12 Manfaat Kecipir untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on

Manfaat Kecipir – Kecipir adalah salah satu varietas tanaman merambat yang dapat dikonsumsi sebagai hidangan lezat. Kecipir adalah tanaman tropis yang umum di seluruh Indonesia.

Daun, biji, umbi, dan bunga dari kecipir dapat dikonsumsi sehingga tidak ada bagian tanaman yang terbuang. Akar tanaman ini rasanya mirip dengan kentang, ada yang mengatakan bahkan lebih baik daripada kentang. Daunnya bisa dimakan seperti bayam dan bijinya dimakan seperti kacang kedelai.

Kecipir
Kecipir

Dalam 100 gram kecipir mentah mengandung energi 409 kkal, asam pantotenat 0,795 miligram, riboflavin 0,45 miligram dan vitamin B6 0,175 miligram.

Kecipir membantu menurunkan berat badan dan mencegah penuaan dini pada kulit. Hal ini juga mengandung antioksidan kuat. Kecipir adalah sumber asam folat yang luar biasa, yang memiliki manfaat luar biasa bagi wanita hamil dan janin mereka.

Manfaat Kecipir

Mencegah Penuaan Dini

Kecipir kaya akan Vitamin C dan Vitamin A. Kedua vitamin ini bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus pada kulit.

Kesehatan Kulit

Antioksidan yang tinggi dalam kecipir baik untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan kulit, karena antioksidan melindungi kulit dari radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kulit.

Sebagai Sumber Energi

Kecipir mengandung sejumlah besar kalori, dengan kalori yang dibutuhkan untuk menggerakkan sistem organ tubuh. Sebanyak 100 g porsi kecipir mengandung sekitar 49 kalori, dan ketika benihnya matang, masing-masing 100 g mengandung sekitar 409 kalori.

Memperkuat Imunitas

Seperti disebutkan di atas, kecipir kaya akan vitamin C. Vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi.

Mencegah Kerusakan DNA

Kecipir juga mengandung berbagai mineral utama seperti besi, mangan, tembaga, kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin A, yang berguna untuk mencegah kerusakan DNA.

Pertumbuhan Sel dan Jaringan Saraf

Kecipir juga merupakan sumber asam folat, yang merupakan komponen penting dari pengembangan DNA. Folat memainkan peran penting dalam proses pengembangan sel pertumbuhan dan pembentukan jaringan saraf.

Menambah Stamina

Kecipir mengandung berbagai lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, dan tak jenuh ganda yang bersama-sama meningkatkan daya tahan sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

Kesehatan Tulang

Kecipir kaya akan kalsium dan fosfor yang dapat menjaga kesehatan tulang dan menghasilkan energi dalam masalah tulang.

Membantu Pencernaan

Kecipir mengandung gula fruktosa, glukosa, laktosa, sukrosa, galaktosa, dan maltosa. Beberapa kandungan gula ini sangat penting untuk pertumbuhan bakteri probiotik di usus yang dapat membantu pencernaan makanan.

Kaya Vitamin C

Kecipir mengandung vitamin C, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Sayuran ini juga dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan melindungi tubuh dari kanker.

Kaya Lemak Baik

Tidak semua lemak berbahaya bagi kesehatan. Kecipir mengandung berbagai lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, semua bekerja bersama untuk menyehatkan tubuh.

Sumber Kalsium

Kecipir kaya akan kalsium dan fosfor. Sayuran ini membantu dalam membangun tulang yang kuat dan menghasilkan energi untuk orang sakit dan orang lemah.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat kecipir semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: