Buah Penambah Darah

Posted on

Buah Penambah Darah – Anemia atau kurang darah adalah seseorang yang memiliki kekurangan darah. Pada mereka yang kekurangan darah hal ini dapat mempengaruhi distribusi oksigen dalam tubuh. Penderita anemia biasanya terlihat lemah, terlihat pucat dan merasa pusing.

Dalam kondisi seperti ini harus cepat diobati dengan menambah hemaglobin didalam darah. Terdapat banyak cara yang digunakan untuk dapat meningkatkan level darah pada manusia. Salah satunya makan buah. Berikut adalah beberapa macam buah yang bisa meningkatkan darah untuk seseorang yang menderita anemia.

Buah Penambah Darah

Strawberry

buah strawberry penambah darah
buah strawberry penambah darah

Stroberi dianggap buah yang super karena kaya akan nutrisi yang kaya akan vitamin C dan A, mineral serta zat besi. Faktanya, karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam stroberi membantu menyerap zat besi dengan cukup baik, karena itu strawberry menghasilkan hemoglobin dalam tubuh Anda.

Jambu Biji

buah Jambu Biji penambah darah
buah Jambu Biji penambah darah

Buah jambu bisa membantu seseorang meningkatkan hemaglobin dalam tubuh. Buah ini biasanya dimanfaatkan untuk menambah trombosit pada orang dengan yang terkena demam berdarah.

Kesemek

Kesemek untuk menambah darah
Kesemek untuk menambah darah

Buah yang bisa mencegah anemia selanjutnya adalah buah kesemek. Buah ini baik untuk menambah darah karena memiliki kandungan zat besi serta antioksidan yang tinggi, vitamin C dan berbagai nutrisi lainnya. Jadi jangan ragu untuk mencobanya.

Delima

buah Delima penambah darah
buah Delima penambah darah

Buah delima mempunyai cukup tinggi zat besi yang berguna sebagai penambah darah pada penderita anemia. Kandungan lain yang ditemukan dalam buah delima adalah vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Senyawa asam askorbat dalam buah delima juga berguna untuk meningkatkan jumlah zat besi yang digunakan untuk memproduksi hemoglobin dalam darah.

Jeruk

buah Jeruk penambah darah
buah Jeruk penambah darah

Jeruk tidak hanya sumber vitamin C tetapi juga mengandung asam folat yang bisa berkontribusi pada pembentukan hemaglobin didalam darah. Jadi cukup baik bila dikonsumsi untuk meningkatkan hemaglobin dalam tubuh.

Kismis

Kismis untuk menambah darah
Kismis untuk menambah darah

Kismis diperkaya dengan kandungan vitamin, zat besi dan tembaga yang cukup tinggi dan penting untuk menghasilkan hemaglobin didalam darah. Kekurangan sel darah merah dapat dicegah dengan mengonsumsi kismis.

Aprikot Kering

Aprikot Kering penambah darah
Aprikot Kering penambah darah

Demikian juga dengan kismis aprikot bisa diolah menjadi kering. Sepintas seperti kismis, namun warnanya lebih kekuning-kuningan. Dengan konsumsi aprikot 100 gram per hari tubuh menerima asupan zat besi 6,3 gram.

Buah Bit

Buah Bit untuk penambah darah
Buah Bit untuk penambah darah

Buah bit tidak dianggap sebagai buah yang populer di Indonesia, tetapi ternyata buah ini termasuk dalam buah yang bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini berarti bahwa buah tidak hanya mengandung karbohidrat, tetapi juga mengandung zat besi, mineral dan vitamin C. Dimana zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan penyerapan zat besi lebih sempurna jika disertai dengan vitamin C.

Buah Naga

Buah Naga penambah darah
Buah Naga penambah darah

Buah yang cukup lezat ini bisa membantu menambah hemaglobin di dalam tubuh. Jadi sangat baik bila dikonsumsi pada penderita anemia. Buah naga bisa diolah menjadi jus ataupun dimakan langsung.

Alpukat

Buah Alpukat penambah darah
Buah Alpukat penambah darah

Buah alpukat mempunyai nutrisi penting untuk tubuh. Alpukat kaya akan kandungan zat besi. Buah alpukat juga sumber lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Konsumsi alpukat bisa menjadi solusi untuk melawan anemia.

Kurma

Buah Kurma penambah darah
Buah Kurma penambah darah

Cara menambah darah tidak selalu perlu untuk mengambil obat untuk meningkatkan darah. Anda dapat mencoba opsi lain dengan mengonsumsi kurma alami dan aman untuk kesehatan Anda. 100 gram kurma diyakini mengandung sekitar 28 ug vitamin B9 yang merupakan asam folat yang sangat penting untuk pembentukan hemaglobin dalam darah.

Semangka

Buah Semangka penambah darah
Buah Semangka penambah darah

Buah dengan daging buahnya yang berwarna merah kaya akan zat besi yang bisa memproduksi darah dalam tubuh seseorang. Buah semangka juga mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

Mulberry

Buah Mulberry penambah darah
Buah Mulberry penambah darah

Buah dengan beragam warna hitam merah dan putih. Fungsi buah ini sangat bagus untuk tubuh, salah satunya adalah penambah darah yang baik untuk mencegah anemia. Mulberry biasanya dimakan sebagai campuran oatmeal atau sebagai menu pencuci mulut saat makan.

Pisang

Pisang untuk penambah darah
Pisang untuk penambah darah

Pisang adalah salah satu buah yang dapat membantu seseorang yang mengalami anemia. Karena pisang mengandung zat besi dan asam folat yang cocok untuk produksi sel darah merah. Sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang menderita anemia makan pisang setiap hari.

Apel

Buah Apel penambah darah
Buah Apel penambah darah

Apel adalah buah segar dan renyah yang kelezatannya tidak diragukan lagi. Apel mengandung vitamin lengkap dan juga kaya akan zat besi. Zat besi adalah mineral yang berguna untuk meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah.

Demikianlah pembahasan tentang buah penambah darah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya