12 Manfaat Daun Bangun-bangun untuk Kesehatan

Posted on

Daun Bangun-bangun – Daun bangun-bangun ditemukan di banyak negara di India dan Afrika. Jenis daun ini sangat mudah dikenali karena memiliki aroma yang berbeda dari daun lainnya. Sekilas, daun bangun-bangun menyerupai daun mint dengan tekstur kasar dan ketebalan daun cukup tebal.

Sejak dahulu, banyak masyarakat toba telah menggunakan daun ini sebagai bahan alami untuk membantu ibu meningkatkan produksi ASI mereka.

Daun-Bangun-bangun
Daun Bangun-bangun

Daun bangun-bangun tidak hanya meningkatkan produksi ASI tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Daun ini mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk tubuh yang sehat.

Kandungan senyawanya juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Maka jangan heran jika obat tradisional saat ini mengolah daun bangun-bangun untuk digunakan sebagai obat herbal yang efektif untuk mengatasi masalah kesehatan.

Manfaat Daun Bangun-bangun

Obat Penyakit Malaria

Khasiat daun bangun-bangun yang pertama sangat efektif dalam menangani malaria. Daun ini memiliki senyawa yang cocok untuk pengobatan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang ditularkan oleh nyamuk jenis ini.

Mengatasi Batu Ginjal

Khasiat daun bangun-bangun selanjutnya sebagai obat herbal dalam penyembuhan penyakit batu ginjal. Daun unik ini tidak hanya melindungi kesehatan Anda dari penyakit, tetapi juga melindungi ginjal Anda dari penyakit lain.

Meredakan Asma

Khasiat daun bangun-bangu juga sangat baik untuk penderita asma. Alasannya adalah daun ini bisa meredakan asma saat penyakitnya kambuh. Daun ini membantu menghentikan gejala asma secara lebih alami.

Mengatasi Kejang

Manfaat daun bangun-bangun juga baik untuk pengobatan kejang. Kejang tubuh adalah reaksi faktor-faktor tertentu yang menyerang tubuh. Anda dapat menggunakan daun ini jika keluarga Anda sakit.

Obat Cacingan

Khasiat daun bangun-bangun efektif melawan cacingan. Cacingan adalah penyakit di mana saluran pencernaan Anda dipenuhi dengan cacing penykit. Daun yang satu ini akan membunuh cacing tersebut.

Mencegah Bronkitis

Manfaat daun bangun-bangun untuk sistem pernapasan mencegah penyakit pernapasan seperti bronkitis. Penyakit ini telah menginfeksi banyak orang pada paru-paru mereka.

Meredakan Cekukan

Keuntungan daun bangun-bangun yang sederhana namun sangat bergizi adalah menghilangkan cekukan. Cekukan adalah gejala yang tidak bekerja dengan baik antara perut dan tenggorokan karena kurangnya minum.

Mencegah Kanker

Anti-kanker adalah sifat dari daun bangun-bangun yang tidak boleh Anda lewatkan. Daun ini mengandung sejumlah antioksidan yang cocok untuk memerangi sel kanker yang tumbuh di dalam sel tubuh Anda.

Anti Tumor

Anda dapat mencegah tumor memasuki tubuh dengan menggunakan daun bangun-bangun. Setelah diteliti, daun ini adalah jenis daun yang efektif melawan berbagai jenis tumor penyakit.

Mencegah Radikal Bebas

Anda tidak akan merasakan beberapa efek radikal bebas sekarang, tetapi akan anda rasakan beberapa tahun kemudian. Untuk mencegahnya, gunakan daun bangun-bangun sebagai bahan alami untuk menghindari radikal bebas.

Mengatasi Sariawan

Bagi Anda yang sering mengalami sariawan, kini Anda dapat menemukan solusi alami. Daun bangun-bangun dipercaya bisa mengatasi sariawan. Mungkin ini tidak terlepas dari kandungan vitamin C.

Meredakan Demam

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, diyakini bahwa Daun bangun-bangun dapat meredakan demam. Caranya adalah dengan memilih 7 lembar daun bangun-bangun yang masih segar, bersihkan dan bilas dengan air matang. Kemudian haluskan hingga menjadi bubur peras saring dan ambil sarinya untuk diminum.

Demikianlah pembahasan tentang daun bangun-bangun semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya