10 Cara Budidaya Anggrek Bulan Agar Rajin Berbunga

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Anggrek bulan adalah salah satu bunga nasional Indonesia. Pesona nusantara ini tidak diragukan lagi keindahannya. Bentuk kelopaknya juga memancarkan varian warna yang tidak dimiliki bunga lain dan dapat memanjakan mata semua orang yang melihatnya.

Dengan keindahan bunganya, pecinta bunga merasa wajib memiliki anggrek ini di rumah mereka. Dikenal sebagai anggrek kupu-kupu, daun anggrek bulan ini memang seperti sayap kupu-kupu yang berkobar dengan campuran warna yang sangat indah. Hal ini membuatnya menjadi jenis anggrek yang paling diinginkan.

Budidaya-Anggrek-Bulan
Budidaya Anggrek Bulan

Menanam anggrek bulan memang mudah dan sulit. Beberapa teknik khusus diperlukan agar tanaman anggrek dapat tumbuh dengan sukses. Untuk mendapatkan bunga anggrek Anda sendiri, Anda memiliki dua pilihan. Yaitu menanam dengan media pot atau menempelkan pada pohon. Dengan kedua cara ini Anda bisa mendapatkan sendiri anggrek bulan.

Cara Budidaya Anggrek Bulan

Syarat Tumbuh

Anggrek Bulan lebih cocok ditanam di area 500-800 meter di atas permukaan laut. Temperatur berkisar antara 18 ° C dan 26 ° C, yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan pembungaan. Cahaya yang dibutuhkan oleh anggrek bulan ini adalah 1.000 – 1.500 fc atau sekitar 20-30% dari sinar matahari. Kelembaban yang dibutuhkan 60-75%.

Siapkan Bahan dan Peralatan

Cara memulai budaya anggrek bulan dengan persiapan bahan tanaman dan media serta metode penanaman yang ditanam misalnya dengan ditempelkan pada pohon tertentu atau ditanam pada pot biasa. Jika Anda ingin menanamnya dalam pot biasa, Anda perlu menyiapkan berbagai bahan dan media tanam,diantaranya:

  1. Pot bunga, baik yang transparan atau maupun tidak
  2. Bibit anggrek bulan. Anda dapat membelinya di toko pertanian. Ada banyak pilihan, terutama bibit dalam bentuk botol dan bibit anggrek muda yang lebih mudah ditanam dan dipndahkan.
  3. Tanah
  4. Sabut Kelapa
  5. Pupuk Kandang
  6. Batu Bata
  7. Pecahan Genteng
  8. Arang
  9. Kayu atau potongan pakis
  10. Kawat atau bambu

Persiapan Media Tanam

Langkah pertama dalam membuat media tanam adalah menyiapkan pot berukuran sedang dan mengisinya dengan media tanam yang telah Anda siapkan. Sebelum itu campurkan beberapa bahan, yaitu tanah, pupuk kandang, arang, serabut kelapa, pecahan genting atau pecahan batubata, dan kemudian masukkan ke dalam pot.

Pencampuran bahan-bahan ini memiliki aturan dan komposisi yang dimulai dari tempurung kelapa pada bagian dasar dan kemudian ke tanah dicampur dengan pupuk kandang. Kemudian bagian atas sendiri menyebarkan serpihan genting atau batu bata dan arang di atasnya, sehingga air tidak tergenang ketika menyiram air di bagian bawah pot.

Proses Penanaman di Pot Bunga

Setelah media tanaman siap, termasuk biji anggrek bulan Anda dapat segera menanamnya dalam media pot sesuai kebutuhan. Saat Anda menyiapkan biji anggrek botolan, Anda bisa segera memasukkannya ke dalam pot. Lakukan perlahan, agar tidak merusak akar yang tumbuh.

Karena itu, ketika proses mengeluarkan biji anggrek dari botol memerlukan teknik dan metode khusus. Gunakan kawat yang sudah dibentul bengkok untuk mengeluarkannya dari botol.

Ada baiknya untuk menanam anggrek bulan di pagi hari sebelum jam 8 ketika matahari tidak terlalu panas. Hal ini dimaksudkan agar bibit anggrek yang baru saja Anda tanam tidak mudah layu dan mempercepat pertumbuhan tanaman. Setelah Anda menanam benih anggrek, Anda harus segera menyiramkan cukup air untuk menjaga kelembapan.

Proses penanaman dengan menempelkan pada pohon tertentu

Cara budidaya anggrek bulanan cukup mudah, jika Anda sudah memiliki dan mengembangkannya menjadi lebih banyak. Anda dapat memindahkan anggrek yang tumbuh baik dan besar dari pot ke pohon. Anda dapat melakukannya dengan hanya dengan menempelkannya saja.

Proses penempelan anggrek bulan ke pohon membutuhkan teknik khusus untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Caranya adalah dengan mengikat bunga anggrek bulan Anda ke pohon tertentu dengan rafia yang kuat atau tali ijuk. Akhirnya, anggrek bulan beradaptasi dengan pohon yang terikat dengannya.

Perawatan dan Pemeliharaan

Yang tidak kalah penting untuk menumbuhkan anggrek bulan adalah proses perawatan. Menanam anggrek membutuhkan perawatan maksimal agar berbunga dengan baik dan dapat ditanam kembali di kemudian hari. Perawatan anggrek bulan sebenarnya cukup sederhana dan melibatkan beberapa hal termasuk:

Pemindahan anggrek muda ke pot yang lebih besar

Anggrek bulan dalam pot kecil yang telah dewasa, Anda harus memindahkannya ke pot yang lebih besar. Hal ini dimaksudkan agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa baik dan akarnya bisa menyebar lebih leluasa. Demikian juga, kualitas anggrek bulan harus dipertahankan agar tumbuh dan mekar dengan indah.

Pemupukan

Pemupukan sangat penting untuk membantu pertumbuhan anggrek bulan. Hal ini juga dapat mempercepat pengembangan anggrek bulan Anda. Selain air, pupuk itu sendiri bertindak sebagai nutrisi bagi tanaman anggrek.

Pemupukan yang baik harus diarahkan pada daun anggrek, karena daun dapat menyerap lebih banyak nutrisi daripada akar. Gunakan pupuk decastar yang dapat mempercepat pertumbuhan bibit anggrek bulan Anda. Selain itu, pupuk juga bisa merangsang pertumbuhan cabang dan menyuburkan tanaman.

Jika Anda tidak mendapatkan jenis pupuk yang disebutkan di atas, Anda dapat menggunakan pupuk NPK atau pupuk Namira khusus untuk anggrek. Pada dasarnya, keduanya sama-sama cocok untuk pemupukan tanaman.

Selama pemupukan, daun anggrek bulan disemprotkan langsung dengan pupuk cair. Penyemprotan harus sesuai permintaan dan idealnya dua kali sehari, pagi dan sore.

Penyiraman

Seperti tanaman lain pada umumnya, anggrek bulan membutuhkan penyiraman air. Hanya saja anggrek tidak suka banyak air karena bisa merusak pertumbuhan akar dan membuat media nutrisi penuh air dan becek. Jika Anda memiliki terlalu banyak air, tunas atau anggrek akan membusuk dan rontok.

Anda bisa menggunakan sprayer untuk menyiram. Gunakan air jernih dengan Ph netral dan bersih. Teknik penyiraman yang baik dan benar mempengaruhi pertumbuhan anggrek. Hal itu juga membuat bulan anggrek lembab dan segar.

Membersihkan Gulma

Anggrek bulan yang ditanam dalam pot memiliki risiko lebih besar untuk tumbuh terlalu banyak dengan beberapa tanaman liar yang memengaruhi pertumbuhannya. Jadi, Anda perlu memantau pertumbuhannya dan jika ada gulma yang tumbuh di sekitarnya, Anda bisa segera mencabutnya dan membersihkannya sesegera mungkin.

Sementara itu, anggrek bulan yang ditanam di batang pohon tertentu juga terancam oleh parasit, jadi Anda harus memperhatikannya. Jika kelihatannya parasit tumbuh bersama anggrek bulan, hilangkan segera dan buang. Karena itu tentu mengganggu perkembangan anggrek bulan.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya anggrek bulan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya