Buah Penurun Kolesterol

Posted on

Buah Penurun Kolesterol – Kolesterol tinggi merupakan masalah yang semakin umum terjadi belakangan ini. Kolesterol tinggi merupakan penyebab risiko penyakit jantung. Tingkat kolesterol yang tinggi bisa menjadi penyebab timbunan lemak di pembuluh darah. Deposito ini mempersulit kecepatan aliran darah yang sesuai ke arteri.

Kadang-kadang mengendapan kolesterol tiba-tiba bisa pecah dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke. Kolesterol dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti faktor keturunan. Namun, kadar kolesterol tinggi juga disebabkan oleh banyak gaya hidup tidak sehat.

Kolesterol tinggi bisa diatasi. Mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur bisa membantu menurunkan kolesterol. Salah satu makanan sehat yang mudah ditemukan yaitu buah-buahan. Beberapa jenis buah diketahui bisa membantu menurunkan kolesterol.

Buah Penurun Kolesterol

Anggur

buah anggur penurun kolesterol
buah anggur penurun kolesterol

Kandungan senyawa dalam buah anggur yang bernama pterostilbene bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida. Anggur juga bisa menurunkan kadar LDL berkat kandungan antioksidan polifenol. Anggur kaya akan jumlah antioksidan kuat.

Tomat

buah tomat penurun kolesterol
buah tomat penurun kolesterol

Tomat adalah buah yang bisa menurunkan kolesterol dan kaya likopen. Senyawa kimia ini dipercaya berpotensi menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Pisang

Pisang penurun kolesterol
Pisang penurun kolesterol

Pisang adalah sumber serat yang baik yang bisa membantu mengurangi lipoprotein densitas rendah – LDL atau kolesterol jahat. Selain itu, kandungan kalium dalam pisang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan pada akhirnya menurunkan kolesterol jahat dan membuat jantung sehat.

Apel

buah Apel penurun kolesterol
buah Apel penurun kolesterol

Apel juga dapat menjadi buah untuk menurunkan kolesterol. Ada banyak penelitian yang mengklaim bahwa kadar antioksidan dalam apel terutama polifenol dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat atau LDL.

Strawberry

buah Strawberry penurun kolesterol
buah Strawberry penurun kolesterol

Stroberi sumber senyawa polifenol yang secara alami membantu mengatur sistem kardiovaskular. Penelitian telah mengaitkan stroberi dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah karena tingginya kadar polifenol. Penelitian menunjukkan bahwa makan stroberi setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol total antara 5 dan 12%.

Zaitun

Zaitun penurun kolesterol
Zaitun penurun kolesterol

Buah zaitun juga tinggi akan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa buah zaitun juga dapat meningkatkan mekanisme tubuh dengan menghilangkan kelebihan kolesterol jahat dari tubuh.

Pir

buah Pir penurun kolesterol
buah Pir penurun kolesterol

Buah ini adalah sumber serat larut air yang sangat baik sebagai gel termasuk pektin. Buah pir memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi. Karenanya buah pir menjadi buah yang dapat menurunkan kolesterol. Senyawa pektin dalam buah pir juga membantu membersihkan usus dan memperlancar buang air besar.

Raspberry

buah Raspberry penurun kolesterol
buah Raspberry penurun kolesterol

Raspberry kaya akan serat yang bisa menurunkan kadar LDL dan mendukung pencernaan yang sehat. Para peneliti berspekulasi bahwa efek menguntungkan ini berasal dari antioksidan tingkat tinggi yang disebut polifenol senyawa yang memberi buah beri warna cerah.

Jeruk

buah Jeruk penurun kolesterol
buah Jeruk penurun kolesterol

Buah untuk menurunkan kolesterol ini cukup mudah didapat dan manfaatnya berlimpah. Satu penelitian mengklaim bahwa jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol karena kandungan serat pektin yang larut tinggi.

Semangka

buah Semangka penurun kolesterol
buah Semangka penurun kolesterol

Siapa yang tidak tahu buah segar ini, Tidak hanya dapat dengan cepat menghilangkan rasa haus, tetapi juga buah semangka masuk ke daftar buah yang bisa menurunkan kolesterol. Hal ini diketahui karena semangka mengandung likopen yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Cerry

buah Cerry penurun kolesterol
buah Cerry penurun kolesterol

Ceri mendapatkan warnanya dari anthocyanin, sejenis fitonutrien dengan sifat antioksidan kuat. Kandungan antioksidan ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ceri juga mengandung senyawa yang bernama fitosterol yang juga mengurangi kolesterol jahat. Ceri penuh dengan polif4enol dan antioksidan kalium yang memiliki kemampuan perlindungan jantung yang kuat.

Lemon

buah Lemon penurun kolesterol
buah Lemon penurun kolesterol

Lemon mengandung banyak vitamin C. Vitamin C dalam lemon mengurangi pembentukan Apo-B, suatu zat yang memicu kadar kolesterol tinggi dalam darah. Dalam buah lemon juga mengandung antioksidan yang membantu mengurangi oksidan LDL.

Mangga

buah Mangga penurun kolesterol
buah Mangga penurun kolesterol

Mangga juga merupakan sumber vitamin C yang bisa mencegah oksidasi kolesterol jahat sebagai penyebab utama plak (penumpukan) oleh kolesterol dalam pembuluh darah. Mangga juga adalah salah satu sumber makanan kaya serat yang bisa mengurangi masuknya kolesterol ke dalam aliran darah selama fase pencernaan.

Delima

Delima penurun kolesterol
Delima penurun kolesterol

Delima tidak hanya dapat menurunkan kadar kolesterol, tetapi juga mengandung zat yang bisa menghilangkan plak dalam darah karena kadar kolesterol darah yang tinggi. Fungsi ini dicapai dengan kandungan nitrogen monoksida dalam buah delima. Kandungan antioksidan dalam buah delima adalah tiga kali lipat dari anggur merah.

Demikianlah pembahasan tentang buah penurun kolesterol semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya