12 Manfaat Daun Alang-alang untuk Kesehatan

Posted on

Daun Alang-alang – Alang-alang telah lama dikenal sebagai tanaman dengan banyak manfaat. Beberapa daerah mengenali alang-alang sebagai Ilalang atau sebagai padang. Selain alang-alang, telah ditemukan bahwa akar alang-alang juga memiliki manfaat kesehatan. Alang-alang memiliki ciri-ciri tinggi sekitar. 1-2 m Alang-alang hampir sama dengan padi.

Meskipun tumbuh sebagai tanaman parasit yang mengganggu tanaman di sekitarnya, pada kenyataannya tanaman alang-alang ini memiliki beberapa manfaat kesehatan. Seperti dijelaskan di atas, alang-alang juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Daun-Alang-alang
Daun Alang-alang

Manfaat Daun Alang-alang

Melancarkan Buang Air Kecil

Terkadang masalah yang umum, seperti buang air kecil, tidak lancar dan sering dialami oleh masyarakat. Ini biasanya menyebabkan rasa sakit di daerah kemaluan. Salah satu cara untuk mengatasinya juga sederhana: gunakan alang-alang yang dicampur dengan gula batu, seduh dan dinginkan, konsumsi secara teratur.

Obat Kencing Nanah

Khasiat akar alang-alang adalah pengobatan kencing nanah. Kencing nanah dapat menjadi gejala penyakit serius. Dalam hal ini, jangan panik karena Anda bisa mengobatinya dengan akar alang-alang.

Cara membuat ramuan dengan menyiapkan 300 g akar alang-alang dan kemudian memotongnya menjadi potongan-potongan kecil. Masak potongan-potongan kecil dari akar alang-alang dan campur gula batu pada akar alang-alang. Biarkan akar alang-alang menjadi dingin dan kemudian konsumsi minuman itu 3 kali sehari sampai kencing nanah menghilang.

Mengatasi Kencing Batu

Penyakit ini terjadi karena ada endapan kalsium di kandung kemih, yang menyebabkan buang air kecil menjadi tak lancar dan menyakitkan. Solusinya sederhana: masak akar alang-alang, daun meniran dan juga daun kumis kucing, biarkan hingga dingin dan minum. 3 bahan ini secara efektif dapat menghancurkan deposit batu di kandung kemih, kemudian hancuran batu tersebut akan terbawa dengan urin.

Mengobati Hipertensi

Mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat banyak. namun Tahukah Anda bahwa ternyata akar alang-alang dapat digunakan untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi? Caranya adalah menyiapkan akar alang-alang rebuslah secukupnya dan konsumsi secara teratur.

Mengobati Radang Paru-Paru

Paru-paru menjadi salah satu organ vital manusia karena manfaatnya untuk bernafas, tetapi jangan salah, karena bagian tubuh tersebut juga sangat rentan terhadap masalah, salah satunya adalah peradangan. Anda perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan akar alang-alang untuk mengatasinya.

Mengobati Asma

Tidak jauh berbeda dengan masalah paru-paru, asma juga terjadi di daerah tersebut. Untuk mengatasinya, cukup rebus 100 g akar alang alang, tambahkan 50 g kencur dan 50 g sirih, seduh dengan 200ml air, belah dua dan saring, lalu minum secara teratur.

Mengobati Keputihan

Masalah seperti keputihan umum terjadi pada wanita, tetapi jangan salah, karena penyakit ini bisa sangat berbahaya jika terus berlanjut. Jangan khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan alang-alang dengan hanya memasak akar alang-alang, menambahkan daun pepaya dan pulasari dan minum air rebusannya dua kali sehari, pagi dan sore.

Mengobati Mimisan

Mimisan adalah istilah keluarnya darah dari hidung. Banyak sekali obat tradisional yang bisa mengatasinya. Salah satunya adalah akar alang-alang. Caranya, ambil 200 gram akar alang-alang lalu dicuci, rebus dengan 6 gelas air hingga airnya tinggal 2 gelas. Dinginkan, saring air dan minum tiga kali sehari.

Prostat

Masalah prostat ini lebih banyak dialami pria yang lebih tua di atas usia 60 tahun. Jika Anda memiliki keluarga dengan kanker prostat, anda juga memiliki risiko terkena lebih besar.

Karena itu ambil tindakan pencegahan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan rajin berolahraga. Untuk pengobatan tradisional, ambil 500 gram akar alang-alang yang sudah dimasak dengan 6 gelas air hingga airnya tinggal setengah. Dinginkan airnya untuk diminum 3 kali sehari.

Mengobati Diare

Manfaat lain dari alang-alang adalah dapat mengobati diare pada anak-anak dan orang dewasa. Caranya, 250 gram akar alang-alang dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Saring airnya dan minumlah. Minumlah 1 gelas sekali, segera setelah buang air besar.

Mengobati Demam

Selain manfaat peluruh urin, khasiat lain dari akar tanaman buluh mengobati demam. Caranya, 1 sendok makan akar Alang-Alang, dimasak dengan beberapa potong Tang Kwe (bubur buah matang setengah matang yang dibuat manisan) dalam dua gelas sampai airnya tinggal setengah. Air mendidih ini diminum hingga 2 gelas sehari dan suhu tubuh turun.

Mengobati Muntah Darah

Selain kemampuan untuk menghentikan mimisa akar dari tanaman alang-alang, juga bertindak sebagai obat antidiare. Caranya, ambil 60 gram akar alang-alang, lalu cuci bersih dan potong-potong. Rebus alang-alang dengan 2.000 cc air hingga tersisa 1.200 cc. Saring airnya lalu minum tiga kali sehari. Tambahkan beberapa gula batu untuk membuatnya terasa lebih enak.

Demikianlah pembahasan tentang daun alang-alang semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: