12 Manfaat Daun Capa untuk Kesehatan

Posted on

Daun Capa – Daun capa berasal dari tanaman Capa, yang sering tumbuh liar di area kebun, ladang atau bahkan sawah. Tanaman ini memiliki ukuran yang cukup besar dan bisa tumbuh hingga 6 meter.

Daun Capa sendiri besar dan panjang dengan gerigi pada pinggiran daun. Permukaan daun sedikit berbulu dan terasa halus saat Anda menyentuhnya. Pada usia muda, daun ini memiliki warna hijau yang berubah menjadi kuning seiring waktu.

Daun-Capa
Daun Capa

Daun Capa ini memiliki beragam nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan alaminya memang sangat berlimpah. Seperti glikosida, asam palmitat, miristin, minyak atsiri, limonene, borneol, tannin, cineole dan pirokatechin.

Tentu bukan tidak mungkin daun capa memiliki manfaat yang baik terhadap kesehatan tubuh dengan setiap nutrisi yang dikandungnya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dan khasiat daun capa untuk kesehatan.

Manfaat Daun Capa

Mengatasi Influenza

Khasiat daun capa yang pertama adalah efektif dalam memerangi flu. Daun herbal ini dapat menyembuhkan flu lebih cepat dan memperkuat tubuh Anda dari flu.

Mengobati Batuk

Khasiat daun capa juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati batuk. Daun capa ini meredakan batuk dan melegakan tenggorokan Anda. Batuk berdahak juga mudah dicaharkan dengan daun capa ini.

Mengatasi Gatal Pada Kulit

Khasiat daun capa tidak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi, tetapi juga sebagai obat luar. daun unik ini mampu mengobati gatal di kulit Anda, apakah gatal melalui gigitan serangga atau penyebab lainnya.

Obat Diare

Khasiat daun capa dapat menjadi obat diare yang ampuh. Daun herbal ini sangat membantu mengurangi diare lebih cepat karena mengandung anti-kuman dan bakteri yang membunuh bakteri penyebab diare.

Mencegah Beri-beri

Orang dapat mengandalkan khasiat daun capa untuk mencegah beri-beri. Saat Anda mengonsumsi daun ini, gejala beri-beri mudah diatasi dan perkembangannya di tubuh Anda bisa dicegah.

Obat Nyeri Saat Haid

Wanita yang sering mengalami rasa sakit saat menstruasi harus mencoba manfaat daun capa. Daun capa ini mengandung analgesik yang tidak kalah efektif pada obat-obatan kimia yang ada dan dijual di toko obat.

Menyembuhkan Sakit Kepala

Jangan tunggu sampai sakit kepala yang sangat menyakitkan. Gunakan daun Capa untuk mengobatinya. Daun ini bertindak sebagai obat alami untuk sakit kepala dan menghilangkan sakit kepala.

Obat Rematik

Manfaat daun capajuga bisa dirasakan oleh penderita penyakit rematik. Kandungan alami dari daun capa ini secara aktif meredakan sakit rematik di tulang dan persendian tubuh Anda.

Bagus untuk Nafsu Makan

Apakah nafsu makan Anda sering berkurang? Tidak ada yang salah dengan mencoba daun capa sebagai solusi herbal. Daun ini mengandung senyawa yang merangsang nafsu makan anda, sehingga tubuh anda tidak kekurangan asupan nutrisi.

Menyehatkan Lambung

Perut anda juga bisa disehatkan dengan mudah dengan daun capa. Daunnya yang kaya manfaat ini melindungi perut dan mencegah penyakit perut seperti gastritis dan lainnya.

Mengatasi Maag

Daun capa bermanfaat juga dalam mengobati penyakit maag, kandungan senyawa yang ada dalam daun capa dapat meredakan nyeri perut akibat maag.

Membunuh Bakteri

Daun capa dapat membunuh bakteri dalam tubuh karena dalam daun capa terdapat senyawa anti bakteri dan anti mikroba, sehingga dapat membunuh bakteri penyebab penyakit.

Demikianlah pembahasan tentang daun capa semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: