8 Cara Budidaya Buah Tin dan Jenis-jenis Buah Tin

Posted on

Budidaya Buah Tin – Buah tin adalah buah yang berasal dari negara Arab yang kemudian didistribusikan di banyak negara Eropa di Asia dan di Australia. Pohon tin (Ficus carica), figs atau pohon ara adalah pohon yang dikenal sebagai buah suci dari taman surga. Julukan itu didapat dari buah tin karena buah ini disebutkan dalam Alquran. Kendati demikian, harga buah tin juga relatif murah.

Buah tin disebutkan dalam surah Alquran. Buah tin memiliki posisi yang sama dengan buah zaitun buah yang sering diandalkan pada masa rasul S.A.W. Buah tin juga memiliki banyak manfaat dan nutrisi saat dikonsumsi. Karena itu, banyak orang menggunakan buah tin untuk menjadi obat.

Budidaya-Buah-Tin
Budidaya Buah Tin

Di Indonesia buah tin sulit ditemukan. Tetapi banyak orang mencarinya. Jadi buah tin di Indonesia dapat digunakan sebagai lahan berpenghasilan atau Anda dapat menggunakannya sendiri.

Cara Budidaya Buah Tin

Pemilihan bibit

Bibit pohon tin harus berkualitas tinggi dan unggul. Hal ini ditunjukkan oleh ukuran tangkai benih bila diamati dengan mata telanjang. Ukuran batang tidak boleh lebih kecil dari pensil. Idealnya untuk ukuran bibit unggul setidaknya lebih besar dari ukuran pensil.

Kemudian untuk kondisi benih untuk tabulampot tin harus sehat. Lihat juga kondisi akarnya. Akar ini harus kuat dan berlimpah untuk memberi semua bagian pohon nutrisi agar tumbuh dengan baik.

Ciri lain dapat dikenali dari daunnya. Perhatikan apakah kuncup daun masih segar atau tidak. Pilih bibit tabulampot buah tin yang memiliki banyak daun. Pilihan alternatif bibit biasanya hasil dari perbanyakan vegetatif dalam bentuk cangkok, okulasi atau stek.

Menyiapkan Lahan Tanam

Tabulampot sebenarnya bisa menjadi pilihan ideal untuk menanam buah tanpa membutuhkan lahan yang luas. Dengan cara ini, panen buah juga bisa lebih cepat. Untuk proses ini langkah dalam bentuk persiapan pot diperlukan.

Selain metode tabulampot buah tin, tanaman ini dapat tumbuh subur di lahan terbuka. Syaratnya adalah tidak ada hambatan dari matahari. Itu juga harus memiliki media tanaman atau tanah yang subur. Pertama, siapkan lubang tanam 50 × 50 cm untuk metode ini. Kedalaman lubang tanaman adalah 50 × 60 cm.

Untuk menabur benih tin dengan metode penanaman dalam pot atau tanah langsung. Campuran tanah dan pupuk kandang dalam perbandingan 1: 1 adalah media pertumbuhan yang ideal. Tanah yang digunakan harus gembur dan subur dan bisa juga dicampur dengan pasir.

Proses Penanaman

Benih buah tin siap tanam dapat dibawa ke perkebunan atau lokasi budidaya. Lepaskan kantong plastik secara perlahan sehingga tanah di dalam kantong tidak hancur. Tempatkan benih di media tanaman dan tutupi dengan tanah lagi.

Perawatan Dan pemeliharaan

Buah tin memiliki karakteristik yang sama dengan buah yang tumbuh di negara Arab seperti zaitun dan kurma. Tanaman ini adalah jenis tanaman yang membutuhkan lebih banyak sinar matahari. Karena itu, di negara tropis seperti Indonesia lebih sulit berbuah. Karena itu pohon tin juga harus memiliki perawatan yang sama dengan negara asalnya. Perawatan untuk pohon tin adalah sebagai berikut.

Penyiraman

Pohon tin biasanya hidup di daerah panas sehingga tidak harus disiram setiap hari. Penyiraman dilakukan secara teratur setiap 4 hari sekali. Dan selama musim hujan pohon tin tidak harus disiram sama sekali. Buah tin yang baik ditanam di musim panas jadi lebih mudah berbuah.

Sinar Matahari

Karena sangat panas di negara Arab, pohon tin membutuhkan banyak sinar matahari. Jadi jangan biarkan sinar matahari menghalangi untuk menerangi pohon tin ini. Jika sinar matahari tidak disediakan sesuai kebutuhan lebih sulit untuk menanam pohon tin dan menghasilkan buah.

Pemupukan

Pemupukan pohon tin pada awal penanaman hanya membutuhkan dosis pupuk daun yang cukup. Setelah 2 tahun, barulah pohon tin diberi pupuk. Tujuannya agar daun ara tidak mudah rontok dan mempercepat pembuahan.

Hama dan Penyakit

Potong daun yang kering dan menguning. Hal ini biasanya disebabkan oleh virus yang ada di daun. Untuk mencegah penularan ke daun lain, daun yang menguning harus dipotong. Jika tidak dipotong, ada kemungkinan bahwa semua daun akan menguning dan pohon tidak dapat melakukan metamorfosis.

Perhatikan juga keberadaan hama pengerek batang. Hama ini dapat menyebabkan batang pohon menjadi keropos dan mudah patah. Pencegahan hama ini terjadi dengan menyuntikkan obat tanaman ke dalam batang. Hal yang baik adalah menambahkan nutrisi pendukung dalam bentuk stimulan akar dan batang.

Jenis Buah Tin

Buah Tin Merah

Jenis tin merah ini memiliki warna yang eksotis. Selain warnanya, rasanya yang manis dan banyak merupakan daya tarik lain. Berikut adalah varietas buah ara merah: Texas Everbearing, Blue Giant, Red Palestine, Red Libya, LSU Red, Red Italia, Red Rusian, Dauphine, Madeline, Masui Dauphine, Taiwan Golden Fig, Red Lebanese, Brown Turkey,

Buah Tin Kuning

Buah ini biasanya memiliki cairan seperti madu di dalam buah. Rasanya sangat manis. Untuk warnanya sendiri ini berkisar dari hijau muda hingga kuning tua. Berbagai spesies ara kuning adalah:Long Yellow, Syrian Long, Conadria, Adriatik, JH Adriatik, White Genoa, Alma, Guilbeu France, Green Yordan, White Marseilles, China White, Lindusrt White.

Buah Tin Ungu

Keulebihan dari buah tin warna ini adalah rasanya yang lezat. Rasa ini diikuti oleh aroma yang menyegarkan, menjadikannya buah favorit di banyak orang. Meski begitu untuk mendapatkan buah ini tidak mudah karena masih dianggap buah langka. Untuk varietasnya sendiri meliputi: Negrone, Purple Jordan, Sultana, LSU purple.

Buah Tin Hitam

Rasa dan aroma varietas ini tidak kalah lezat dari buah tin ungu di atas. Untuk varietas yang lebih beragam, yaitu Noire de Caromb, Barjasoite, Barnisoite Noire, Black Jack, Salem Dark, Hardy Chicago, Abicou, Greise de Saintjane, Black Genoa, Black Italia, Black Portugal, LSU scotblack.

Buah Tin ukuran Jombo

Tidak semua buah tin besar dan beratnya lebih dari 100 gram. Beberapa buah tin berukuran sedang. Tetapi ada juga buah tin yang besar. Ukuran ini bisa berbobot lebih dari 100 gram. Varietas ara jumbo meliputi: Dauphine, Barnisoite Noire, Masui Dauphine, Taiwan Golden Fig, Madeline, Blue Giant.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya buah tin semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: