14 Manfaat Bunga Turi dan Kandungan Gizi Bunga Turi

Posted on

Bunga Turi – Turi adalah tanaman asli dari Indonesia. Hampir semua bagian tanaman dengan nama Latin ini, yang disebut Sesbania grandiflora dapat manfaatkan sebagai tanaman herbal yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk bunganya.

Bunganya yang berbentuk kupu-kupu ini adalah campuran populer antara Pecel dan Lalapan di antara orang Jawa karena rasanya yang lezat.

Tetapi siapa sangka bunga turi yang mudah ditemukan di pekarangan rumah ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh Anda.

Bunga-Turi
Bunga Turi

Kandungan Gizi Bunga Turi

Tanaman yang memiliki nama ilmiah sesbania grandiflora ini memiliki bunga yang unik. Dimana pada bunga tersebut memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, berbagai jenis mineral (seperti kalium, fosfor, zat besi, serta kalsium), dan juga berbagai jenis vitamin (seperti vitamin B1, B2, B6, C, serta Beta karoten).

Adapun rincian kandungan nutrisi dari 100 gram bunga turi antara lain adalah :

  1. Air : 91.58 gram
  2. Protein : 1.28 gr
  3. Lemak : 0.04 gr
  4. Karbohidrat : 6.73 gr
  5. Kalsium : 18 mg
  6. Zat besi : 0.84 gr
  7. Magnesium : 12 mg
  8. Fosfor : 30 mg
  9. Potasium : 184 mg
  10. Sodium : 15 mg
  11. Selenium : 0.8 µg
  12. Vitamin C : 73 mg
  13. Thiamin : 0.083 mg
  14. Riboflavin : 0.081 mg
  15. Niacin : 0.430 mg
  16. Folat : 102 µg

Manfaat Bunga Turi

Membantu Proses Penyembuhan Luka

Sebuah studi 2011 oleh International Journal of Pharmaceutical Tech Research mengungkapkan bahwa ekstrak etanol yang bermanfaa termasuk dalam bunga turi berpotensi dapat mendukung proses penyembuhan luka. Ini bahkan melampaui efek penyembuhan luka dengan menggunakan nitrofurazone.

Mengobati Rabun Senja

Bunga turi dapat digunakan untuk menyebabkan gangguan rabun senja yang disebabkan oleh penyakit gusi.

Mengobati Sariawan

Seseorang yang mudah terserang sariawan adalah orang yang kekurangan asupan vitamin C. Untuk mengatasi gangguan ini, kita bisa menggunakan bunga turi yang diremas sebagai obat kumur. Atau bisa direbus kulitnya terlebih dahulu, baru kemudian kita bisa minum rebusannya.

Mengobati Sakit Tenggorokan

Manfaat kesehatan bunga Turi juga sangat efektif dalam pengobatan sakit tenggorokan seperti peradangan di daerah tersebut. Caranya adalah berkumur dengan air yang sudah dicampur dengan daun Turi. Lakukan ini secara teratur setidaknya 4 kali sehari.

Membantu Mengatasi Disentri

Disentri atau feses bercampur darah dapat diatasi dengan secara rutin mengonsumsi komposisi herbal rebusan kulit kembang turi dengan 2 gelas air selama beberapa saat hingga air yang tersisa hanya setengah. Terapi ini harus dilakukan dua kali sehari.

Mengatasi Pembengkakan Kuku

Tersandung kemungkinan besar akan menyebabkan pembengkakan di daerah di bawah kuku kaki. Ini dapat menyebabkan rasa sakit dan bekuan darah di daerah tersebut. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengambil beberapa potong daun Turi dan kemudian hancurkan sampai halus.

Oleskan hasil tumbukan tersebut ke bagian kuku yang terkena sebelum membalutnya. Lakukan ini secara rutin setidaknya 2 hingga 3 kali sehari. Ini mengurangi rasa sakit dan menghilangkan bekuan darah di daerah tersebut.

Membantu Mengobati Keputihan

Gangguan ini umum terjadi pada wanita yang merupakan penyebab tumbuhnya jamur Candida abnormal di vagina. Untuk mengatasinya, Anda harus rutin mengonsumsi bahan ramuan dari abon daun turi dan kunyit. Campurkan hingga +/- ¾ gelas air. Setelah mencampur, peras atau saring campuran. Dan untuk terus meminum ramuan ini minimal 2 kali sehari.

Mengobati Batuk

Gangguan batuk juga bisa diatasi melalui penggunaan bahan herbal dari manfaat bunga Turi. Caranya adalah dengan menggiling halus +/- beberapa kelopak daun bunga Turi merah. Tambahkan jus jeruk nipis dan minum campurannya. Atau Anda dapat dengan lembut menghancurkan daun Turi dan kemudian menambahkan setengah cangkir air hangat dan madu.

Saring dan konsumsi ramuan ini secara teratur untuk mengobati masalah batuk seperti batuk berdahak.

Mengatasi Demam

Jika kita atau anggota keluarga kita demam, kita tidak boleh terlalu panik. Cobalah untuk menghancurkan daun Turi dengan halus, lalu tambahkan +/- seperempat air hangat dan garam. Saring campuran dan minum secara teratur. Untuk mengatasi demam akibat cacar, terutama pada anak-anak, kita dapat menggunakan kulit bunga Turi untuk memasak.

Minumlah setelah dingin dan penyaringan untuk anak-anak yang secara rutin mengalami demam karena cacar.

Mengobati Sakit Pepala dan Pilek

Cara mengatasi gangguan ini hampir sama dengan cara mengatasi demam, yaitu dengan menumbuk terlebih dahulu segenggam daun kembang turi, untuk selanjutnya ditambahkan air matang dan disaring. Langkah selanjutnya adalah meminum ramuan tersebut secara rutin.

Mengatasi Rasa Kaku padaTubuh

Untuk mengatasi perasaan kaku yang terjadi di beberapa bagian tubuh, ambil akar Turi Kembang merah lalu haluskan. Tambahkan dengan sedikit air. Setelah itu, gunakan campuran ini sebagai gosok tubuh terhadap rasa sakit.

Melancarkan ASI

Untuk wanita menyusui, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak bunga dan daun bunga Turi sebagai lalapan atau menggunakannya dalam hidangan lain. Dipercaya bahwa manfaat daun Turi untuk payudara membantu melancarkan ASI dan mengatasi penurunan jumlah produksi ASI.

Anti Kanker

Dipercaya bahwa bunga turi mengandung asam amino dan Omega 3 yang merangsang setiap sel dalam tubuh Anda. Jangan mengalami mutasi kanker yang berlebihan untuk mencapai pertumbuhan yang baik.

Anti-Depresi

Depresi sering mengenai seseorang karena tekanan hidup terlalu tinggi. Jangan biarkan larut dalam depresi. Segera tangani dengan Bunga Turi Merah.

Demikianlah pembahasan tentang bunga turi semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya