10 Cara Menanam Bunga Kamboja agar Cepat Berbunga

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Kamboja atau Semboja adalah sekelompok tanaman dari genus Plumeria. Bentuknya adalah pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunga nya memiliki harum sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan. Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib.

Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah. Nama Plumeria diberikan untuk menghormati ahli botani Prancis Charles Plumier (1646-1706). Meskipun kamboja berasal dari tempat yang jauh, kamboja sekarang menjadi pohon yang sangat populer di Bali, karena ditanam di hampir semua pura dan sudut desa dan memiliki fungsi penting dalam budaya lokal. Di beberapa tempat di nusantara termasuk Malaya, kemboja ditanam di pekuburan sebagai tumbuhan peneduh dan penanda tempat. Kemboja dapat diperbanyak dengan mudah, melalui stek batang.

Cara-Menanam-Bunga-Kamboja
Cara Menanam Bunga Kamboja

Cara Menanam Bunga Kamboja

Persiapan Bibit Bunga kamboja

Cara stek batang bunga adenium adalah:

  1. Siapkan tanaman bunga kamboja yang sehat yang akan di stek dengan panjang batang kira-kira 25 cm.
  2. Kemudian buang daun untuk mengurangi penguapan tetap harus menyisakan 2 daun.
  3. Potong batang tanaman dengan pisau steril lalu celupkan atau sebarkan dengan ZPT (Zat Pengatur Pertumbuhan).
  4. emudian letakkan potongan batang di tempat teduh selama sekitar 8 hari sehingga kambium kering.
  5. Selanjutnya, tanam batang dalam media tanam dalam bentuk campuran sekam dan arang.

Cara menanam bunga adenium dengan stek sambung batang (grafting) yakni :

  1. Persiapkan tanaman yang sehat yaitu stek dengan panjang batang sekitar 25 cm dan buang daunnya untuk mengurangi penguapan. Sisakan hanya 2 lembar daun.
  2. Selanjutnya, potong batang pada tanaman dengan pisau steril untuk membentuk Hurus V.
  3. Untuk tanaman yang menerima sambungan pemotongan berbentuk V terbalik sehingga pas saat disambungkan.
  4. Sambungan kemudian diikat dengan tali plastik.
  5. Tutupi tanaman dengan plastik bening selama 8 hari. Kemudian buka sungkup tanaman dan bibit sudah siap untuk mengeluarkan daun baru.

Pemilihan Lokasi

  1. Jauh dari polusi.
  2. Jauh dari sekitar predator.
  3. Suhu lingkungan normal.
  4. Media tanah gembur dan subur
  5. Dekat dengan sumber air.

Penananam Bunga Kamboja

Media Polibag atau Tempat Lainnya

Menanam dengan media ini sangat sederhana dan mudah. Anda hanya perlu menyediakan tempat atau wadah untuk penanaman dalam bentuk polybag, pot besar dan tempat lain dengan berat sekitar 4 hingga 10 kg per unit. Kemudian isi media tanah dicampur dengan pupuk dan buat lubang tanam kira-kira 4-10 cm tergantung pada akar yang ditanam. Kemudian tanam di media tersebut dan lakukan penyiraman.

Media Kebun atau Lahan

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan kebun dari gulma, kemudian membajak tanah secara merata dan membentuk bedengan tanaman sekitar 1 hingga 2 meter, 30 cm tinggi dan panjang tergantung pada lahan.
  2. Campurkan media tanam secara merata dengan pupuk organik dan anorganik dan diamkan selama beberapa minggu.
  3. Setelah itu, buat lubang tanam tergantung pada multiplikasi penanaman, dan lakukan penanaman dengan mengganti lubang tanam. Lakukan penyiraman sampai basah dan lembab.

Perawatan dan pemeliharaan

Penyulaman

Dapat dilakukan dengan mengganti tanaman baru yang tidak tumbuh dan mati. Lakukan penyulaman setelah penanaman 1-2 minggu agar pertumbuhan tanaman dapat merata.

Penyiraman

Dapat dilakukan sekitar 2 kali sehari, jangan berlebihan dan juga tidak boleh kekurangan air. Lakukan penyiraman dengan rutin terutama pada awal masa tanam

Pemupukan

Dapat dilakukan dalam skala 2-3 bulan setelah tanam berikan pupuk organik dan anorganik dapat digunakan tergantung pada ukuran dan takarannya.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Dapat dilakukan dengan melakukan sanitasi lingkungan secara teratur, menyemprot hama dengan insektisida sesuai dosis dan petunjuk dan menyemprot penyakit dengan fungisida sesuai dosis dan petunjuk.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam bunga kamboja semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya