11 Cara Menanam Merica Hasil Maksimal

Posted on

BungaBunga.Co.Id – Indonesia dikenal dengan banyak jenis tanaman herbal yang dapat menghasilkan berbagai jenis rempah. Dikarenakan kebutuhan akan rempah yang semakin tinggi, maka banyak orang yang memutuskan untuk memulai belajar tentang teknik budidaya jenis tanaman ini. Untuk harga rempah yang cukup tinggi itu juga merupakan salah satu latar belakang dari banyak orang yang mempraktikkan tanaman rempah di Indonesia.

Salah satu jenis rempah yang cukup terkenal adalah lada atau merica. Lada atau merica yang tersedia di pasaran adalah buah yang diproduksi dari pohon merica. Saat ini, semakin banyak orang memiliki perkebunan lada sendiri dan mulai menanam merica dalam skala kecil dan besar. Untuk menghasilkan merica berkualitas tinggi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang menanam tanaman ini.

Cara-Menanam-Merica
Cara Menanam Merica

Cara Menanam merica

Syarat Tumbuh

Budidaya merica dapat berhasil jika iklim yang cocok untuk pertumbuhan lada diperhitungkan dalam bentuk curah hujan antara 2000 dan 3000 mm / tahun, paparan sinar matahari yang cukup sekitar 10 per hari tercapai, suhu yang cocok untuk pertumbuhan merica di 200 hingga 340 ° C dan kelembaban 50 hingga 100%.

Tanaman merica juga membutuhkan media tanam yang cocok sehingga proses pertumbuhan untuk panen dapat dimaksimalkan dan kegagalan panen seperti perbedaan ketinggian dari 300 hingga 1.100 m di atas permukaan laut 5.5-7.0.

Pemilihan Bibit

Ada benih biji lada unggul yaitu biji merica bangka. Setelah mendapatkan varietas benih terbaik langkah selanjutnya adalah proses penyemaian yang bertujuan untuk membiarkan calon tanaman tumbuh secara optimal dan juga mendapatkan perawatan maksimal.

Pastikan sebelumnya bahwa Anda telah melakukan proses seleksi sehingga biji yang digunakan benar-benar berkualitas tinggi. Biji yang siap disemai adalah biji yang berwarna merah atau kuning. Kemudian kulit terluar dari kulitnya dikupas dan Anda dapat segera menanamnya di media semai.

Tips memilih bibit Merica

  1. Memiliki jaminan atas kemurnian jenis bibitnya
  2. Bibit berasal dari indukan yang sehat
  3. Indukan tanaman merica tidak terserang oleh hama dan penyakit
  4. Indukan harus berusia 10 bulan hingga 3 tahun

Persiapan Lahan Tanam

Cara selanjutnya menanam merica adalah mengolah lahan penanaman. Pastikan sebelumnya bahwa lokasi yang Anda pilih memenuhi semua syarat pertumbuhan merica seperti ketinggian tempat, ph tanah, jenis tanah, suhu, curah hujan serta kelembaban agar merica yang dihasilkan memiliki kualitas unggulan sehingga dalam proses penjualan di pasar tidak mengalami kesulitan.

Pengolahan Lahan Tanam

Berikut ini adalah cara pengolahan lahan tanam merica, yaitu :

  • Bersihkan tanah dengan cangkul dan sabit dari rumput dan hama lainnya
  • Kemudian cangkul tanah sedalam 30 cm sehingga akar merica baru dapat tumbuh dengan mudah
  • Kemudian beri pupuk kering dalam perbandingan 3: 1
  • Jika pH tanah di bawah 5, proses pengapuran dilakukan agar tanah kembali stabil
  • Buat Pengajiran dengan jarak 2,5 m berturut-turut dan 4 m di antara baris
  • Selanjutnya, buat lubang dengan ukuran 40X40X40 dan tinggi 20 cm
  • Butuh waktu 2 hingga 4 minggu untuk menanam merica

proses Penanaman

Cara menanam merica dapat dilakukan dengan cara monokultur pada jarak 2 mx 2 m atau dengan metode tumpangsari. Proses penanaman merica lebih baik dilakukan di musim hujan atau selama perubahan musim. Selain itu, cara menanam merica dilakukan pada waktu yang tepat, pukul 6:30 pagi atau 4:30 sore. hingga 6:00 malam. pemberian pupuk dasar kisaran 0,75 hingga 100 gram pertanaman.

Perawatan dan Pemeliharaan

Proses pemeliharaan sangat penting dalam menanam merica karena ada banyak hama dan penyakit yang dapat mengganggu tanaman merica Anda, menyebabkan tanaman mati dan kegagalan panen terjadi. Karena itu, Anda tidak hanya harus memberantas hama dan penyakit, Anda juga harus melakukan proses perawatan agar nantinya dapat mempertahankan kualitas unggul dari buah lada. Berikut beberapa cara merawat merica:

Pengikatan

Tujuan pengikatan adalah agar tanaman bisa lebih kuat dan lebih stabil. Pengikatan ini dilakukan dengan tali yang diputar untuk memudahkan dilepaskan.

Penyiangan dan Pembubunan

Penyiangan adalah proses pembersihan lahan tanaman merica dari hama dan penyakit lalu pembubunan dilakukan agar asupan nutrisi merica terpenuhi sehingga dapat tumbuh dan berbuah secara maksimal.

Pemangkasan

Proses pemangkasan dilakukan pada bagian tanaman yang terserang hama dan penyakit seperti batang, ranting dan daun agar tidak ditularkan ke tanaman lada lainnya.

Pemberian Pupuk

Pemupukan tambahan untuk tanaman lada berusia 7 hingga 10 HST secara rutin selama 10 hari. Pemupukan bertujuan untuk memberikan nutrisi tambahan terhadap tanaman

Proses panen lada

Tanaman merica dapat dipanen setelah berumur sekitar 3 tahun. Terlepas dari usianya, ada karakteristik tanaman merica yang siap panen: batangnya menguning, ada buah kuning kemerahan yang sudah matang.

Cara menanam merica adalah fase yang sangat diharapkan para petani karena mereka dapat menikmati hasil budidaya sebelumnya. Panen dapat dilakukan dengan memetik merica dari bawah ke atas dan memotong persendian tangkai buah lada pada ketiak dahan.

Demikianlah pembahasan tentang cara menanam merica semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: