10 Cara Menanam Lidah Buaya Supaya Subur

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman yang sudah tidak asing lagi dimasyarakat. Keunikan tanaman ini terletak pada bentuknya yang menyerupai ekor buaya.

Bentuknya seperti segitiga dengan pangkal lebar, ujung runcing dan duri-duri tajam disekelilingnya. Kulit lidah buaya berwarna hijau ada yang hijau tua dan ada yang hijau muda.

Cara-Menanam-Lidah-Buaya
Cara Menanam Lidah Buaya

Berbeda dengan kulitnya, daging tanaman ini berteksutur padat tembus cahaya dan memiliki lendir berwarna kuning kehijauan. Selain bentuknya yang istimewa, lidah buaya juga dapat ditanam dengan mudah dan tanpa membutuhkan banyak peralatan.

Lidah buaya harus ditanam di rumah karena menawarkan banyak manfaat. Daging lidah buaya yang dioleskan langsung ke rambut berguna untuk menebalkan rambut dan membuat rambut menjadi lebih bervolume. Lidah buaya juga dapat diproses menjadi bahan makanan untuk dikonsumsi.

Cara Menanam Lidah Buaya

Persiapan Media Tanam

Langkah pertama dalam berbagai langkah cara menanam lidah buaya adalah dengan mengambil media tanam lidah buaya. Selain menggunakan plastik polybag Anda juga bisa menggunakan media dalam bentuk pot. Sesuaikan luas lahan yang dimiliki. Saat memilih pot pilih ukuran kecil hingga sedang.

Jika Anda memiliki media tanam lain seperti kaleng kecil atau ember bekas yang berukuran kecil, Anda dapat menggunakannya juga. Pemilihan barang bekas seperti itu sangat disarankan agar barang-barang ini lebih berguna dan menghemat biaya. Jangan lupa membersihkannya sebelum menggunakannya sebagai media tanam.

Pemilihan Bibit Unggul

Cara selanjutnya menanam lidah buaya adalah pemilihan bibit. Salah satu alasan menanam lidah buaya adalah karena kandungannya yang sangat bermanfaat. Agar dapat memanfaatkan manfaat yang tak terhitung jumlahnya, tanaman lidah buaya harus tumbuh sehat dan memiliki daging tanaman yang banyak.

Nah, hal ini ditentukan oleh jenis bibit tanaman. Semakin baik kualitas benih, semakin baik hasilnya nanti saat panen. Karena itu, pilihlah bibit lidah buaya yang berkualitas tinggi. Bibit lidah buaya ditandai dengan ukuran batangnya yang biasanya 50-60 cm, berwarna hijau tua dan aromanya tidak terlalu menyengat.

Menyiapkan Tanah

Cara ketiga menanam lidah buaya adalah dengan menambahkan tanah kering ke media tanam Anda. Jika tanaman lain biasanya ditanam dengan humus dan tanah lembab, hal ini tidak berlaku untuk tanaman lidah buaya.

Untuk tumbuh, lidah buaya sebenarnya membutuhkan tanah kering. Misalnya, Anda bisa menggunakan sekam sebagai isian untuk media tanam. Anda juga bisa mencampur tanah kering dengan pasir dan pupuk kandang.

Selanjutnya, Anda bisa memasukkan bibit lidah buaya ke dalam media tanam yang diisi tanah kering. Cara yang tepat untuk menanam lidah buaya adalah dengan meletakkan benih di tengah media tanam. Cobalah untuk tidak menaruh bibit terlalu dalam. Hal ini untuk mencegah tanaman lidah buaya dari resiko pembusukan.

Proses Penanaman

Pada tahap penanaman lidah buaya bukan hal yang sulit karena siapa pun bisa melakukannya. Cara menanam lidah buaya sama dengan tanaman lain:

  1. Pilih dan ambil lidah buaya yang masih memiliki ukuran kecil. Saat memilih daun lidah buaya atau bibit tanaman lidah buaya cobalah untuk mencari bibit yang segar juga dikenal sebagai tidak ada bintik hitam pada daun yang Anda pilih sebagai bibit. Sehingga tanaman lidah buaya Anda bisa tumbuh segar dan optimal.
  2. Kemudian menanam lidah buaya seperti tanaman lainnya. Yaitu dengan memasukkannya ke tanah yang sebelumnya disiapkan atau media tanam. sehingga tidak sulit dalam menanam lidah buaya.
  3. Sebaiknya tidak terlalu dalam dan dangkal saat menanam lidah buaya ini. Jika Anda menanamnya terlalu dalam dan dangkal, bibit akan busuk. Selain itu, tanaman juga akan mudah roboh saat tumbuh nanti.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Tidak semua tanaman menyukai air. Salah satunya adalah tanaman lidah buaya. Tanaman lidah buaya termasuk tanaman yang tidak suka air. Hal ini karena tanaman lidah buaya cepat membusuk daunnya. Karena itu, lakukan penyiraman tanaman lidah buaya dengan air yang cukup dan tak terlalu banyak dosisnya.

Selain itu, tanaman lidah buaya adalah tanaman yang menyimpan banyak air dalam tubuhnya. Sehingga kita tidak perlu repot menyiramnya terlalu sering. Namun, lakukan sesekali juga penyiraman pada tanaman lidah buaya.

Lidah buaya adalah tanaman dengan daun berdaging jadi tanaman ini adalah sejenis tanaman yang menyimpan air. Dengan kata lain, jangan menyiram berlebihan di atas tanaman, karena akan membuat tanaman cepat membusuk. Dan pastikan pot memiliki lubang pembuangan untuk menghilangkan kelebihan air nantinya.

Penempatan

Untuk menempatkan tanaman lidah buaya Anda harus meletakkannya di tempat yang teduh tetapi di bawah sinar matahari langsung. Tanaman lidah buaya ditempatkan di tempat teduh sehingga tanaman mempertahankan bentuk pertumbuhannya sebagai tanaman lidah buaya yang indah. Dan menghadap langsung ke sinar matahari sehingga bisa berfotosintesis dengan sempurna, sehingga bisa tumbuh dengan baik dan optimal.

Namun, Anda perlu tahu bahwa tanaman lidah buaya ini tidak hanya tumbuh di luar ruangan atau sebagian besar di luar ruangan tetapi juga di dalam ruangan. Jadi Anda bisa meletakkan tanaman lidah buaya di ruang tamu Anda sebagai pajangan atau sebagai hiasan untuk ruang tamu Anda. Tapi ingat, selama tanaman ini mendapat cukup cahaya agar tetap sehat dan tidak layu. Atau Anda melakukannya setiap pagi hingga sore, letakkan tanaman lidah buaya Anda di luar ruangan agar dapat berjemur dan menghiasi ruang tamu dengannya di malam hari.

Pemupukan

Jika kita memberikan pupuk pada lidah buaya kita bisa menggunakan pupuk NPK atau pupuk organik lainnya secukupnya. Jika Anda memilih untuk menggunakan pupuk NPK Anda dapat memberikan dosis 2 gram / polybag setiap dua minggu. Cukup mudah tidak memberi pupuk? Tidak ada kerumitan dan tidak membuang banyak uang.

Pemeliharaan

Meskipun pada tahap penanaman lidah buaya sangat mudah dilakukan tanaman lidah buaya ini membutuhkan perawatan ekstra jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Tanaman lidah buaya Anda juga tumbuh sehat.

Proses Pemanenan

Ketika tanaman lidah buaya berumur 6 bulan kita dapat memilih tanaman lidah buaya atau mendapatkan hasil darinya. Dengan kata lain, tanaman lidah buaya Anda dapat dipanen pada bulan ketujuh dan dimanfaatkan khasiatnya, misalnya untuk rambut atau untuk pengobatan alternatif. Anda dapat memanennya dengan memetik daun lidah buaya dengan pisau dengan benar.

Dan lidah buaya siap panen! Anda siap menjual sendiri beberapa obat dengan bahan lidah buaya ini, bukan? Sehingga kalian dapat dikatakan bermanfaat dalam menanam lidah buaya karena membuahkan hasil yang memuaskan.

Bagi Anda yang merasa bahwa tanah tidak cukup untuk menanam lidah buaya jangan khawatir lagi. Karena cukup menggunakan polybag Anda sudah bisa menanam lidah buaya di kebun rumah Anda sendiri.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam lidah buaya semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya