12 Manfaat Daun Gendola untuk Kesehatan

Posted on

Daun Gendola – Daun Gendola adalah daun tanaman Gendola yang menyebar dengan ketinggian yang bisa mencapai lebih dari 6 meter. Batang tanaman ini tidak sekuat tanaman lain, cenderung lunak dan berwarna merah tua.

Bunga gendola berwarna ungu gelap seperti batangnya. Daun Gendola sendiri berbentuk bulat seperti telur, dengan ujung daunnya tumpul dan berwarna hijau. Tanaman ini mudah dikenali oleh semua karakteristik ini.

Daun-Gendola
Daun Gendola

Tanaman gondola lebih umum digunakan sebagai tanaman hias untuk memperindah dekorasi pagar. Untuk alasan ini, masih banyak orang yang tidak tahu seberapa efektif Daun gendola ini untuk kesehatan fisik.

Daun gendola memiliki banyak manfaat kesehatan dengan banyak senyawa yang sehat untuk tubuh. Beberapa manfaat dari daun gendola ini dapat membuat tubuh Anda terhindar dari risiko penyakit kronis atau serius.

Manfaat Daun Gendola

Obat Radang Usus Buntu

Khasiat daun gendola yang pertama juga cocok untuk pengobatan radang usus buntu. Daun gendola ini sangat sehat untuk menjaga fungsi organ usus Anda, termasuk radang usus buntu, yang sering diserang penyakit.

Mengatasi Influenza

Khasiat daun Gendola sebagai obat herbal berikutnya adalah untuk mengatasi flu. Dengan daun yang satu ini, virus yang menyebabkan flu di tubuh Anda dapat dengan mudah lari, sehingga penyakit flu pun bisa disembuhkan.

Menyembuhkan Anyang-anyangan

Khasiat daun Gendola juga baik dalam pengobati anyang-anyangan. Penyakit ini adalah gangguan saluran kemih di mana Anda merasakan sakit dan ingin buang air kecil secara terus menerus.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Manfaat daun Gendola untuk saluran kemih Anda adalah mencegah timbulnya infeksi. Infeksi ini jika tidak segera dicegah dapat membuat urin berdarah atau memperburuk infeksi yang telah terjadi dalam tubuh Anda.

Obat Diare

Khasiat daun Gendola sebagai obat yang terbukti dalam menyembuhkan penyakit pencernaan seperti diare. Daun yang satu ini mampu membunuh kuman penyebab diare.

Melancarkan BAB

Jangan meremehkan (BAB) buang air besar yang tidak lancar atau Anda akan memiliki akibat yang lebih serius. Untuk melancarkan BAB yang sulit, Anda dapat memanfaatkan daun Gendola untuk membuatnya lancar.

Obat Sembelit

Jadikan daun Gendola sebagai daun anti-sembelit alami. Kandungan senyawa dalam daun ini dapat digunakan untuk mengatasi sembelit dan mencegahnya menyerang tubuh.

Mengatasi Berak Berdarah

Hasil dari BAB yang tidak lancar adalah BAB berdarah. Hal ini adalah penyakit yang sudah parah dan biasanya sulit disembuhkan. Jangan khawatir, Anda masih bisa menggunakan daun Gendola untuk mengobatinya.

Mengobati Campak

Anda bisa mengatasi campak dengan daun Gendola. Daun ini perlahan akan memulihkan campak Anda. Manfaat ini diperoleh dari beberapa senyawa dalam daun gendola ini yang cocok untuk pengobatan campak.

Mengatasi Cacar Air

Penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan daun Gendola adalah cacar air. Daun Gendola ini efektif meredakan cacar air lebih cepat dan aman tanpa menimbulkan efek samping pada tubuh.

Obat Tetes Mata

Cuci 10 butir biji Gendola, Tumbuk halus sampai airnya keluar, saring lalu jatuhkan ke mata yang sakit. Lakukan 2 kali sehari, masing-masing 2 tetes.

Mengobati Penyakit Paru-paru

Untuk pengobatan penyakit paru-paru dengan konsumsi air rebusan dari daun gendola. Ambil sepuluh lembar daun gendola dan rebus sampai dia masak. Minumlah air rebusannya dan cobalah mengkonsumsinya setiap hari untuk penyembuhan maksimum.

Demikianlah pembahasan tentang daun gendola semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: