15 Manfaat Daun Cincau Hitam untuk Kesehatan

Posted on

Daun Cincau Hitam – Cincau hitam adalah minuman tradisional dan hidangan segar yang pantas untuk dinikmati. Minuman ini terkandung dalam minuman pelepas dahaga, yang sangat menyegarkan. pembuatan cincau hitam sangat merepotkan.

Cincau hitam biasanya dicampur dengan santan dan gula merah untuk memberikan rasa manis dan segar. Selain itu minuman ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Daun-Cincau-Hitam
Daun Cincau Hitam

Berbicara tentang manfaat dan khasiat minuman cincau hitam, minuman ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh dan mengandung banyak kandungan didalamnya.

Kandungan yang ada dalma minuman ini meliputi kandungan vitamin A, serat, kalsium, karbohidrat, mineral, lemak, kalori (rendah), protein, vitamin C dan banyak lagi. Diyakini bahwa kandungan tersebut memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh. Lalu, apa manfaat dan khasiat Minuman cincau hitam untuk Kesehatan, berikut informasinya.

Manfaat Daun Cincau Hitam

Obat Anti Inflamasi

Cincau hitam mengandung banyak zat klorofil dalam daun. Zat ini berguna untuk membentuk dan menguatkan tubuh kita terhadap keberadaan beberapa penyakit atau virus yang menyerang tubuh, sehingga kita dapat secara rutin dan teratur mengonsumsi cincau hitam atau janggelan untuk memperkuat kekebalan tubuh kita terhadap berbagai jenis penyakit tersebut.

Obat Demam

Daun cincau hitam mengandung saponin dan antioksidan, yang berperan dalam mengurangi demam. Bagi kita yang menderita demam sangat cocok untuk mencoba daun cincau hitam atau tanaman janggelan sebagai obat atau penangkal, banyak orang telah membuktikan manfaat tanaman ini. Selain itu, tumbuh-tumbuhan atau tanaman alami tidak menimbulkan efek samping yang kadang-kadang bahkan menyebabkan rasa sakit bagi tubuh kita.

Obat Diabetes Mellitus

Daun cincau hitam mengandung senyawa seperti Bisbenzilsokuinolin dan klorofil, yang berguna untuk menstabilkan kadar gula darah. Hal ini kemudian meningkatkan kinerja hormon insulin pankreas dalam pengaturan kadar gula darah. Oleh karena itu, tanaman ini sangat cocok untuk orang tua, karena banyak penyakit orang tua memiliki kandungan gula yang tinggi atau tidak stabil.

Obat Radang Lambung

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun cincau hitam membantu klorofil mengatasi peradangan lambung yang terjadi pada orang dengan keasaman lambung yang abnormal. Senyawa ini memperkuat otot-otot dinding lambung untuk membunuh bakteri penyebab penyakit lambung.

Obat Hipertensi

Senyawa S-S-tetandrin juga berguna dalam pengobatan hipertensi. Senyawa ini dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih lancar. Sistem peredaran darah yang lancar mengatasi tekanan darah tinggi yang semula dan kembali normal.

Karena kita tahu bahwa, bersama dengan banyak penyakit yang kita temukan adalah sebagian besar penyebab sirkulasi yang lebih rendah.

Obat Keracunan Akibat Seafood

Ternyata tanaman ini juga mampu mencegah alergi atau keracunan makanan laut, jadi dengan kita mengonsumsi cincau hitam Tubuh kita kuat terhadap bakteri atau alergi yang disebabkan oleh makanan yang disebutkan di atas.

Obat Sakit Tipes

Senyawa tokoferol pada tanaman cincau hitam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada pasien tifoid. Mengkonsumsi daun cincau hitam hingga 3 kali secara teratur, dapat mencegah penyakit.

Mengatasi Masalah Otot

Senyawa daun jeli Dimethyl-curin-1-dimethoidide membantu mengatasi masalah otot seperti otot kaku, nyeri dan tidak nyaman. Hal ini juga membantu meregangkan otot ketika digunakan sebagai salep atau sebagai ramuan.

Mengatasi Kanker

Manfaat daun cincau hitam adalah senyawa isocandrodendrin dan S-S-tetandrine, yang berfungsi membunuh sel tumor yang menjadi sel kanker. Selain itu, kedua senyawa ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita ketika kita dikonsumsi secara teratur dengan tanaman atau cincau hitam.

Mematikan Sel Tumor

Senyawa isocandrodendrine membunuh sel-sel tumor yang menyerang organ-organ tertentu seperti ginjal, lambung dan hati. Senyawa yang terkandung dalam tanaman ini dapat melawan penyakit dan masalah di tubuh kita.

Mengatasi Diare

Alkaloid dalam daun cincau hitam mengandung manfaat vitamin C dan manfaat vitamin B yang bisa mengatasi diare. Jadi jika kita mengalami diare, kita dapat mengkonsumsi tanaman ini 3 kali sehari untuk mencegah dan mengatasi penyakit

Mencegah Osteoporosis

Kandungan mineral magnesium, kalsium, dan fosfor yang relatif tinggi dalam cincau hitam bermanfaat untuk regenerasi sel tulang keropos. Kandungan yang bermanfaat ini memberi nutrisi tulang dalam pembentukan sel darah yang rusak.

Dengan demikian, kesehatan tulang, bahkan jika sudah mencapai usia lanjut, dapat dipertahankan dengan lebih baik, terlepas dari apakah tanaman ini dikonsumsi secara rutin oleh seseorang yang sudah lewat atau sudah banyak penyakit dalam tubuh kita.

obat Malaria

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi protozoa dari genus Plasmodium dan dapat dengan mudah dikenali oleh gejala-gejala seperti suhu tubuh, panas, kedinginan dan demam berkepanjangan. Tapi jangan khawatir, penyakit ini bisa disembuhkan dengan mengonsumsi minuman cincau hitam ini.

Mengatasi Sembelit

Penyebab utama sembelit adalah kurangnya serat dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari. Serat dibutuhkan oleh tubuh, minuman cincau hitam memiliki kelebihan dalam mengatasi sembelit. Sembelit dapat diatasi dengan cepat dan mudah jika kita mengonsumsi minuman cincau hitam ini secara teratur.

Mengatasi Panas Dalam

Biasanya, panas dalam ini sering dialami oleh anak-anak dan bahkan bayi bisa juga mengalami panas dalam. Minuman cincau hitam mampu mengobati panas dalam.

Demikianlah pembahasan tentang daun cincau hitam semoga dapat bermanfaat untuk anda

Baca Juga Artikel Lainnya

Related posts: