15 Manfaat Buah Kemiri untuk Kesehatan

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Kemiri merupakan ramuan yang biasa digunakan di berbagai hidangan. Selain bumbu masakan, kemiri biasanya juga digunakan sebagai minyak herbal. Penggunaan minyak herbal dari kemiri biasanya dipakai dalam mengatasi masalah rambut.

Kemiri mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti lemak,protein, fosfor, karbohidrat, magnesium, kalium, zat besi, zinc, selenium, tembaga, asam folat, vitamin dan pitosterol. Dengan begitu banyak kandungan dalam kemiri berikut adalah manfaat kesehatan dari kemiri:

Manfaat-Buah-Kemiri
Manfaat Buah Kemiri

Manfaat Buah Kemiri

Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan jenis penyakit di mana anda tidak bisa tidur dengan benar. Insomnia disebabkan oleh banyak pikiran, depresi atau takut akan sesuatu. Dengan diprosesnya kemiri, Anda dapat mengatasi insomnia. Kemiri mengandung melatonin yang dapat Anda gunakan untuk bersantai dan tertidur dengan cepat. Manfaat kemiri baik untuk orang dengan insomnia buruk.

Mencegah Rambut Kering

Khasiat lainnya dari minyak kemiri adalah melembabkan rambut karena tinggi asam lemak esensial dan asam amino yang dapat masuk jauh ke dalam lapisan kepala. Dengan cara ini memungkinkan minyak kemiri membuat rambut terlihat sehat serta tidak kering.

Memanjangkan Rambut Dengan Cepat

Apakah anda pernah tahu bahwa manfaat minyak kemiri untuk rambut adalah cara untuk memanjangkan rambu anda dengan cepat? untuk membuat rambut panjang cepat gunakan minyak kemiri secara teratur.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung memiliki fungsi penting dalam tubuh yaitu memompa darah untuk mengalir melalui tubuh. Kandungan magnesium dan potasium dalam kemiri berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hipertensi juga merupakan sumber penyakit seperti stroke.

Mencegah Ketombe

Kemampuan minyak kemiri untuk melembabkan tidak hanya menyehatkan kulit kepala tetapi juga dapat mencegah ketombe. Gunakan kemiri untuk menghilangkan ketombe.

Mengurangi Infeksi Jamur

Lingkungan lembab seperti di popok dapat menyebabkan jamur tumbuh, termasuk bayi kita. Untuk meringankan gejala-gejala ini, Anda bisa mengoleskan minyak kemiri ke bagian-bagian tubuh yang terinfeksi jamur.

Membuat Rambut Berkilau

Kemiri yang diolah menjadi minya juga mengandung asam gamma linoleic yang dapat bertindak sebagai kondisioner alami untuk rambut. Fungsinya sama yaitu mengembalikan kelembaban rambut agar rambut anda terlihat berkilau.

Membuat Rambut Lembut dan Halus

Manfaat kemiri yang bisa membuat rambut tetap lembab, membuat rambut lebih halus dan lembut. Rambut yang lurus dan lembut pasti membuat Anda lebih aman.

Menjaga Kesehatan Tulang

Masalah tulang pasti dialami oleh seseorang, terutama saat mereka bertambah tua. Ternyata kemiri memiliki manfaat kesehatan tulang seperti osteoporosis, rematik dll. Karena kemiri mengandung senyawa fosfor yang berguna untuk menyehatkan dan menjaga kesehatan tulang.

Mengatasi Gejala Psoriasis

Ketika kulit kepala kering, berbagai masalah kulit bisa terjadi. Salah satunya adalah psoriasis yang ditandai dengan penampilan bersisik, kulit gatal dan rambut rontok. Atasi masalah tersebut dengan kemiri.

Mengatasi Diare dan Disentri

Masalah pencernaan seperti disentri dan diare pasti mengganggu aktivitas Anda, bukan? selain harus berkali-kali kekamar mandi, tetapi juga terasa tidak nyaman di perut. Kemiri mengandung serat yang efektif untuk masalah pencernaan seperti diare dan disentri.

Menumbuhkan Rambut

Khasiat kemiri bagi rambut juga bisa dirasakan oleh orang-orang yang menderita kebotakan atau kerontokan. Alasannya minyak kemiri mempunyai sifat mencegah rambut rontok serta merangsang tumbuhnya rambut baru.

Mencegah Kanker Payudara

Minyak kemiri juga mengandung 25 persen asam oleat, sejenis asam lemak yang membantu membunuh sel-sel kanker dalam tubuh. Dengan minyak kemiri ini risiko kanker payudara dapat dikurangi.

Menguatkan Rambut

Kemiri juga bisa digunakan untuk masker rambut yang memperkuat rambut. Khasiat minyak kemiri bagi rambut masih terkait dengan kandungan senyawa asam linolenat dan linoleat dari kemiri yang mampu memelihara, melapisi dan melembabkan rambut dan bahkan menutrisi rambut bercabang.

Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang mengikuti program diet, menambahkan kemiri ke masakan Anda tidak berbahaya. Karena kemiri sangat membantu dalam menurunkan berat badan, hal ini berkat kandungan protein yang dikandungnya. Protein sendiri membakar kalori dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat buah kemiri semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya