Cara Mencangkok Pohon Jambu (90% Berhasil)

Posted on

Cara Mencangkok Pohon Jambu – Mencangkok atau okulasi merupakan Tehnik dalam menanam dengan tujuan untuk memperbanyak buah dengan cara vegetatif buatan, tujuan mencangkok ini juga agar tanaman jambu ini dapat ditempatkan pada wadah pot atau polybag.

Kelebihan dari tehnik cangkok ini buah nya akan sama banyak nya dengan tanaman induk nya dan tanaman jambu tidak tumbuh tinggi.

Teknik mencangkok mempunyai banyak keunggulan diantara nya

  1. Tanaman dapat cepat berbuah
  2. Tanaman Yang dihasilkan dari tehnik mencangkok ini akan sama dengan induk nya.
  3. Tanaman ini akan tumbuh dengan tidak terlalu tinggi namun dapat berbuah lebat
  4. Tanaman jambu dapat ditanam pada media pot atau polybag
Cara-Mencangkok-Pohon-Jambu
Cara Mencangkok Pohon Jambu

Berikut Cara Mencangkok Pohon Jambu

Tehnik mencangkok pohon jambu ini merupakan tehnik yang paling banyak dalam membudidayakan dibandingkan tehnik dengan menanam biji maupun dengan stek. tanaman jambu ini merupakan tanaman yang paling mudah ditanam dengan tehnik mencangkok, meskipun tanaman jambu ini memiliki jenis yang banyak seperti jambu air, jambu biji, jambu kristal dan masih banyak jenis yang lainnya. semua jenis tanaman jambu pada dasar nya dapat ditanam menggunakan tehnik cangkok

Alat Dan Bahan

  1. Pohon jambu yang sehat untuk dijadikan induk pembibitan
  2. Alat yang tajam seperti cutter, pisau dan juga golok
  3. Tanah yang digemburkan
  4. pupuk Kandang dan pupuk cair
  5. plastik pembungkus, sabut kelapa (ijuk)
  6. Media tanam (pot atau polybag)
  7. Tali

Proses Pencangkokan

Proses-pencangkokan
Proses pencangkokan
  1. Pilih lah batang pohon dari induk calon bibit yang bagus dan tua, dengan diameter sekitar 2.5 cm dan panjang dahan sekitar 60 – 120 cm.
  2. Sayat kulit dahan dengan cara melingkar dengan panjang 4 – 7 cm, dan pastikan sayatan berada dibawah ujung daun, dan kikislah dahan dengan ujung pisau, dan bersihkan lendir dari dahan menggunakan kain.
  3. Setelah dahan dikupas kemudian keringkan dengan cara dibiarkan selama 1- 2 hari, setelah itu bungkus dahan tersebut dengan plastik dan sabut kelapa yang sudah disiapkan. kemudian ikat bagian bawah dahan.
  4. Masukkan tanam beserta pupuk yang sudah dicampurkan kedalam pembungkus dahan. rapikan tanah hingga menutupi dahan yang terkelupas dan kemudian ikat bagian atas dahan.
  5. Setelah itu jaga kelembaban dari tanah yang dicangkok tersebut dengan cara dilakukan penyiraman secara rutin pagi dan sore hari, bukalah pembungkus bagian atas pada saat penyiraman dan lihat lah apakah akar nya sudah tumbuh atau belum.
  6. Akar tanaman hasil cangkok akan tumbuh secara sempurna setelah beberapa bulan, setelah akar sudah tumbuh secara sempurna, maka potonglah pohon cangkokan dengan alat yang tajam.
  7. setelah tanaman pencangkokan itu di potong jangan langsung ditanam pada lahan terbuka seperti kebun, maka lakukanlah penyemaian didalam pot atau polybag.
  8. polybag yang baik berisi campuran tanah gembur dan pupuk kandang kemudian buat lubang pada polybag sebesar batang cangkokan.
  9. Tanamlah hasil cangkokan kedalam polybag kemudian padatkan tanah tersebut, polybag sebaiknya ditempatkan pada tempat yang sejuk.
  10. Setelah 3 bulan pohon yang dilakukan penyemaian tersebut dapat dipindahkan ketempat yang lebih banyak sinar matahari
  11. Setelah itu hasil dari pohon penyemaian sudah dapat ditanam pada tempat yang lebih terbuka, tanamlah pencangkokan bersama tanah penyemaian agar tidak mati.
  12. Siramlah batang pencangkokan secara rutin pada pagi dan sore hari.

Setelah proses penanaman selesai, maka lakukan pemupukan tambahan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman tersebut dan juga menyuburkan tanah.

Rawatlah tanaman dari gulma dan hama-hama peganggu yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman pencangkokan tersebut.

Demikianlah cara mencangkok pohon jambu yang sangat mudah dan berbuah lebat, menanam dengan tehnik mencangkok ini selain mudah juga dapat berbuah dengan lebat, semoga bermanfaat.

Baca Artikel Lainnya :

Cara Menanam Buah Semangka Agar Cepat Berbuah

Cara Budidaya Tanaman Jarak yang Baik dan Benar

Ini Dia 5 Tahapan Cara Stek Tanaman Hias Yang Baik dan Benar

Related posts: