukti menjadi solusi bagi gangguan tersebut. Caranya adalah dengan meminum hasil rebusan atau hasil tumbukan ramuan daun dewa ini dengan campuran beberapa anggur yang telah dipanaskan.

Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Flek hitam adalah penyakit kulit wajah yang sangat mengganggu terutama pada wanita. Meremas daun daun tanaman dewa dan mengoleskan getahnya ke bagian yang terkena flek hitam dapat membantu mengatasinya.

Mengobati Kanker Payudara

Daun dewa mengandung senyawa protein yang disebut peroxidase. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2013 oleh Universiti Sains Malaysia dalam jurnal PLoS ONE menunjukkan bahwa protein ini menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Karena itu, peneliti meyakini bahwa daun dewa berpotensi menjadi pilihan untuk pengobatan kanker payudara.

Mengobati Herpes

Sebuah studi kolaboratif oleh tim peneliti Thailand dan Jerman menemukan bahwa ekstrak etanol dari daun dewa itu mematikan dan mencegah replikasi virus herpes simplex HSV-1 dan HSV-2 dalam tubuh. Hasil manfaat dari daun Dewa ini diterbitkan pada 2013 di jurnal Element-Based Complementary and Alternative Medicine.

Demikianlah pembahasan tentang daun dewa semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: