10 Cara Menanam Bunga Kertas dan Jenis-jenis Bunga Kertas

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Bunga kertas atau bunga Bougenville atau Bougainvillea (Bugenvil) adalah salah satu tanaman hias milik keluarga Nyctaginaceae. Tanaman berbunga ini berasal dari Amerika Selatan. Tanaman berbunga ini memiliki bentuk pohon kecil dan sulit tumbuh tegak.

Spatha atau semak berbunga dari tanaman berbunga ini cukup besar untuk menutupi semua bagian bunga majemuk sebelum mekar. Spata tipis dan memiliki sifat seperti kertas, warna bunga bervariasi, ada merah, putih, kuning, merah muda, ungu dan lainnya. Tangkai bunga ini memiliki duri yang bercabang dan tajam.

Cara-Menanam-Bunga-Kertas
Cara Menanam Bunga Kertas

Jenis-jenis Bunga Kertas

Bunga Kertas Gold Rush

Jenis warna bunga kertas hampir sama dengan varietas bunga kertas california gold, tetapi memiliki warna lebih terang dan lebih mencolok.

Bunga Kertas Afterglow

Bunga kertas jenis ini adalah favorit para pecinta tanaman hias karena dapat berbunga berulang kali dalam setahun. Selain itu, jenis bunga ini memiliki warna yang indah seperti koral, merah muda, orange dan merah.

Bunga Kertas California Gold

Karakteristik bunga kertas ini memiliki warna yang sangat bagus yaitu perpaduan dari emas ke oranye. Meskipun bunga ini akan menggugurkan daunnya setelah mekar sempurna, bunga kertas adalah salah satu aktivis tanaman hias paling populer.

Bunga Kertas Baby Victoria

Bunga kertas ini dapat mekar sepanjang tahun. Ciri-ciri bunga kertas ini adalah berwarna ungu dan magenta cerah. Pastinya halaman dengan jenis bunga kertas ini sebagai hiasan akan lebih elegan.

Bunga kertas Bambino Baby Allison

Varietas ini juga memiliki warna merah muda khas pada kelopaknya. Tentu saja, opsi ini sangat cocok untuk pecinta warna pink.

Bunga Kertas Bambino Baby Lauren

Memiliki warna yang sangat lembut seperti sebelumnya, tetapi warnanya lebih keunguan dalam jenis bunga kertas ini.

Bunga Kertas Coconut Ice

Bunga kertas jenis ini memiliki beragam warna yaitu putih, merah muda ungu hingga pink pucat.

Bunga Kertas Cherry Blossom

Bunga kertas jenis ini memiliki bunga berwarna merah muda keputihan atau merah muda.

Bunga kertas Bambino Pedro

Jenis bunga kertas ini memiliki warna bunga merah tua atau merah.

Bunga Kertas Alexandra

Bunga kertas jenis ini memiliki bunga ungu.

Bunga Kertas Bambino Majik

Bunga kertas jenis ini memiliki bunga dengan nuansa ungu dan putih.

Bunga Kertas Barbara Karst

Bunga kertas jenis ini memiliki variasi warna bunga seperti magenta dan merah tua.

Cara Menanam Bunga Kertas

Membuat Bibit Bunga Kertas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat bibit bunga kertas yang dapat dibuat dengan berbagai cara, dengan cangkok atau bahkan dengan stek batang.

Stek adalah kegiatan memotong tanaman yang kemudian ditanam di salah satu media pertumbuhan untuk membentuk akar dan terus tumbuh sampai mereka menjadi tanaman mereka sendiri. Stek bisa dalam bentuk stek batang, stek daun, stek pucuk dan ujung akar. Biasanya untuk menanam bunga kertas yang terbaik menggunakan stek batang.

Cara Menanam Bunga Kertas dari Biji

  1. Bibit harus berasal dari indukan yang berkualitas dan sudah tua.
  2. Bunga kertas dikeringkan di bawah sinar matahari.
  3. Biji bunga kertas yang sudah kering kemudian di ambil.
  4. Siapkan media pembibitan dalam bentuk polybag yang diisi dengan tanah, arang sekam dan pupuk kandang. Rasio ketiganya bisa 1: 1: 1.
  5. Tanam biji bunga kertas ini pada media pembibitan dan lakukan pemeliharaan seperti penyiraman.
  6. Kemudian Pindahkan bibit dan pindahkan benih ke media tanam utama setelah bibit memiliki beberapa daun dan tingginya sekitar 30 cm.
  7. Siapkan pot berukuran sedang untuk pot media tanam dan perbandingannya sama saat pembibitan. Sobek polybag sebelum pemindahan benih dilakukan.

Persiapan Media Tanam Bunga Kertas

Menanam bunga kertas harus dilakukan dengan media tanah yang baik, gembur, subur, dengan pH normal dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman bunga kertas.

Media tanam kemudian di olah yang isinya adalah campuran tanah gembur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Kemudian beri juga pupuk untuk mempercepat pertumbuhan akar.

Setelah media tanam siap, masukkan media tanam dalam bentuk campuran tersebut ke dalam pot.

Tetapi jangan terlalu penuh, sisakan beberapa inci dari bagian atas pot. Lalu tanam bibitnya. Benih dimasukkan ke tanah agar bibit tidak terpisah. Kemudian timbun kembali dengan tanah dan lakukan penyiraman.

Perawatan Bunga Kertas

Dalam penanaman bunga kertas hal yang perlu diperhatikan juga adalah perawatannya yang merupakan salah satu yang terpenting agar tanaman bunga kertas terlihat indah dan terawat.

Pemangkasan

Tujuan dari pemangkasan ini yaitu sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan tunas dan bunga. Memotong batang tanaman ini juga sangat baik untuk mencegah penyakit dan hama sehingga tidak menyerang bagian lain.

Penyiraman

Lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari untuk menjaga kelembaban tanah dan memenuhi kebutuhan air. Manfaat dari penyiraman adalah untuk dapat memaksimalkan pertumbuhan tanaman dan menghidari layu dan kematian.

Pemupukan Susulan

Agar tanaman subur dan tumbuh dengan baik, mereka harus menjaga kesehatan tanaman dengan menyediakan pupuk tambahan. Pupuk kandang, pupuk kimia dan organik dapat digunakan untuk pupuk. Berikan pupuk secukupnya dan Berikan pupuk jika tanaman kurang subur.

Tempat yang Baik untuk Tanaman

Saat menanam bunga kertas ini, Anda harus menempatkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Karena dengan ruang terbuka untuk menanam bunga kertas dapat dimaksimalkan dan juga memiliki bunga berkualitas lebih tinggi.

Pemeliharaan Bunga Kertas

  1. Pertahankan kelembaban di media tanah dengan baik.
  2. Lakukan penyiraman dua kali sehari agar media tanah tidak terlalu kering.
  3. Lakukan pemangkasan bunga kertas agar pertumbuhannya tidak terganggu.
  4. Bunga kertas diberi pupuk organik atau anorganik, sehingga media tanah menjadi subur dan gembur.
  5. Mengontrol hama dan penyakit bunga kertas dengan cara membersihkan, menyemprotkan insektisida dan lainnya.

Pencegahan Hama dan Penyakit Bunga Kertas

Untuk memastikan bahwa proses fotosintesis berjalan dengan baik, tanam bunga kertas di lahan terbuka yang terkena sinar matahari langsung.

Jika tanaman terkena penyakit, potong bagian yang terkena segera atau semprotkan fungisida.

Namun perlu diingat, bunga kertas juga membutuhkan masa kering yang tidak perlu disiram selama beberapa hari. Kemudian daun menjadi kering dan kuncup bunga mulai tumbuh.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam bunga kertas semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya