6 Cara Budidaya Kaktus untuk Pemula

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Tanaman kaktus termasuk dalam tanaman sekulen karena dapat menyimpan pasokan air di batangnya, bentuk batang kaktus bervariasi, kaktus dapat tumbuh panjang tanpa air, dan kaktus memiliki daun yang mengubah bentuknya menjadi duri, sehingga mengurangi penguapan air dari daunnya.

Budidaya-Kaktus
Budidaya Kaktus

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat mucilago dalam kaktus dapat memurnikan air racun arsenik dan membunuh bakteri dalam air minum. Kandungan vitamin C dalam kaktus adalah 9,4 mg. Kaktus memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Cara Budidaya Kaktus

Pengolahan Biji

Biji pertama dalam kaktus harus dikeringkan. Kaktus kemudian direndam dalam air. Biji kaktus harus direndam dalam air hangat. Biji dapat dilakukan penyebaran ketika media semai telah disiapkan. Karakteristik biji kaktus ini termasuk dalam kelompok biji di mana sulit untuk memecah dormansi. Hal ini membutuhkan perawatan khusus.

Banyak yang bisa dilakukan untuk memecah dormansi. Memecah dormansi adalah memecah keterlambatan perkecambahan benih karena lingkungan belum mendukung. Perendaman dengan air hangat bermanfaat untuk menaikkan suhu biji sehingga bisa bermanfaat untuk memecah dormansi. Biji yang dipilih dan direndam kemudian disemai. Penyemaiandilakukan dengan komposisi media yang sama. Kelainan dalam sistem reproduksi terjadi pada banyak organisme.

Persiapan media Tanam

Media yang digunakan biasanya menggunakan pasir dengan tekstur halus. Media biasanya juga mengandung bahan berupa batu bata yang ditanam dengan lancar. Tanah kompos juga akan dimasukkan sebagai nutrisi untuk kaktus. Media harus siap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan kaktus. Komposisi harus disesuaikan dengan karakteristik media asli kaktus yang tumbuh di tanah kering dan mengandung sedikit air. Kaktus dengan kondisi demikian memiliki kondisi media yang sama dengan habitat aslinya, sehingga kaktus dapat berkembang dengan perbanyakan vegetatif alami dan buatan pada tanaman.

Persiapan Bibit kaktus

Setelah menyiapkan media dengan batu bata tumbuk dan tanah kompos sebagai nutrisi. Pada tanaman kaktus dengan umur setahun memiliki panjang tanaman 4 hingga 5 cm. Tanaman kaktus siap dipindahkan ke media tanam lainnya. Kaktus yang dipilih dapat berasal dari berbagai varietas dan spesies yang berbeda sesuai kebutuhan.

Jika Anda ingin membudidayakan untuk tujuan komersial, lebih baik pembudidaya memilih varietas dan jenis dengan harga jual tinggi daripada mengetahui permintaan pasar untuk jenis atau varietas kaktus yang ditanam. Pihak yang berminat yang melakukan budidaya juga harus tahu tentang spesies dan varietas yang ada. Hal ini sangat penting karena setiap jenis kaktus kadang-kadang memiliki metode perawatan yang berbeda dari sistem reproduksi pria.

Penyetekan Tanaman Kaktus

Banyak cara untuk mendapatkan bibit kaktus diantaranya yang termudah adalah memperbanyak kaktus. Hal ini bisa dilakukan dengan cara stek batang. Penyetekan harus dilakukan dengan benar. Jika terjadi kesalahan, ada risiko kaktus akan enggan tumbuh dan kemudian mati. Pada saat pemotongan, risiko kehilangan pertumbuhan sangat rendah.

Pemilihan tanaman batang kaktus harus dilakukan pada usia yang tidak terlalu tua atau terlalu muda. Untuk memotong yaitu menggunakan pisau yang tajam digunakan lalu dipotong dengan ukuran 6 cm. Potongan kemudian dibiarkan selama 7 hingga 10 hari pada suhu dingin. Ini berfungsi untuk menjaga kelembaban kaktus. Meskipun tidak membutuhkan banyak air, masih membutuhkan air.

Pemindahan Bibit Tanaman Kaktus

Di sisi tangkai yang terluka, permukaan akan mengering. Proses ini kemudian membuat benih siap untuk dipindahkan dan siap untuk ditanam dalam media tanam. Perlu dicatat bahwa untuk jenis kaktus tertentu, yang memiliki bentuk bundar dan lebar, pemotongan lebih baik di bagian ruas tersebut.

Untuk menghindari itu ada potongan pada bekas potongan sebelumnya, sehingga induk tanaman umumnya menumbuhkan tunas baru. Tunas siap menjadi bibit lagi dalam stek baru. Hal ini memudahkan pemeriksaan ulang tanaman kaktus. Perbanyakan kaktus ini sangat mudah bahkan untuk pemula.

Penyambungan Tanaman Kaktus

Banyak penggemar budidaya kaktus menjadikan penyambungan sebagai langkah modifikasi. Dalam proses penyambungan disebut grafting dan banyak orang yang mulai meminatinya. Teknik ini memiliki keuntungan memberi Anda benih yang tumbuh menjadi tanaman baru. Dalam teknik grifting ini, dua jenis tanaman diproduksi, yaitu dua tanaman kaktus yang berbeda, yang lebih tinggi, tetapi dihubungkan oleh penampilan individu yang indah.

Pada batang di bawah ini, misalnya, dari jenis yang berbeda dari pada batang di atas. Cereus spachianus atau Opuntia ficus disiapkan untuk bagian bawah batang. Hal-hal yang harus diperhatikan pada tanaman di batang bawah adalah akar yang kuat. Dalam proses penyambungan dengan kaktus juga harus dilakukan dengan cepat sebelum bekas potongan kering. Itu karena kaktus menempel dengan sempurna.

Demikianlah pembahasan tentang budidaya kaktus semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: