8 Cara Menanam Jahe Merah di Tanah

Posted on

Cara Menanam Jahe Merah di Tanah – Jahe merah dikenal sebagai tanaman herbal yang juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu makanan. Cara budidaya jahe merah ternyata cukup mudah. Anda bisa menanamnya dirumah dengan hasil yang berlimpah.

Sebelum Anda tahu cara menanam jahe merah, Anda harus terlebih dahulu mengerti dengan media tanam. Jahe merah dapat ditanam di tanah yang subur dan gembur. Tanaman jahe merah dapat diberikan pupuk untuk hasil panen yang berlimpah

Anda bisa menanam jahe merah langsung di tanah yang sudah gembur dengan media polybag dan karung bekas. Tergantung pada kebutuhan Anda dan ketersediaan lahan yang tersedia. Jika Anda memiliki lahan yang sempit, gunakan polybag agar lebih efisien.

Cara Menanam Jahe Merah yang Baik dan Benar

cara menanam jahe merah di tanah
cara menanam jahe merah di tanah

Persiapan Bibit

Cara pertama adalah memilih bibit jahe merah. Di pasar tradisional, Anda dapat dengan mudah mendapatkan bibit rimpang jahe merah. Ciri-ciri bibit jahe merah berkualitas yaitu :

  1. Ukuran rimpang besar
  2. Kondisinya masih segar, tidak keriput
  3. Sehat, utuh dan tidak terserah hama dan penyakit
  4. Warna rimpang masih cerah

Jika Anda sudah memiliki bibit jahe merah berkualitas tinggi, masukkan ke dalam ruangan yang sejuk. Kemudian lakukan penyiraman dengan air dan beri waktu agar rimpang jahe merah mengeluarkan tunasnya.

Sambil menunggu tunas tumbuh, benih busuk dapat saja ditemukan yang harus segera dipisahkan agar tidak menyebar ke bibit lainnya. Bibit yang sudah bertunas tersebut bisa ditanam.

Persiapan Media Tanam

Cara selanjutnya menanam jahe merah adalah menyiapkan media tanam. Kemudian lakukan pengolahan lahan dengan cara dicangkul atau dibajak agar tanah menjadi gembur dan subur dan kemudian diberi pupuk.

Pemberian 12 kilogram pupuk kandang digabungkan pada area 10 meter. Tanah diberi pupuk dengan cara di tabur kemudian dibiarkan selama seminggu sehingga proses fermentasi alami berlangsung dan lahan siap untuk ditanami jahe merah.

Proses Tanam Jahe Merah

Proses penanaman adalah tahap cara menanam jahe merah yang paling dinanti. Setelah pupuk dan tanah sudah bergabung dan sudah dibiarkan selama, tanamlah bibit jahe merah.

Ingat jahe merah harus ditanam setelah musim hujan dan memasuki musim kemarau. Karena bibit jahe merah cenderung membusuk jika curah hujan di daerah tersebut tinggi.

Kemudian masukkan bibit jahe ke setiap lubang tanaman atau polybag dan tutup kembali dengan tanah. Namun, jangan menutupi benih terlalu padatdengan tunas sehingga mereka dapat tumbuh bebas. Tunas tumbuh dalam waktu sekitar 2 minggu.

Kemudian taburkan antijamur (furadan) di atasnya untuk mencegah jamur terbentuk pada tanaman. Lakukan penyiraman juga dengan air lalu pantau pertumbuhan jahe merah.

Jika terdapat tunas yang tidak tumbuh ke permukaan tanah, periksa lagi. Karena ini menunjukkan terjadinya pembusukan benih dan harus segera diganti dengan bibit baru.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Lakukan penyiraman dengan rutin pada pagi dan sore hari terutama pada awal musim kemarau dan diawal masa tanam. Penyiraman sebaiknya secukupnya saja dan jangan sampai menggenangi lahan tanam.

Pemupukan Susulan

Lakukan pemupukan untuk menambah nutrisi didalam tanah. Pemupukan sebaiknya menggunakan pupuk organik yang lebih alami seperti pupuk kandang dan kompos. Bisa juga diberi pupuk anorganik sesuai petunjuk yang tertera di label kemasan.

Penyiangan

Penyiangan dapat dilakukan terhadap gulma dan tanaman liar lainnya disekitar tanaman jahe merah agar pertumbuhan tanaman jahe merah tidak terganggu. Gulma dan tanaman liar yang tidak dibersihkan bisa merebut nutrisi didalam tanah.

Proses panen

Fase terakhir di mana jahe merah ditanam yaitu saat musim panen. Panen berlangsung setelah jahe dimulai pada usia 3 hingga 4 bulan. Metode ini adalah dengan menggemburkan tanah terlebih dahulu untuk memfasilitasi ekstraksi tanaman.

Lepaskan tanaman dan umbinya dan potong batangnya. Kemudian bersihkan umbi dari sisa tanah dan pisahkan umbi dengan kualitas baik dan kurang sehat.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam jahe merah di tanah semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya