Tanaman Hias Daun Aglaonema, Jenis dan Syarat Tumbuhnya

Posted on

Tanaman Hias Daun Aglaonema – Menambahkan sebuah tanaman kedalah ruangan dapat membuat ruangan menjadi tampil lebih berbeda dengan keseluruhan dari sebuah rumah, anda harus mengetahui tanaman yang dapat menambah keindahan, dan keistimewaan serta secara keseluruhan mudah dalam perawatan.

Jika kamu sedang mencari ide tanaman dalam ruangan, cobalah menanam aglaonema atau diindonesia di kenal dengan tanaman sri rezeki, tanaman aglaonema adalah tanaman dekoratif yang cantik, dengan warna daun yang indah dari hijau tua hingga perak, memiliki jenis yang banyak serta perawatannya yang mudah.

Tanaman hias aglaonema memiliki daun yang berbeda pada tiap jenis nya mulai dari batang hingga daunnya, warna daunnya bervariasi mulai dari keperakan- hijau, abu-abu-hijau, dan juga abu-abu putih.

Jenis-jenis Tanaman Aglaonema

Dialam liar tanaman aglaonema memiliki 21 spesies, namun ada 5 jenis tanaman aglaonema yang begitu populer untuk dijadikan sebagai tanaman hias

1. Tanaman Aglaonema Adelia

Tanaman-Aglaonema-Adelia
Tanaman Aglaonema Adelia

Tanaman aglaonema adelia memiliki ciri yaitu daunnya yang runcing dibagian ujungnya, dengan daunnya yang besar, mengkilap serta memiliki warna kombinasi antara merah dan hijau.

Tanaman aglaonema adelia dapat tumbuh dengan baik pada kondisi tanah yang gembur, pemempatan yang baik yaitu pada tempat semi panas yaitu penyinaran matahari secara tidak langsung.

2. Tanaman Aglaonema Cinta

Tanaman-Aglaonema-Cinta
Tanaman Aglaonema Cinta

Tanaman aglaonema cinta merupakan jenis yang banyak penggemarnya karena warna nya yang lebih beragam seperti kombinasi hijau, kuning, orange dan juga pink.

Tanaman aglaonema cinta dapat tumbuh dengan baik pada tanah dan humus, berikan pupuk secara rutin sebulan sekali dan siram secara rutin pula, untuk penyinarannya cukup ditaruh pada sinar matahari selama beberapa jam saja.

3. Tanaman Aglaonema Emerald

Tanaman-Aglaonema-Emerald
Tanaman Aglaonema Emerald

Tanaman aglaonema emerald memiliki ciri daunnya berwarna hijau pekat dengan guratnya yang berwarna hijau dan putih, jenis emeral ini tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

Tanaman aglaonema emerald tidak dianjurkan ditempatkan pada suhu yang dingin karena tanaman ini tidak toleran terhadap suhu dingin.

4. Tanaman Aglaonema Claudia

Tanaman-Aglaonema-Claudia
Tanaman Aglaonema Claudia

Tanaman aglaonema claudia memiliki ciri daunnya berwarna hijau kekuning-kuningan, struktur daunnya yang rapi dan tersebar rata.

Jenis tanaman aglaonema claudia ini berasal dari thailand, penyiraman secara rutin untuk pertumbuhan tanaman ini secara optimal.

5. Tanaman Aglaonema Moonlight

Tanaman-Aglaonema-Moonlight
Tanaman Aglaonema Moonlight

Tanaman aglaonema moonlight memiliki ciri daun yang lebar dan besar, jenis ini memiliki warna daun hijau muda dengan guratan merah jambu pada tulang daunnya.

Media tanah yang baik untuk jenis tanaman ini yaitu memiliki Ph 5 -7 dan diberi pupuk serta penyiraman yang rutin.

Syarat Tumbuh Tanaman Aglaonema

Aglaonema dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi yang kurang cahaya namun ini untuk tanaman aglaonema yang berdaun hijau, tetapi untuk jenis aglaonema yang memiliki variasi warna pada daunnya dapat tumbuh dengan baik pada tempat yang terang dan mendapat sinar matahari secara tidak langsung, karena dapat meninggkatkan corak serta kecerahan dari warna daunnya, semakin banyak mendapatkan sinar matahari tak langsung maka semakin indah warna yang dihasilkan dari daun aglaonema tersebut, namun meskipun tidak mendapatkan cahaya yang cukup tanaman aglaonema masih dapat tumbuh menghiasai ruangan anda.

Tanaman aglaonema dapat tumbuh baik pada suhu yang hangat, perbedaan suhu yang berbeda secara mendadak dapat menyebabkan tanaman aglaonema terganggu, jauhkan pula tanaman aglaonema dari tempat angin seperti jendela, pintu dan ventilasi AC, Jika ruangan tempat aglaonema terlalu dingin dapat menyebabkan daunnya melengkung dan terlihat menguning, potong bagian daun yang mulai menguning kemudian pindahkan pada tempat yang lebih hangat.

Tanaman aglaonema dapat tumbuh dengan baik pada kondisi tanah yang lembab dan juga memiliki drainase yang baik, jaga kelembaban tanaman aglaonema pada saat musim penghujan, drainase tanah yang buruk dapat mengakibatkan pembusukan pada akar.

Perawatan Tanaman Aglaonema

Penyiraman tanaman aglaonema perlu diperhatikan terutama pada musim kemarau,siramlah secara rutin tanaman aglaonema pada pagi dan sore hari.

Pemupukan tanaman aglaonema untuk tambahan nutrisi perlu dilakukan untuk pertumbuhan daun,dengan pemberian pupuk maka nutrisi tanaman akan tercukupi membuat daun aglaonema menjadi cantik mengkilap dan indah akan membuat suaana rumah menjadi lebih indah dan menyegarkan.

pengendalian hama dan penyakit dapat ditemukan pada tanaman aglaonema meskipun sebenarnya tanaman aglaonema merupakan tanaman yang tahan terhadap penyakit, pencegahannya dapat dengan melakukan penyemprotan insektisida baik organik maupun non organik.

Itulah pembahasan tentang tanaman hias daun aglaonema yang selain cantik untuk dijadikan tanaman penghias ruangan juga mudah dalam perawatannya sehingga banyak diminati hingga saat ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Related posts: