10 Manfaat Daun Awar-awar untuk Kesehatan

Posted on

Daun Awar-awar – Awar-awar adalah tanaman liar yang memiliki beberapa manfaat kesehatan karena adanya bahan kimia dalam daun, buah-buahan dan akar. Tanaman ini mungkin masih asing di telinga kita, tetapi manfaat daun Awar-Awar untuk pengobatan telah ditunjukkan secara empiris.

Anda dapat menemukan tanaman awar-awar di daerah pedesaan atau di hutan terbuka. Namun, ada kemungkinan Anda menanamnya di taman dengan kelembaban tanah yang cukup.

Daun-Awar-awar
Daun Awar-awar

Banyak orang Jawa percaya bahwa daun Awar Awar, yang tumbuh subur di suatu tempat, menunjukkan bahwa ada sumber air yang sangat besar di bawahnya.

Manfaat Daun Awar-awar

Mengobati Sakit kepala

Penggunaan daun Awar-Awar untuk mengobati sakit kepala sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan daun Awar-awar. Tumbuk daun Awar-awar dan menghancurkan daun sampai membentuk pasta. Setelah selesai, oleskan ke bagian tubuh yang gatal dan pada bagian kepala jika Anda sakit kepala.

Mengobati Bisul dan Gatal-gatal

Mengobati gatal dan bisul dengan daun Awar-Awar juga sangat sederhana, dengan mengambil hanya sekitar 5 gram daun Awar-Awar dan kemudian dibakar sampai layu. Saat daun layu, hancurkan daun sampai halus. Jika sudah dalam bentuk pasta, oleskan campuran ke daerah bisul dan tubuh gatal. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara teratur setiap hari sampai rasa sakitnya sembuh.

Sebagai Penangkal Gigitan Ular

Jika Anda menderita serangan ular berbisa, Anda dapat menggunakan daun Awar-Awar ini untuk menangkalnya dengan cara menumbuknya. Namun, ini bukan pengobatan kecuali Anda tahu persis jenis ular apa yang menyerang, Sebaiknyadilarikan ke dokter jika terjadi serangan untuk perawatan yang lebih intensif.

Radang Usus Buntu

Daun awar-awar juga dapat membantu mengurangi radang usus buntu yang sangat berbahaya bagi Anda.

Penangkal Mual

Jika Anda masih hamil muda dan merasa mual dan muntah, Anda bisa menggunakan campuran daun dan akar awar-awar yang dimasak bersama. Kemudian disaring kemudian diminum karena dapat menjadi obat mual dan muntah yang sangat efektif .

Mengobati Pembengkakan

Daun awar-awar juga sangat efektif dalam mengobati pembengkakan di tubuh. Anda hanya perlu menempelkan getah daun nya pada bagian tubuh yang bengkak dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Mengatasi Sembelit

Jika Anda memiliki masalah dengan buang air besar, Anda sebaiknya tidak menggunakan obat pencahar karena efeknya akan sangat berbahaya dalam jangka panjang. Cara lain untuk menggunakan buah awar-awar untuk sembelit, karena dapat digunakan sebagai pencahar alami dan tentunya tidak memiliki efek samping pada tubuh.

Melawan kanker

Daun Awar-awar yang berguna dalam pengobatan kanker adalah alkaloid fenantroindolisidin. Karena itu, daun Awar Awar dipercaya sebagai obat kanker terbaik.

Antioksidan

Dalam daun awar-awar mengandung zat antioksidan yang baik untuk tubuh, antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu penyakit kanker.

Mengatasi rematik

Daun awar-awar juga sangat efektif untuk mengobati penyakit rematik karena kandungan senyawa yang ada dalam daun awar-awar sebagai daun anti rematik.

Demikianlah pembahasan tentang daun awar-awar semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: