15 Manfaat Buah Sukun dan Kandungan Nutrisi Buah Sukun

Posted on

Buah Sukun – Sukun atau Artocarpus communis adalah buah yang mudah ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia dan Malaysia. Sukun sendiri adalah hidangan olahan yang digemari oleh banyak orang. Sukun tidak hanya enak, tetapi juga mudah diolah menjadi berbagai makanan.

Di Eropa, sukun disebut “breadfruit” karena tidak memiliki biji dan memiliki kandungan lunak seperti roti. Sukun mengandung sumber karbohidrat penting bagi tubuh. Karbohidrat dalam 100 gram tepung sukun Setara dengan karbohidrat dalam 100 gram beras.

Buah-Sukun
Buah Sukun

Kandungan Nutrisi Buah Sukun

Sukun, seperti buah pada umumnya, buah sukun merupakan buah yang kaya manfaat. Buah yang menyandang nama ilmiah Artocarpus altilisini, dikatakan demikaian karena tidak dapat dipisahkan dari jumlah nutrisi dan vitamin yang dikandungnya.

Dilaporkan dari berbagai sumber, sukun terdiri dari sejumlah nutrisi dan vitamin yang disebut serat, karbohidrat kompleks, protein dan mineral (fosfor, kalsium, magnesium, zat besi). Selain itu, vitamin A, vitamin B dan vitamin C tidak ketinggalan.

Manfaat Buah Sukun

Jika Anda selama ini hanya menganggap buah sukun dapat memberikan rasa kenyang, maka sejatinya buah sukun memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaat buah sukun yang perlu Anda ketahui.

Menangkal Radikal Bebas

Khasiat pertama sukun adalah dihilangkannya radikal bebas. Karena sukun mengandung flavonoid yang memiliki sifat antioksidan.

Jika Anda secara teratur makan buah sukun, Anda harus melakukan ini untuk mencegah tubuh dari terpapar radikal bebas. Radikal bebas diketahui menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh, dan kemudian sel-sel mati dapat berkembang dari sel-sel tubuh yang rusak.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurunkan lemak LDL atau kolesterol “jahat” adalah manfaat lain dari buah sukun yang perlu Anda ketahui. Kandungan serat adalah alasan mengapa diklaim bahwa sukun efektif dalam mencegah kolesterol jahat dari mengendalikan tubuh.

Karena kolesterol jahat, yang memiliki kadar berlebihan, dapat menyebabkan tubuh mengembangkan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke, yang keduanya dapat menyebabkan kematian.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Untuk penderita diabetes, dimasukkannya sukun dalam daftar menu harian sangat dianjurkan. Ya, sukun tampaknya juga menurunkan kolesterol.

Khasiat sukun untuk masalah ini disebabkan oleh serat yang terkandung di dalamnya. Serat berfungsi untuk mencegah produksi gula darah yang berlebihan. Mereka yang tidak menderita diabetes tidak ada salahnya untuk memakan buah yang satu ini untuk mencegah penyakitnya.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, buah alternatif yang bisa dikonsumsi adalah buah sukun.

Manfaat buah sukun ini karena mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memiliki efek tahan lama, sehingga frekuensi makan dapat dikurangi sedikit untuk mendukung keberhasilan diet Anda.

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan mineral pada buah sukun kemudian memberikan manfaat sukun untuk mengontrol tekanan darah. Dengan cara ini risiko tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat diminimalisir.

Manfaat mengkonsumsi sukun untuk mengontrol tekanan darah, karena buah sukun ini diperkaya dengan berbagai mineral, seperti zat besi dan fosfor, yang keduanya memainkan peran penting dalam kesehatan sistem peredaran darah.

Selain itu, keberadaan senyawa fitokimia dalam sukun secara efektif mencegah penyempitan pembuluh darah, yang tentu saja dapat menimbulkan bahaya bagi Anda.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh yang tidak mudah terserang penyakit harus memiliki stamina yang baik. Untuk menambah stamina, Buhan sukun bisa dikonsumsi secara teratur.

Manfaat mengonsumsi sukun untuk menjaga daya tahan tubuh karena sukun mengandung banyak vitamin C, tepatnya 29 miligram (48 persen dari total kebutuhan harian vitamin C). Vitamin C sendiri adalah vitamin yang berfungsi memerangi infeksi dan bahkan radikal bebas, mengingat vitamin ini bersifat antioksidan.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan mineral kalsium dalam buah sukun menunjukkan bahwa buah sukun ini efektif dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi sambil melindungi mereka dari berbagai kondisi kesehatan seperti osteoporosis, plak gigi, dll.

Sumber Energi

Setidaknya ada 227 kalori dalam 202 gram dari buah sukun yang Anda konsumsi. Ini membuat sukun menjadi salah satu sumber energi terbaik bagi tubuh. Konsumsi sukun secara teratur dapat memberikan energi yang cukup untuk membantu Anda bergerak dengan baik.

Namun, seimbangkan asupan kalori sukun dengan aktivitas fisik yang cukup sehingga kalori tidak disimpan sia-sia dan malah menjadi lemak jahat.

Merawat Kesehatan Rambut

Asam lemak omega-3 dan omega-6s dalam buah sukun membuat buah ini cocok untuk dikonsumsi jika Anda ingin memiliki rambut yang selalu dirawat dengan baik dan bebas dari berbagai masalah rambut seperti ketombe, kerontokan rambut, dll.

Asam lemak omega-3 dan omega-6 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang efektivitasnya dalam merawat kesehatan rambut telah terbukti secara ilmiah.

Mengatasi Insomnia

Apakah Anda menderita insomnia (susah tidur)? Oleh karena itu mengkonsumsi buah sukun merupakan solusi sehat untuk mengatasi masalah Anda.

Manfaat sukun dalam mengatasi insomnia didasarkan pada kandungan mineral magnesium, yang memang merupakan salah satu fungsi utama untuk meningkatkan kualitas tidur sekaligus mengurangi tingkat stres yang merupakan salah satu penyebab insomnia.

Antikanker

Vitamin C dalam sukun dapat bertindak sebagai antioksidan karena membantu Anda menghindari risiko kanker. Ini bisa menjadi perlindungan bagi sel-sel tubuh Anda. Kerusakan sel-sel tubuh dapat menjadi penyebab pertama kanker.

Kecantikan Kulit

Kandungan omega 3 dan 6 dalam sukun sangat bagus untuk kecantikan kulit. Ini karena kandungan vitamin C dalam sukun dapat menjadi nutrisi untuk kesehatan kulit.

Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat sukun dapat digunakan sebagai makanan untuk memperkuat kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang kuat dan terjaga dapat membuat Anda tetap terjaga terhadap penyakit.

Mencegah Diare

Vitamin tinggi dalam sukun dapat mencegah diare. Vitamin dan mineral dapat mengeluarkan bakteri yang dapat memicu diare. Karena itu, gejala diare dapat diminimalisir.

Meningkatkan Produksi Kolagen

Kandungan vitamin C dalam sukun cukup tinggi dan dapat mendukung produksi kolagen. Mengkonsumsi jus buah sukun membuat kulit Anda kencang dan muda.

Demikianlah pembahasan tentang buah sukun semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: