8 Cara Menanam Lemon agar Cepat Berbuah

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Buah jeruk lemon, semua orang pasti kenal dengan sosok jeruk ini. Lemon adalah salah satu jenis jeruk paling populer di dunia. Jeruk lemon sering digunakan untuk keperluan memasak dan merupakan sumber vitamin dan alat bantu pencernaan. Lemon juga memberi rasa dan aroma yang enak pada makanan.

Selain popularitas lemon ini, lemon juga banyak ditanam di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar. Apakah Anda juga tertarik untuk menanam jeruk berwarna kuning cerah ini? Berikut kami uraikan langkah menanam lemon di pekarangan.

Cara-Menanam-Lemon
Cara Menanam Lemon

Cara Menanam Lemon

Persiapan Media Tanam Lemon

Pilihlah pot tanaman berukuran sedang dengan kedalaman kira-kira. 15-18 cm dan diameter kira-kira. 8-13 cm untuk menanam bibit lemon.

Setelah bibit lemon tumbuh dan cukup kuat, Kemudian pindahkan bibit lemon ke dalam pot tanaman yang lebih besar dengan diameter kira-kira 38-46 cm.

Pemilihan bibit Lemon

Pilihlah bibit lemon berkualitas tinggi. Anda bisa mendapatkan bibit lemon berkualitas tinggi di toko pertanian terdekat. Anda juga bisa menggunakan bibit lemon langsung dari buah lemon untuk dikonsumsi.

Caranya adalah dengan memilih buah lemon organik, lalu potong dan keluarkan bijinya. Kemudian pilihlah biji yang besar dan penuh untuk menjadi benih terbaik. Jangan biarkan biji lemon mengering,jadi segera taburkan benih lemon ke dalam media tanam.

Penanaman Lemon

Campurkan media tanam lemon dalam bentuk tanah dan pupuk kompos dan taruh di pot yang sudah disiapkan sebelumnya. Buatlah lubang tanam sedalam 1 cm, tempatkan biji lemon di lubang tanam, tutup kembali dengan tanah dan siram perlahan. Setelah itu, tutup pot dengan plastik bening untuk menjaga benih tetap lembab, tetapi buat lubang pada plastik agar biji bisa bernafas dengan baik.

Perawatan dan Pemeliharaan

Pencahayaan

Tempatkan tanaman lemon di tempat dengan pencahayaan yang memadai, terutama jika bibit baru ditanam. Idealnya, benih baru membutuhkan sekitar 10-14 jam sinar matahari sehari. Pastikan ada air di dalam pot sehingga media nutrisi tetap lembab di dalam pot.

Penyiraman

Lakukan penyiraman pada tanaman yang baru saja ditanam dengan rutin pada pagi dan sore hari terutama pada awal masa tanam dan musim kemarau untuk menghindari tanaman layu dan mati.

Pemupukan

Saat benih mulai berkecambah, cobalah untuk menjaga kondisi media tanam tetap hangat dan lembab. Caranya adalah dengan membuka tutup plastik dan meletakkan pot di tempat yang hangat. Pastikan tanah dalam pot tidak kering, dan pastikan tidak terlalu panas atau terlalu lembab untuk mencegah benih membusuk.

Agar unsur hara dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman lemon untuk tumbuh terpenuhi. Pemupukan dapat dilakukan dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dalam dosis tertentu. Pemupukan ini dapat dilakukan dua kali setahun.

Pemanenan

Buah jeruk lemon dapat dipanen ketika buahnya benar-benar matang. Karena buah jeruk adalah jenis buah yang hanya mampu mematangkan dirinya sendiri di pohon dan menghentikan proses pematangan setelah dipetik, usia buah yang ideal untuk panen adalah 30-36 minggu.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam lemon semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: