7 Cara Menanam Lidah Mertua agar Tumbuh Subur

Posted on

Cara Menanam Lidah Mertua – Teknik menanam lidah mertua dapat dilakukan dengan menanam anakan atau dengan benih jadi yang tentu saja membutuhkan waktu lebih lama. Diketahui bahwa lidah mertua dengan nama Latin Sansevieria adalah salah satu tanaman hias yang sangat populer di indonesia.

Tanaman hias dengan ciri-ciri daun yang menonjol dengan ujung runcing, kaku dan keras dengan warna belang antara tepi hijau tua dan muda serta tepi daun kuning, umumnya digunakan sebagai tanaman hias dengan pot tanah.

Lidah mertua sendiri memiliki beragam varietas, beberapa di antaranya diklasifikasikan sebagai tanaman eksklusif dengan harga sangat tinggi. Tidak heran jika begitu banyak orang menanam tanaman hias ini karena diberi peluang bisnis yang bagus. Di sini Anda dapat melihat berbagai varietas dari genus sansevieria.

Tetapi bagi Anda yang ingin menanamnya sendiri di rumah, itu juga cukup mudah karena tanaman mertua memiliki umur yang panjang dan perawatan yang sangat mudah. Bahkan tanaman ini dapat bertahan dalam empat musim dan masih menghasilkan pola dan warna yang menarik.

Lidah mertua tidak hanya berguna sebagai tanaman hias, tetapi juga sering digunakan untuk penyegar udara. Terlepas dari itu, seluruh tanaman lidah mertua mempunyai sejumlah keunggulan untuk kesehatan dan lingkungan.

Cara Menanam Lidah Mertua yang Mudah

Cara-Menanam-Lidah-Mertua
Cara Menanam Lidah Mertua

Pemilihan Media Tanam

Secara umum, lidah mertua adalah tanaman yang mempunyai sifat kering dan tidak suka air berlebih. Sehingga ketika memilih media tanam ciri-ciri ini harus diperhitungkan dan nutrisi yang cukup harus diperhitungkan.

Ada dua komposisi untuk media tanam yang didasarkan pada pengelompokan jenis tanaman. Hal ini terdiri dari media tanam untuk varietas lidah mertua yang membutuhkan cukup air dan varietas kering. Untuk varietas pertama, Anda bisa menyiapkan sekam bakar, pasir malang dan pupuk organik dengan komposisi 1: 1: 1.

Dalam kasus varietas kering seperti daun silindris dengan lidah mertua, Anda dapat mencampur pupuk organik, pasir malang dan sekam bakar dengan komposisi 2: 1: 1.

Pemilihan Pot

Pemilihan pot ini harus disesuaikan dengan bentuk dan jenis tanaman lidah mertua. Semakin besar tanaman, semakin besar pot yang anda gunakan. Pot yang bisa Anda gunakan juga bervariasi dari berbahan tanah liat, keramik, plastik dan semen.

Setiap bahan pot memiliki kelebihannya sendiri. Pot dari tanah liat atau semen memiliki kelebihan dalam menyerap air, sehingga lebih baik untuk tanaman, tetapi pot jenis ini relatif mahal.

Meskipun pot plastik lebih murah tetapi bisa menampung lebih sedikit air, kita membutuhkan lubang pembuangan untuk menghilangkan kelebihan air. Kurangnya penyerapan air juga dapat ditemukan dalam pot keramik, hanya pot keramik yang menawarkan tampilan yang indah dan menawan.

Cara Menanam Lidah Mertua

Berikut langkah-langkah dalam menanam lidah mertua :

  1. Potong daun lidah mertua dan tersehat sepanjang 5-10 cm. Potongan daun dapat dibuat pada lembaran kecil atau tebal di lidah mertua (Sansevieria).
  2. Setelah memotong, oleskan bagian daun yang terluka dengan stimulan akar seperti Rooton F dan Grow Tone serta fungisida.
  3. Tanaman pada media campuran sekam bakar :sekam mentah pasir: pakis dengan perbandingan 1: 1: 1: 1 atau dapat dikatakan bahwa semuanya sama.
  4. Posisikan lidah mertua dengan tegak.

Perawatan dan Pemeliharaan

Pemupukan

Pemberian pupuk juga diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan. Untuk pupuk yang digunakan itu adalah jenis pupuk yang tidak mudah larut. Anda dapat memakai pupuk NPK dengan ukuran 1 sendok untuk pot berdiameter 15 cm setiap tiga bulan. Selain pupuk NPK, Anda juga bisa memberikan pupuk kandang atau pupuk daun seminggu sekali.

Repoting Tanaman

Lidah mertua adalah tanaman yang mereproduksi melalui tunas. Jika tanaman ini terus berkembang biak, pot akan terlihat sesak dan penuh pada tanaman. Untuk alasan ini, perlu untuk mengganti atau repoting pot dengan mengganti media tanam dan memisahkan tunas baru dari tanaman induk untuk menjaga keindahannya.

Penyiraman

Seperti disebutkan di atas, tanaman hias lidah mertua adalah tanaman yang menyukai media kering, sehingga pengairan dilakukan hanya sesuai kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan air media pertumbuhan. Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, Anda dapat mengeluarkan tanaman dari waktu ke waktu sehingga terkena sinar matahari.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam lidah Mertua semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya