Labu Siam : Manfaat dan Kandungan Labu Siam

Posted on

Labu Siam – Labu Siam adalah salah satu makanan yang sering dimakan oleh orang Indonesia. Di daerah Jawa, makanan ini sering disebut sebagai “Jipan / Jipang”. Sementara di dunia labu yang terkait lebih dikenal sebagai Chayote.

Labu siam sendiri bukan makanan khas Indonesia. Sesuai namanya, labu siam berasal dari wilayah Siam, salah satu wilayah di Thailand. labu siam adalah sayuran milik keluarga Cucurbitaceae dan masih merupakan keluarga mentimun dan labu kuning. Nama ilmiah labu siam itu sendiri adalah Sechium Edule.

Labu-Siam
Labu Siam

Bagi mereka yang tidak tahu labu siam tidak termasuk dalam buah tetapi dalam kelompok sayuran meskipun nama labu. Labu siam memiliki bentuk bulatseperti pir dan berwarna hijau.

Berdasarkan penelitian oleh para ahli kesehatan, telah ditemukan bahwa kandungan protein dalam buah labu siam adalah zat yang dibutuhkan tubuh manusia. Memang, sebuah penelitian di University of North Florida menemukan bahwa labu siam mengandung banyak vitamin.

Kandungan Labu Siam

Labu Siam atau Sechium edule adalah varietas sayuran yang mudah mengenyangkan karena mengandung karbohidrat. Meski demikian, labu siam memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Lemak dalam labu siam juga lemak yang baik dan labu siam tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali.

labu siam juga mengandung vitamin yang juga dibutuhkan tubuh mulai dari asam folat, vitamin C, vitamin B6, asam pantotenat (vitamin B5), niasin (vitamin B3), vitamin B1, vitamin B2, vitamin K, dan vitamin E. Ada juga mineral bahan-bahan seperti kalium, natrium, kalsium, besi, zinc, fosfor dan magnesium.

Sayuran ini, juga dikenal sebagai Chayote dalam bahasa Inggris, juga mengandung protein dan serat. Bahan lain yang tidak kalah penting adalah apigenin dan luteolin, yang merupakan senyawa flavonoid.

Manfaat Labu Siam

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat pertama dan paling dikenal dari labu siam adalah membantu mengurangi tekanan darah. Dipercayai bahwa penggunaan labu siam secara teratur pada pasien hipertensi dapat menurunkan tekanan darah. Efek diuretik dan kandungan antioksidan dalam labu siam adalah yang berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Menurunkan Kolesterol

Khasiat labu siam kedua adalah menurunkan kolesterol. Seperti yang disebutkan sebelumnya, labu siam tidak mengandung kolesterol atau jenis lemak jahat lainnya. Ini menjadikan labu siam pilihan yang sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah kolesterol.

Menangkal Radikal Bebas

Keuntungan ketiga labu siam adalah pertahanan terhadap radikal bebas. labu siam mengandung flavonoid dalam bentuk apigenin dan luteolin, yang merupakan senyawa antioksidan. Karenanya, labu siam sangat pandai menangkal radikal bebas.

Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Kemampuan labu siam untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol dan melawan radikal bebas menjadikan labu siam sayuran yang baik untuk mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya mulai dari penyakit kardiovaskular hingga kanker. Kandungan vitamin dan mineral dalam labu siam juga membantu menjaga tubuh secara keseluruhan.

Sayuran penambah Darah

Anemia adalah bentuk kelainan darah yang sangat umum. Salah satu cara mengatasi anemia adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung penambah darah yang mengandung banyak vitamin B2 dan zat besi, semua itu ada di labu siam. Makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B2 dapat merangsang produksi sel darah merah, sehingga anemia dapat diatasi.

Baik Untuk Perkembangan Janin

Keuntungan selanjutnya dari labu siam adalah baik untuk wanita hamil. labu siam mengandung asam folat, yang sangat penting untuk pertumbuhan sel dan DNA. konsumsi labu siam secara bersamaan pada wanita hamil diperkirakan dapat mencegah cacat lahir pada bayi.

Meningkatkan Stamina

Efektivitas labu berikutnya adalah meningkatkan stamina. Beberapa senyawa dalam labu siam adalah jenis elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu sumber elektrolit terbesar adalah kalium atau kalium, yang cukup tinggi pada labu siam.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari labu siam adalah membantu menurunkan berat badan. Jika Anda menurunkan berat badan melalui diet, itu ide yang baik untuk memasukkan labu siam dalam salah satu menu diet Anda.

Seperti yang disebutkan, labu siam adalah sejenis sayuran yang mengenyangkan, rendah kalori, bebas lemak dan tinggi serat. Inilah yang membuat labu siam sayuran yang sempurna untuk diet Anda.

Mencegah Sembelit

Keuntungan selanjutnya dari labu siam adalah dapat mencegah sembelit. sembelit atau konstipasi biasanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan berserat. Labu siam tidak hanya mengandung serat tetapi juga sayuran yang mengandung banyak air. Oleh karena itu sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

Mencegah Penuaan Dini

Efek yang tidak kalah penting dari labu siam adalah mencegah penuaan dini. Timbulnya gejala penuaan dini dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, mulai dari gaya hidup tidak sehat hingga paparan radikal bebas.

Kandungan antioksidan dalam labu siam dapat memerangi radikal bebas dan ROS (Reactive Oxygen Species), yang merupakan zat oksigen reaktif yang berbahaya bagi tubuh. Keduanya merupakan penyebab penuaan dini.

Pengobatan Batu Ginjal

Tanaman labu siam juga dapat membantu pengobatan batu ginjal. Namun, manfaat dari labu siam tidak berasal dari buah-buahan, tetapi dari daun. Sebuah penelitian dari University of North Florida menunjukkan bahwa daun labu siam memiliki manfaat dalam pengobatan batu ginjal dan juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Mencegah Kanker

Dalam labu siam ada kandungan oksidan, yaitu apigenin dan luteolin. Kedua jenis antioksidan ini memerangi dan membersihkan radikal bebas dan zat kotor dalam tubuh yang menyebabkan kanker dalam tubuh. Dengan makan labu siam, Anda telah meminimalkan risiko kanker.

Antioksidan

Labu mengandung sekitar 7,7 mg vitamin C. Vitamin C sendiri adalah salah satu antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel dan mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi setidaknya 100 gram labu siam, Anda akan memenuhi sekitar 13 dari total kebutuhan vitamin C tubuh yang disarankan setiap hari.

Mengobati Kembung

Telah ditemukan bahwa labu siam juga dapat bermanfaat untuk mengatasi ketidaknyamanan perut. Misalnya, jika Anda kembung, cobalah minum teh dengan irisan labu merah. Ini karena ternyata labu siam mengandung bahan-bahan yang terkandung dalam zat diuretik. Salah satu manfaatnya adalah perawatan perut kembung.

Sumber Mineral

Labu siam mengandung banyak mineral berbeda, termasuk potasium, zat besi dan fosfor. Kandungan mineral dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh, untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi dan untuk menjaga kesehatan metabolisme.

Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah karena kekurangan vitamin B2 dan zat besi. labu siam mengandung kedua elemen yang secara berkala dapat merangsang dan menghasilkan sel darah merah dan hemoglobin dalam tubuh, mengurangi potensi anemia.

Demikianlah pembahasan tentang labu siam semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: