14 Manfaat Daun Adas untuk Kesehatan dan Manfaat Lainnya

Posted on

Daun Adas – Tanaman adas sendiri adalah tanaman umum yang digunakan sebagai sayuran atau bumbu makanan. Selain itu, tanaman ini mudah dibudidayakan dan memiliki manfaat kesehatan. Tidak mengherankan, beberapa keluarga Indonesia menanam tanaman ini sebagai tanaman obat keluarga.

Daun adas memiliki nama Latin Foeniculum Vulgare Mill. Tumbuhan ini hidup dengan cara merumpun dan memiliki umur yang panjang. Tanaman adas memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama daunnya sendiri. Di Indonesia, nama-nama tanaman ini bervariasi tergantung pada lokasi.

Daun Adas

Manfaat Daun Adas

Mengobati Anemia

Anemia dapat disembuhkan dengan tanaman adas. hal ini karena zat besi dan histidin dalam daun adas dapat merangsang produksi HB dan membantu tubuh memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Jika HB naik dan cukup, anemia bisa diatasi.

Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Minyak atsiri dalam biji adas dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan pada sistem pencernaan. Pada anak-anak, gangguan pencernaan bisa diatasi dengan biji adas. Caranya adalah mengunyah biji adas setelah makan besar. Adas bermanfaat tidak hanya untuk merangsang sistem pencernaan tetapi juga untuk merangsang sekresi asam lambung, meredakan gastritis, dan peradangan usus.

Mengatasi Perut Kembung

Daun adas dianggap memiliki senyawa antiflatulen. Antiflatuen dalam daun adas dapat mengurangi produksi gas dalam lambung.

Mengatasi Sembelit

Tanaman Adas juga dapat mengatasi sembelit karena biji adas yang dihancurkan dapat bermanfaat sebagai pencahar. Biji adas mengandung banyak serat. Serat ini dapat mempertahankan peristaltik di usus. Jadi sembelit bisa diatasi.

Mengobati Penyakit Jantung

Tanaman adas juga dapat mengobati penyakit jantung karena kandungan serat dalam biji adas menjaga stabilitas kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. LDL dalam tubuh juga dapat dikurangi dengan biji adas. Stabilitas kolesterol dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke.

Mencegah Kanker

Tanaman Adas dapat mencegah kanker dalam tubuh. Flavonoid, alkaloid dan fenol sangat berguna dalam melindungi sel-sel tubuh dari pertumbuhan sel kanker. Dipercaya bahwa biji adas mencegah sel-sel kanker payudara dan juga kanker hati.

Menormalkan tekanan darah

Adas mengandung kalium. Kalium adalah nutrisi penting bagi tubuh kita. Kalium bermanfaat untuk meredakan ketegangan di pembuluh darah. Ketegangan dapat meningkatkan tekanan darah. Semakin sedikit ketegangan dalam pembuluh darah, semakin normal tekanan darah.

Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan kalium dalam adas dapat meningkatkan konduksi listrik ke seluruh tubuh. Termasuk konduksi listrik dari tubuh ke otak. Kalium dalam otak dapat meningkatkan fungsi otak dan fungsi kognitif otak. Kalium juga dapat menyebabkan oksigen mengalir ke otak, menyebabkan fungsi otak dan memori meningkat.

Mengobati Diare

Minyak atsiri yang ditemukan dalam tanaman adas dapat membantu menyembuhkan diare. Diare disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi bakteri dapat disembuhkan dengan menggunakan minyak atsiri pada tanaman adas.

Mengobati Kolik

Minyak atsiri pada tanaman adas berguna untuk menyembuhkan gangguan penyakit ginjal.

Meningkatkan Imunitas

Tanaman adas bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena kandungan vitamin C memperkuat sistem imun dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Melancarkan Menstruasi

Adas bisa memicu hormon wanita yang sedang menstruasi. Hormon yang lancar juga bisa membuat menstruasi menjadi lancar dan teratur pada wanita. Caranya adalah merebus biji adas dan minum ramuan selama menstruasi.

Menyehatkan Mata

Tanaman adas telah terbukti sebagai bahan yang dapat menyehatkan mata. Antioksidan yang kaya akan tanaman adas bermanfaat untuk mencegah peradangan pada mata dan mengurangi adanya gangguan penglihatan di mata.

Sumber Antioksidan

Daun adas merupakan tanaman yang kaya akan antioksidan seperti flavonoid, vitamin C, tanin dan terpenoid. Senyawa antioksidan bisa menghalau radikal bebas dari dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang daun adas semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: