12 Cara Menanam Lombok agar Tumbuh Subur

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Tanaman lombok atau cabai memiliki tempat sendiri di Indonesia. Hampir semua orang suka makan dengan lombok, terlepas dari apakah itu lombok segar atau diolah menjadi sambal. Tapi sepertinya itu tidak bisa dipisahkan dari yang namanya lombok.

Dalam beberapa tahun terakhir, tanaman lombok telah berkembang dengan sangat baik dalam bisnis pertanian terutama di daerah pegunungan dengan ketinggian 800 hingga 1200. Pada ketinggian ini, tanaman lombok berkembang dengan sangat baik. Hampir 70 % petani di daerah pegunungan memilih tanaman lombok.

Cara-Menanam-Lombok
Cara Menanam Lombok

Cara Menanam Lombok

Syarat Tumbuh

Tanah

  1. Membutuhkan tanah yang memiliki struktur remah atau gembur dan kaya akan bahan organik.
  2. PH (keasaman) tanah adalah 5,5 hingga 7,0.
  3. Tanah tidak lembek atau ada genangan air.

Iklim

  1. Curah hujan tahunan adalah antara 1500 dan 2500 mm dengan distribusi seimbang.
  2. Suhu udara sekitar 16 ° hingga 32 ° C.
  3. Pada awal pembungaan dan pematangan, tanaman cabai harus memiliki sinar matahari yang cukup (10-12 jam)

Pemilihan Jenis Lombok

Sebelum menanam, Anda harus terlebih dahulu menentukan jenis cabai apa yang harus ditanam. Anda dapat memilih apakah cabai rawit, cabai merah besar,lombok merah atau lombok jenis lain.

Penyemaian Bibit Lombok

Setelah memutuskan jenis cabai yang akan ditanam, pilih cabai segar. Kupas cabai dan ambil bijinya. Lanjutkan pengeringan di bawah sinar matahari sampai kering.

Selanjutnya, lakukan penyemaian bibit yang sudah kering. Anda dapat memilih untuk penyemaian di polybag atau di media bedengan persemaian. Kedua metode ini hampir sama, tetapi sebagian besar petani menggunakan media bedengan persemaian sebagai teknik untuk penyemaian benih cabai.

Cara menggunakan teknik bedengan adalah membuat bedengan di sebidang tanah yang gembur. Tambahkan pupuk dan pupuk TSP yang anda sukai (jika Anda ingin menggunakan pupuk organik, Anda tidak perlu menggunakan pupuk TSP). Pemupukan ini dikatakan mempercepat pertumbuhan benih cabai.

Setelah bedengan dibuat, Lakukan penyemaian biji cabai di setiap bedengan yang Anda buat. Setelah itu, tutupi bagian atasnya dengan gulma kering. Gunakan alang-alang kering yang disangga dengan kayu jarak. Beri Jarak antara tanah cabe.
Selama proses penyemaian, jaga selalu kondisi tanah dalam kondisi yang baik setiap hari atas penutupnya, agar air tidak langsung jatuh ke tanah yang akan menyebabkan benih jadi hanyut.

Tunggu benih tumbuh menjadi tanaman kecil dengan setidaknya memiliki empat helai daun. Jika Anda memiliki setidaknya empat daun, bibit cabe siap untuk dipindahkan ke lahan tanam.

Pengolahan Lahan Tanam

  1. Sambil menunggu benih jadi, pertama-tama kita dapat menyiapkan lahan tempat menanam cabe.
  2. Bersihkan lahan yang akan digunakan untuk menanam lombok dari gulma atau tanaman liar lainnya.
  3. Lakukan penggemburan tanah dan tambahkan pupuk.
  4. Buatlah bedengan selebar 1 meter hingga 1,5 meter. Tinggi bedengan adalah 30 cm dan jarak antara bedengan adalah 30 hingga 40 cm.
  5. Buatlah lubang dengan jarak antara 40 dan 60 cm.
  6. Nah, Lahan ini siap untuk penanaman cabe.

Penanaman Lombok

Waktu terbaik untuk menanam cabai adalah ketika curah hujan tidak terlalu banyak. Hal ini penting untuk diketahui karena tanaman cabai bisa mati dalam hujan lebat dan genangan air.

Nah, berikut langkah untuk menanam bibit cabe yang sudah jadi.

  1. Ambil bibit yang sudah memiliki empat daun dalam kondisi baik.
  2. Masukkan benih ke dalam lubang yang disiapkan di lahan tanam.
  3. Tutup lubang lagi dengan tanah atau pupuk kandang.
  4. Lakukan penyiraman cabe setiap hari saat tidak hujan.
  5. Anda bisa memberikan penutup pada tanaman cabai selama musim kemarau. Dapat menggunakan jerami atau penutup lain untuk menjaga kelembaban dan menghindari kekeringan di area penanaman.

Perawatan dan Pemeliharaan

Penyiraman

Lakukan penyiraman dengan rutin pada pagi dan sore hari terutama pada awal masa tanam dan musim kemarau, agar lombok cepat berbuah lakukan penyiraman dengan cucian beras.

Pemupukan Susulan

Lakukan pemupukan susulan setelah 2 minggu masa tanam, karena pada awal masa itu tanaman membutuhkan banyak nutrisi tambahan untuk dapat tumbuh dengan subur.

Penyiangan

Lakukan kebersihan lahan disekitar tanaman cabe, Lakukan penyiangan terhadap gulma atau tanaman liar yang tumbuh disekitar tanaman cabe agar tidak merebut nutrisi dalam tanah.

Proses Panen

Biasanya, panen berlangsung setelah 4-5 bulan tergantung pada jenis tanaman cabai dan perawatannya. Karena itu sebaiknya Anda tidak mengabaikan pemeliharaan rutin sehingga kondisi buah saat matang benar-benar baik dan terlihat segar. Ciri-ciri cabai yang siap panen adalah buahnya bewarna orange kekuning – kuningan, daunya layu serta tak menandakan pertambahan buah atau perkembangan lagi.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam lombok semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: