Bunga Lawang : Ciri, Manfaat dan Efek Samping Bunga Lawang

Posted on

Bunga Lawang : Ciri, Manfaat dan Efek Samping Bunga Lawang – Bunga lawang (Illicium verum) atau Kembang lawang atau pekak adalah rempah-rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan adas manis. Ramuan ini banyak digunakan dalam masakan Asia.

Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional masakan Cina, yaitu Ngo Hiong, yang terdiri dari lima macam rempah. Nama Bunga Lawang dalam bahasa Cina adalah ba jiao atau kelelawar gok, yang berarti “delapan tanduk”, sesuai dengan bentuknya, yang memiliki delapan kelopak.

Bunga-Lawang
Bunga Lawang

Bunga lawang memiliki bau khas yang kuat. Sejak diperkenalkan di Cina, rempah-rempah ini diperkenalkan di Eropa pada awal abad ke-17 dan sejak itu semakin populer. Minyak yang dihasilkan diproses dalam minuman menjadi bumbu.

Bunga lawang sebenarnya bukan bunga, itu adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Ketinggian pohon bisa mencapai 8 meter. Dia memiliki bunga kuning yang indah. Bunga lawang berkembang biak dengan biji. Buah dipetik sebelum matang dan dikeringkan dengan bantuan sinar matahari.

Bunga lawang digunakan sebagai bumbu, seperti kulit kayu manis dan bunga cengkeh, untuk menambah rasa makanan. Bunga lawang juga banyak digunakan sebagai rempah penyedap dalam makanan di Thailand, Vietnam, Indonesia dan India. Bangsa ini juga menggunakan banyak menggunakan bunga lawang untuk membumbui dapur.

Di beberapa negara dan wilayah, bunga lawang memiliki nama yang berbeda, termasuk orang-orang keturunan Cina di Jawa yang dianggap pekak. Orang Bali memanggilnya Bunga Lawang. Sementara negara-negara Eropa menyebutnya adas bintang, karena bentuknya menyerupai bintang. Di Italia itu adalah anice stellato. Masyarakat Jerman menyebutnya Sternanis.

Bunga lawang sebenarnya bukan bunga, itu adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Ketinggian pohon bisa mencapai 8 meter. Dia memiliki bunga kuning yang indah. Bunga lawang berkembang biak dengan biji. Buah dipetik sebelum matang dan dikeringkan dengan bantuan sinar matahari. Di Indonesia, rempah-rempah ini digunakan di beberapa daerah yang memiliki karakteristik masakan pedas. Misalnya Kari Aceh, Rendang Padang, masakan Jawa dan Bali.

Ciri-ciri Bunga Lawang

Karakteristik untuk tanaman ini tegak satu tahun dengan tinggi 15-50 cm, batang beralur dan berbulu, mengeluarkan aroma. Daun berseling, mengutuh dan menyirip. Bunga lawang sebenarnya bukan bunga, itu adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Ketinggian pohon bisa mencapai 8 meter. Dia memiliki bunga kuning yang indah. Bunga lawang berkembang biak dengan biji. Buah dipetik sebelum matang dan dikeringkan dengan bantuan sinar matahari.

Manfaat Bunga Lawang

Minyak bunga lawang sering digunakan sebagai penyedap dalam minuman. Ternyata Bunga lawang tidak hanya sebagai penambah rasa dalam memasak memiliki efektivitas untuk mengobati beberapa masalah kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat bunga lawang untuk kesehatan:

Menyehatkan Jantung

Sifat analgesik juga ditemukan dalam minyak adas bintang, yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan mengkonsumsi ramuan ini secara teratur, tekanan pada jantung dapat dijaga serendah mungkin agar berfungsi optimal.

Menghilangkan Bau Mulut

Rempah super ini juga berguna untuk menyegarkan bau mulut. Anda dapat mencapai manfaat ini dengan menambahkan adas bintang ke dapur Anda.

Pengobatan Ketidaknyamanan Menstruasi

Ekstrak bunga lawang mengandung estrogen, yang berguna dalam mengatasi gangguan hormon pada wanita seperti kram perut dan nyeri saat menstruasi. Caranya, oleskan bunga lawang ke tubuh yang terasa nyeri, lalu pijat dengan lembut. Minyak alami ini juga bisa dikonsumsi setelah dicampur dengan asam dan air hangat.

Mengatasi Sembelit dan Perut Kembung

Bunga lawang juga bisa bertindak sebagai stimulan pencernaan. Karena itu, orang Cina menggunakan ramuan ini untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Caranya, tuangkan minyak ini dengan air hangat dan minum di pagi hari.

Mengatasi Gejala Rematik

Tambahkan bumbu ini ke menu harian Anda untuk menghilangkan rasa sakit akibat rematik dan sakit punggung.

Melegakan Pernafasan

Hanya dengan menyeduh adas bintang dengan secangkir air hangat, gejala morning sickness dapat diatasi dan bernapas lega. Manfaat ini juga bisa dicapai dengan menggunakan minyak ini sebagai aromaterapi.

Mengobati Influenza

Efektivitas bunga lawang manis memang luar biasa. Minyak dari ramuan ini terbukti antijamur, antimikroba, dan antiseptik. Tentu saja, khasiat ini berguna untuk masuk angin dan demam. Senyawa dalam bunga lawang yang disebut asam shikimic sangat efektif melawan virus influenza.

Mengatasi Luka dan Lecet

Luka ringan pada kulit sembuh dengan mudah dengan aplikasi bunga lawang. Ramuan ini memiliki sifat antiseptik yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

Mengatasi Insomnia

Bunga Lawang memiliki aroma yang kuat dan karena itu efektif dalam mengobati gangguan tidur seperti insomnia. Ketika Anda minum teh bunga Lawang, kualitas tidur meningkat dan Anda bangun dalam keadaan segar di pagi hari.

Mengobati Asma dan Bronkitis

Bunga Lawang memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang meringankan gejala asma, batuk kering, dan bronkitis. Saat ini, banyak produsen obat batuk menggunakan rempah-rempah ini sebagai bahan utama.

Mencegah Tamiflu

Shikimic Acid pada bunga lawang sangat efektif dalam menangani Tamiflu. Beberapa waktu lalu, persediaan rempah-rempah ini hampir habis di pasaran dan harganya mahal.

Perawatan Kecantikan Kulit

Minyak bunga Lawang mengandung anethole, yang memiliki efek antiseptik dan anti spasmodik. Tidak hanya efektif dalam menjaga hidrasi kulit, tetapi juga membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Linalool dalam Macis adalah antioksidan yang berguna untuk mencegah penuaan dini, termasuk kerusakan kulit.

Efek Samping Bunga Lawang

FDA (Food and Drugs Administration) telah menemukan bahwa mengkonsumsi secara berlebihan campuran teh Bunga Lawang dapat menyebabkan beberapa efek samping yang serius. Efek samping ini termasuk kegugupan, rangsangan berlebihan, mual, gerakan mata yang cepat, sakit perut dan kram.

Bunga Lawang Jepang (Gymnanthera), pohon yang sama, tidak dapat dimakan sama sekali karena sangat beracun, tetapi kulit kayu dapat dihancurkan dan digunakan sebagai bahan pembuat dupa.

Demikianlah Pembahasan tentang ciri-ciri bunga lawang, manfaat serta efek samping dari bunga lawang semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Lainnya: